Home / Resep Ramuan Herbal / Mulai Sekarang Makan Biji Chia Yuk! Ini Manfaatnya yang Luar Biasa!

Mulai Sekarang Makan Biji Chia Yuk! Ini Manfaatnya yang Luar Biasa!

Pertama yang perlu Anda tahu Chia Seeds dan Selasih itu berbeda!

# Salvia Hispanica, atau lebih dikenal sebagai biji chia atau chiaseeds, merupakan tanaman yang ternyata masih satu keluarga dengan Mint.

# Selasih hanya bisa dikonsumsi setelah direndam dalam air selama beberapa waktu. Sedangkan, Chiaseeds bisa dikonsumsi dengan ditaburkan/dicampur ke yogurt, salad, pudding, jus, rawfood, bahkan ke nasi putih, atau hanya direndam ke air putih biasa selama beberapa saat untuk kemudian bisa dikonsumsi. Bahkan dengan dicampurkan dengan air, dengan konsistensi tertentu, gel chia bisa dijadikan pengganti telur untuk membuat kue atau puding.

# Selasih warnanya hitam saja. Saat kena air, maka akan muncul selaput putih bening menyelimuti biji selasih. Kalau chiaseeds, ada yang berwarna hitam, abu-abu, coklat, dan putih. Saat terkena air, maka akan muncul selaput putih menyelimuti biji chia.

# Perbedaan dalam hal kandungan atau kebaikannya. Chia seeds ternyata banyak manfaatnya. Sudah sejak lama juga menjadi obat-obatan suku Ayurvedic dan pengobatan China. Berkhasiat untuk mengurangi sakit kepala, mengurangi nyeri sendi karena asam urat, mencegah pilek. Selain itu, selasih juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan sistem syaraf. Selasih juga bermanfaat untuk melepaskan stres, sebagai aromatherapy, massage, spa, dan sebagainya.

Ribuan tahun yang lalu, Biji Chia adalah makanan pokok suku Maya dan Aztec. Kata Chia berasal dari bahasa Maya, yang berarti “kekuatan,”. Prajurit Aztec mengandalkan biji Chia untuk menambah energi dan meningkatkan stamina. biji dari tanaman berbunga mint yang berasal dari Amerika Tengah khususnya Meksiko dan Guatemala. Suku Aztec menjadikannya sebagai sumber makanan pokok yang dipercaya mampu meningkatkan energi dalam tubuh.
Boleh dibilang Kalau Gingseng Makanan kesehatannya orang China ,Biji Chia Makanan kesehatan dan staminanya Meksiko (aztec)

Biji Chia untuk stamina.

Biji Chia (Chiaseed) adalah makanan favorit dari atlet, terutama pelari jarak jauh, untuk meningkatkan daya tahan atau stamina.
penelitian pada responden yang berolahraga. Olahraganya juga bukan yang ringan. Berolahraga selama 1 jam dengan threadmill kemudian dilanjutkan dengan lari 10 km. Kelompok responden ini dibagi dua. Yang satu, minum minuman penambah energi dan kelompok lainnya mengganti minum minuman penambah energi dengan chia seed. Hasilnya? Tak ada bedanya, alias kelompok yang diberi chia seed tetap kuat dan tidak lemas.

Biji Chia untuk Pengganti Serat.

Dalam 1 sendok makan biji Chia mengandung 5 gram serat. Serat pada biji Chia akan mengembang bila tercampur dengan air dan membentuk Chia gel. Tak masalah apakah Anda makan chia gel atau biji mentahnya, aksi hidrofilik biji Chia akan membuat anda kenyang lebih lama daripada banyak biji lainnya. Hebatnya, chia gel juga dapat digunakan sebagai pengganti telur pada masakan yang dioven. Gunakan proporsi 1 : 6 rasio Chia Seeds dan Air untuk membuat chia gel. Gunakan sekitar satu sendok makan chia gel untuk menggantikan satu telur besar.

Biji Chia Tanaman Sumber Kekuatan Suku Aztec

Meningkatan kesehatan jantung

Menurut pusat medis akademik Cleveland Clinic, Amerika Serikat, biji Chia telah terbukti menjaga tekanan darah dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga mampu menurunkan kolesterol buruk (LDL) dan trigliserida. Manfaat tersebut sangat baik bagi jantung Anda.

Melawan diabetes

Biji Chia juga dapat menstabilkan gula darah tubuh dan melawan resistensi insulin yang terkait dengan diabetes. Biji Chia biasa digunakan sebagai pengobatan alami yang potensial untuk melawan diabetes tipe 2 kerena mampu memperlambat pencernaan dalam tubuh. Lapisan pada biji Chia jika terkena cairan juga dapat mencegah lonjakan kadar gula pada tubuh.

Kaya serat makanan

Satu ons biji Chia (28 gram) setara dengan 11 gram serat makanan atau hampir separuh dari asupan harian serat yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Menambahkan biji Chia dalam diet Anda adalah cara mudah untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan serat yang baik untuk kesehatan khususnya pencernaan tubuh.

Sumber asam lemak omega 3

Biji Chia kaya akan asam lemak omega 3. Hampir 5 gram omega 3 terkandung dalam setiap satu ons biji Chia. Omega 3 sangat penting untuk perkembangan otak, menurunkan kolesterol buruk (LDL) sehingga meningkatkan kesehatan jantung, menjaga tekanan darah, mencegah peradangan, serta mengatasi alergi dan depresi. “Konversi omega 3 dari biji Chia dalam makanan lebih baik dibandingkan dengan biji rami,” ujar Dr. Wayne Coates.

Baik bagi tulang dan gigi

Satu ons biji Chia mengandung 177 mg kalsium yang mampu memenuhi 18% asupan harian kalsium yang direkomendasikan sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan mencegah osteoporosis.

Kaya mineral mangan

Mangan adalah mineral yang tidak terlalu dikenal tetapi sebenarnya penting bagi tubuh. Mangan sangat baik untuk membantu tubuh menggunakan nutrisi penting lainnya seperti vitamin C, vitamin B1, biotin, dan kolin. Satu ons biji Chia mengandung 0,6 mg mangan atau mencukupi 30% asupan harian mangan yang direkomendasikan.

Sumber mineral fosfor

Satu ons biji Chia juga mengandung 265 mg atau sekitar 27% dari asupan harian fosfor yang direkomendasikan. Fosfor dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan tulang dan gigi, metabolisme tubuh, sintesis protein, dan perbaikan jaringan sel yang rusak.

Kandungan protein yang cukup

Biji Chia juga merupakan sumber protein bagi vegetarian yang baik dan bebas kolesterol buruk. Satu ons biji Chia mengandung 4,4 gram protein atau mencukupi hampir 10% asupan protein harian Anda.

Mengandung triptofan

Triptofan adalah salah satu dari 9 jenis asam amino esensial yang dikenal sebagai nutrisi penting yang harus dipasok dalam diet Anda. Triptofan dalam biji Chia berguna membantu nafsu makan, tidur, dan juga mood dalam diri Anda.

Check Also

Campuran Minyak Zaitun Dan Bawang Putih Atasi Varises

Apakah anda merasa terganggu dengan memiliki beberapa penampakan varises sekarang di kaki, tangan maupun bagian ...

...