Home / Artikel Kesehatan / Permen Narkoba Beredar , Awasi Anak Anda

Permen Narkoba Beredar , Awasi Anak Anda

NARKOBA PERMEN
Waspadalah!!

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain “narkoba”, istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Semua istilah ini, baik “narkoba” ataupun “napza”, mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Menurut pakar kesehatan, narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun kini persepsi itu disalah artikan akibat pemakaian di luar peruntukan dan dosis yang semestinya.

Telah banyak beredar di masyarakat berbagai bentuk Narkoba menyerupai Permen diantaranya:

1. Lolipop Cannabis
Narkoba jenis ganja yang dicampur pada permen berbentuk lolipop, dijual dengan harga antara Rp1000 – Rp3000.

2. Permen Magic Pop
Permen mirip Pop Rock, mengandung amphetamin; sejenis narkoba yang namanya terbentuk dari alpha‑methylphenethylamine. Dalam dosisu tertentu dengan petunjuk dokter ahli, amphetamin berfungsi menekan rasa cemas dan merangsang gairah konsentrasi. Namun untuk dikonsumsi dengan salah akan mengakibatkan kerusakan dan dilarang.

3. Strawberry Meth atau Starwberry Quick
Narkoba kristal berbentuk bulat mirip permen Pop Rock dengan cita rasa strawberry. Permen ini muncul pertama kali tahun 2007, mengandungi narkoba jenis methamphetamine; narkoba yang memiliki unsur kimia sama dengan amphetamin, berfunsi sama dengan amphetamni tetapi methamphetamine lebih kuat, penggunanya ketagihan berat. Nama lainya meth, crystal, chalk, ice, shabu-shabu. Dll.

4. Narkoba Berbentuk Permen Karet
Narkoba hasil olahan dari jenis ‘ekstasi’ ini dikemas dengan bungkus kartun lucu dengan merek permen karet yang ada di pasaran. Narkoba ekstasi, diambil namnya dari bahasa Ingrris yang artinya “gembira yang amat sangat”. Narkoba jenis ‘ectasy’ ini merangsang penggunanya untuk ‘gembira’ tanpa sebab musabab. Jadi penggunanya dapat bertingkah gembira terus menerus jika ‘zat’ narkoba tersebut masih berpengaruh.
Pengguna selalu ketagihan berat karena jika tidak mengonsumsi akan kehilangan kegembiraan dan cemas terus menerus.

5. Lysergic Acid Diethylamide (LSD)
Lebih sering disebut LSD, narkoba ini sengaja dibentuk sebesar perangko atau matrei kemudian disobek dan dimakan, dikenyot-kenyot di dalam mulut. Biasanya bergambar objek apa saja, misalnya binatang atau alam seperti stiker kecil kartun berwarna warni dan lucu-lucu. Narkoba ini mengandungi zat lisergida, unsur kimia LSD C20H25N3O yang efeknya halusinasi. Istilah lain efek mengonsumsi LSD adalah Trip, atau perjalanan, biasanya mengalami halusinasi perjalanan yang jelek dan jahat.

6. Red Ice dan Yaba
Berbentuk mirip permen karet namun berbeda dengan No.4. Red Ice dan Yaba ini hasil olahan dari narkoba Shabu-shabu, olahan lain sejenis produk No.3 Strawberry meth atau strawberry quick.

Mengetahui jenis dan modus narkoba pada saat sekarang ini sangat penting. Bukan hanya untuk menghindari hal buruk jika tiba-tiba ditawari permen ‘narkoba’ oleh siapapun, apalagi oleh orang yang tidak kita kenal.
Permen Narkoba Beredar , Awasi Anak Anda
Demikian pula melakukan pengawasan dekat dan melekat kepada anggota keluarga, teman, sahabat dan orang dekat kita, kemungkinan ada di antara mereka yang menjadi korban narkoba laknat.

Waspadalah dengan maraknya narkoba, terorisme, penipuan, dan kejahatan

Check Also

4 Tips Mujarab Menggunakan Minyak Cengkeh Untuk Mengobati Asma, Bronkhitis dan Sinusitis

Dalam dunia pengobatan miinyak cengkeh dapat memiliki banyak manfaat kesehatan. Cengkeh adalah tanaman asli India ...

...