Home / Artikel Kesehatan / Ternyata Banyak Minum Kopi Turunkan Resiko Terkena Sakit Kanker

Ternyata Banyak Minum Kopi Turunkan Resiko Terkena Sakit Kanker

Kopi adalah minuman pilihan dibanyak negara didunia mulai dari benua Amerika sampai benua Asia – dan sekitar 83 persen orang dewasa mengkonsumsi minuman kopi ini. Umumnya, peneliti setuju kopi memberikan manfaat lebih besar daripada risiko yang ditimbulkannya, dan berikut ini beberapa bukti baru penelitian tentang Manfaat kopi yang layak anda simak.

Sebuah studi dari University of Southern California (USC) Norris Comprehensive Cancer Center dari Leck Medicine mengatakan minum kopi: konsumsi kopi menurunkan risiko kanker kolorektal. Para peneliti mengambil sample dengan  melihat data dari lebih dari 5.100 pria dan wanita, semuanya telah didiagnosis dengan kanker kolorektal dalam enam bulan terakhir dan membandingkannya dengan 4.000 orang yang tidak memiliki riwayat kanker ini. Peserta ini juga dilaporkan mengkonsumsi kopi espresso  sehari-hari, minum kopi instan, tanpa kafein, dan disaring-bersama dengan sejumlah konsumsi minuman lainnya.

Peneliti juga meminta informasi tentang faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kanker kolorektal, termasuk sejarah keluarga, aktivitas fisik, merokok, dan pola makan.

berikut ini tentang apa itu kanker kolorektal
Kanker Colorectal, juga disebut kanker kolon atau kanker usus besar, yaitu kanker yang tumbuh dan berkembang di usus besar, dubur dan usus buntu. Dengan 655.000 kematian di seluruh dunia per tahun, kanker kolorektal timbul dari adenomatous polip (tumor jinak yang tumbuh di lapisan usus besar atau rektum). Pertumbuhan ini (yang berbentuk jamur) biasanya jinak, tetapi beberapa berkembang menjadi kanker dari waktu ke waktu.
“Kami menemukan bahwa minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal, dan lebih kopi yang dikonsumsi, semakin rendah risiko,” kata Dr Stephen Gruber, direktur USC Norris Comprehensive Cancer Center dan penulis senior studi tersebut.

Bahkan konsumsi kopi secara  moderat membantu menangkal kanker, menurut penelitian ini. Antara satu sampai dua porsi kopi per hari dikaitkan dengan adanya pengaruh penurunan 26 persen kemungkinan berkembangnya sel  kanker kolorektal. risiko terus menurun hingga 50 persen bila peserta adalah seorang peminum kopi berat, mengkonsumsi lebih dari 2,5 porsi setiap hari. Kecenderungan ini terus-menerus, bahkan setelah peneliti mengontrol faktor risiko lain yang dikenal. Menariknya uji klinis ini juga berlaku untuk, kopi baik berkafein dan tanpa kafein dikaitkan dengan penurunan risiko.

“Kami agak terkejut melihat bahwa kandungan kafein tampaknya tidak ada pengaruh buruknya,” kata Gruber. “Hal ini menunjukkan bahwa kafein saja tidak bertanggung jawab atas timbulnya kanker.”

Kopi mengandung beberapa unsur yang bisa bertanggung jawab, secara keseluruhan atau sebagian, untuk membantu kesehatan usus. Kafein dan polifenol, yang keduanya bertindak sebagai antioksidan, membatasi potensi pertumbuhan sel kanker. Diterpenes meningkatkan pertahanan tubuh terhadap kerusakan oksidatif, yang dapat berkontribusi untuk pencegahan kanker, dan beberapa mengatakan melanoidins, yang dihasilkan selama proses pemanggangan kopi, dapat mendorong mobilitas usus.

“Tingkat senyawa bermanfaat per porsi kopi dapat bervariasi tergantung pada kacang, panggang dan pembuatan bir metode,” Dijelaskan penulis pertama Dr. Stephanie Schmit. “Kabar baiknya adalah bahwa data kami menyajikan penurunan risiko kanker kolorektal terlepas dari apa rasa atau bentuk kopi yang Anda sukai.”

Dan Peminum kopi sungguh beruntung begitu banyak yang menikmati kopi di mana-mana, karena kanker kolorektaladalah kanker paling umum ketiga pada kedua jenis kelamin di AS – lima persen pria dan empat persen wanita akan beresiko terkena penyakit ini selama hidup mereka. Gruber lebih lanjut, mengatakan penelitian lebih dalam perlu dilakukan akan efektifnya kopi untuk kanker kolon ini.

Sumber: Schmit S, Rennert H, Rennert G, Konsumsi Gruber S. kopi dan Risiko Kanker kolorektal. Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention. 2016.

http://www.medicaldaily.**m/benefits-coffee-colorectal-cancer-380346

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...