Home / Artikel Kesehatan / Jangan Malas Minum Air Putih! Ini Bahayanya Jika Anda Kurang Minum

Jangan Malas Minum Air Putih! Ini Bahayanya Jika Anda Kurang Minum

Hampir 60 persen dari tubuh manusia terdiri dari air. Dalam banyak hal, mungkin bisa dikatakan bahwa kita adalah air. Tiga-perempat dari otak dan jantung terdiri dari air, 83 persen dari paru-paru adalah air, dan bahkan tulang terdiri dari 31 persen air.

Minum cukup air setiap hari adalah sangat penting bagi kesehatan. Air melumasi tulang dan sendi, mengatur suhu tubuh, dan memelihara otak dan sumsum tulang belakang. Tanpa air, Anda akan dengan cepat kehilangan energi, mengalami penurunan suasana hati dan tekanan darah, dan merasakan kulit Anda lebih kering. Dehidrasi kronis, yang mengacu pada kurang minum air selama jangka waktu yang panjang, dapat berkontribusi pada gangguan seperti diabetes, berat badan, masalah kulit, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, masalah pencernaan, kelelahan, dan sembelit.

Hidrasi adalah sesuatu yang serius, meskipun kita mungkin sering sibuk beraktifitas setiap hari tanpa pernah menyadari betapa dehidrasi kita. Sebuah video baru dari TED-Ed menjelaskan proses tubuh yang terjadi ketika Anda tidak minum cukup air juga ketika Anda minum terlalu banyak.

Ketika tubuh Anda akan mengalami dehidrasi, reseptor sensorik di hipotalamus otak, daerah yang disebut sebagai pusat haus merilis sinyal dari hormon antidiuretik. Hormon ini mencapai ginjal dan memicu aquaporins, saluran khusus yang memungkinkan darah untuk mempertahankan lebih banyak air, sehingga air lebih sedikit meninggalkan tubuh Anda. Hal ini menyebabkan urine lebih gelap ketika Anda buang air kecil. Dehidrasi dapat berdampak pada banyak bagian tubuh Anda misalnya dapat menyebabkan kelelahan, menurunkan fungsi kognitif, masalah mood, penurunan tekanan darah, dan kelembaban kulit.

Otak yang mengalami dehidrasi sebenarnya menyusut karena kekurangan air, dan otak harus bekerja lebih keras untuk aktif sama saat dia terhidrasi. Bahkan, otak akan mengaktifkan mekanisme coping untuk mempertahankan fungsi dehidrasi ekstrim, meskipun ini hanya bisa bertahan tak begitu lama.  Jika Anda berhenti minum air dalam beberapa hari, tubuh Anda akan mengalami efek yang lebih parah bahkan dapat berakhir pada kematian.

Jadi jika dehidrasi dapat memiliki efek negatif pada tubuh kita, berapa banyak air yang harus kita harus minum setiap hari? Menurut  data tahun 2013 , sekitar 75 persen orang Amerika mungkin menderita dehidrasi kronis. Sebelumnya, para ilmuwan mendorong orang untuk minum delapan gelas air per hari, tetapi jumlah air yang kita harus minum setiap hari tergantung pada berat badan dan lingkungan: sekitar 2,5 ke 3,7 liter air untuk pria, dan 2-2,7 liter air untuk wanita , demikian dalam  video TED-Ed.

Meningkatkan asupan air Anda dengan hanya menambahkan1 sampai 3 cangkir air per hari bisa meningkatkan kemampuan Anda untuk menjaga berat badan Anda, memotong kalori, dan menunjang diet sehat Anda, menurut sebuah studi baru-baru ini. Belum lagi itu akan membantu Anda lebih fokus, tetap berenergi, dan mencegah efek buruk jangka panjang dehidrasi kronis.

sumber : http://www.medicaldaily.**m/hydration-dehydration-stay-hydrated-drinking-water-380041?rel=most_read3

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...