Home / Artikel Kesehatan / Jangan Abaikan! 10 Hal Sepele Ini Merusak Ginjal Anda dengan Cepat

Jangan Abaikan! 10 Hal Sepele Ini Merusak Ginjal Anda dengan Cepat

1. Sehari-hari kurang Minum air

Fungsi ginjal yang utama adalah untuk menyaring darah serta  menghilangkan racun dan limbah sisa metabolisme tubuh. Bayangkan saja jika Anda dalam kesehariannya kurang minum air dalam jumlah yang mencukupi, maka toksin dan limbah di dalam tubuh akan menumpuk dan bisa menyebabkan kerusakan parah pada ginjal Anda akibat ginjal harus bekerja ekstra untuk menggelontor racun-racun dalam darah.

2. Konsumsi garam berlebihan

Untuk menjalankan fungsinya dengan benar Tubuh kita  membutuhkan natrium dari garam . Namun kebanyakan orang kini mengkonsumsi terlalu banyak garam, yang justru dapat menaikkan tekanan darah, yang pada akhirnya akan membebani kerja ginjal. Perlu Anda ketahui bahwa tekanan darah pada ginjal lebih tinggi daripada tekanan darah pada tubuh secara keseluruhan. Dengan mengonsumsi garam yang sehat dan dengan porsi terukur yakni tidak lebih dari 5 gram setiap hari.

3. Kebiasaan mengkonsumsi gula berlebihan

Studi ilmiah menunjukkan bahwa orang dengan konsumsi dua atau lebih minuman manis setiap hari, lebih beresiko  mendapatkan protein dalam urin mereka. Protein yang terdapat dalam urin, merupakan pertanda awal dari ginjal yang tidak melakukan fungsinya dengan sebagaimana mestinya.

4. Sering Menahan pipis

Kebiasaan ini dianggap sepele, tapi banyak sekali orang yang enggan pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil dengan alasan kesibukan dan pekerjaan atau hal-hal lain seperti dalam perjalanan, menonton TV, atau terlanjur asyik di depan komputer. Menahan keluarnya urin akan meningkatkan tekanan pada ginjal dan membebaninya. Jika hal ini seringkali dilakukan, maka bukan tidak mungkin hal ini akan menyebabkan gagal ginjal, memicu batu ginjal, dan inkontinensia. Jadi sebaiknya apa yang diberitahukan oleh tubuh, sebaiknya segera dituruti.

5. Terlampau sering Bergadang

Kita semua mungkin sudah tahu, bahwa betapa pentingnya mendapatkan istirahat malam yang cukup. Kurang tidur yang kronis terkait dengan banyak penyakit, dan salah satunya adalah penyakit ginjal. Pada malam hari tubuh melakukan perbaikan terhadap jaringan tubuh yang rusak termasuk jaringan pada ginjal Anda; sehingga istirahat malam akan memberikan waktu bagi tubuh untuk melakukan tugasnya tersebut.

6. Kebiasan minum Kopi dan Teh secara berlebihan

Sama halnya seperti garam, kafein bisa meningkatkan tekanan darah, yang dapat menimbulkan tekanan darah tambahan pada ginjal. Tanpa disadari, kebiasaan mengkonsumsi kopi secara berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal. Sesunguhnya dalam takaran yang tepat, kopi maupun teh  bisa bermanfaat bagi kesehatan.

7. Kekurangan Vitamin Dan Mineral

Diet sehat atau pola makan teratur seperti banyak konsumsi sayuran segar dan buah-buahan, penting untuk kesehatan secara keseluruhan termasuk untuk mendukung fungsi ginjal yang baik. Kekurangan asupan vitamin dan mineral bisa meningkatkan risiko batu ginjal atau bahkan gagal ginjal. Misalnya Vitamin B6 dan magnesium, dua nutrisi yang sangat penting untuk mengurangi risiko batu ginjal.

8. Suka makan protein hewani secara berlebihan

Protein(terutama dari daging merah) dapat meningkatkan beban pada metabolisme pada ginjal. Ini akan membuat ginjal kewalahan menyaring darah, karena tingginya protein dalam darah. Sehingga ini dapat memepercepat kerusakan ginjal.Dapatkan protein berkualitas dan dari beragam bahan makanan, serta konsumsi dalam jumlah cukup dan seimbang, karena protein juga penting bagi tubuh.

9. Terlampau sering minum obat penghilang nyeri

Beberapa orang seringkali dengan cepat  minum obat penghilang nyeri(misalnya aspirin) pada saat merasakan sakit, padahal itu hanya rasa atau nyeri yang kecil atau tak terlalu nyeri, kadang nyeri itu juga dapat ditangulangi dengan hal sederhana. Penggunaan berlebihan atau tanpa pengawasan ahli kesehatan obat penghilang rasa sakit ini bisa menyebabkan kerusakan parah pada hati dan ginjal.
Pada dasarnya semua obat-obatan kimia sangat membebani kerja ginjal, apalagi jika diminum secara serampangan.

10. Konsumsi Alkohol

Dalam keadaan normal, ginjal berfungsi mengatur keseimbangan air, asam basa, dan beberapa hormon dan mineral tubuh. Konsumsi minuman beralkohol dapat mempengaruhi fungsi keseimbangan di ginjal dan merusak organ ini. Jadi jauhi segera minuman beralkohol tersebut jika ingin Anda ingin hidup dengan ginjal yang sehat selamanya!

Check Also

Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Kurap atau disebut juga ringworm adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, ...

...