Home / Artikel Kesehatan / Tips Herbal Alami Atasi Gatal Pada Area Pangkal Paha

Tips Herbal Alami Atasi Gatal Pada Area Pangkal Paha

Penyebab gatal yang biasa menyerang kulit bisa bermasam-macam, yang paling ringan dan sering terjadi akibat digigit serangga, atau digigit nyamuk, alergi makanan, alergi cuaca, juga alergi bulu. Sementara penyebab gatal akibat bermasalah dengan kulit dan kebersihan seperti kudis, eksim, panu, dan sejenisnya dan inipun dalam proses pengobatanya tentu berbeda. obat gatal pada kulit Bagaimanpun juga keberadaan penyakit gatal-gatal meski anda anggap sepele jika dibiarkan dan cuma menggaruknya saja akan berdampat kurang baik pada permukaan kulit, bisa jadi kulit menjadi iritasi terluka dan berpeluang menciptakan penyakit baru pada kulit. Kenapa demikian ? karena alat untuk menggaruk berupa kuku tersebut tidak lepas dari faktor kotoran dan virus, apalagi yang jarang memperhatikan kebersihan kuku.

Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

1. Mengobati gatal menggunakan daun salam.
Daun salam selain untuk penambah peyedap rasa masakan juga bisa difungsikan sebagi obat gatal caranya, ambil dan cuci beberapa lembar daun salam kemudaian lumatkan, lalu tempel pada bagian yang terkena gatal, lakukan stiap saat jika gatal menyerang, sebaiknya ganti 2 hingga 3 kali sehari.

2. Mengobati gatal menggunakan Daun biduri dan Minyak kelapa.
Perpaduan daun biduri dan minyak kelapa ternyata juga bisa mengobati gatal, caranya daun biduri diolesi minyak kelapa, lalukan diatas pengapian lalu tempelkan daun biduri pada kulit yang gatal hangat-hangat, ulangi beberapa kali hingga gatal yang menyerang hilang. Sebelum menempelkan pada bagian yang gatal sebaiknya bersihkan kulit terlebih dahulu.

3. Mengobati gatal menggunakan Daun Mahkota Dewa.
Caranya ambil beberapa lembar daun mahkota dewa lalu giling sampai halus, kemudian balurkan pada kulit yang gatal.

Mencuci pangkal paha dan pantat dan sekitar dubur dengan air sabun setelah olahraga yang mengeluarkan keringat berlebihan.

# Cara lain untuk mengatasi pertumbuhan jamur pada selangkangan paha dengan

Menggosokkan daun sirih pada permukaan kulit yang gatal, anda juga dapat mengekstrak daun sirih sebagai bahan bilas pada lipatan kulit anda. Mandi minimal 2 kali sehari dengan menggunakan sabun antiseptik untuk mengurangi pertumbuhan bakteri ataupun jamur pada selangkangan. Perhatikan selama proses penyembuhan, gunakan celana dalam yang mudah menyerap keringat agar kulit pada pangkal paha tidak lembab.
Gunakan pakaian bersih dan selalu mengganti pakaian dalam terutama jika pakaian tersebut dalam keadaan lembab oleh keringat.
Sedangkan untuk mengatasi penyakit gatal pada kulit yang disebabkan oleh alergi tentu anda harus dicermati faktor apa yang menjadi pemicunya, dan solusi terbaik adalah menghindari yang menjadi biang kerok alergi itu sendiri sehingga langkah ini cukup efisien mencegah tibulnya alergi.
Menjaga kebersihan kulit terutama pada selangkangan dan daerah lipatan lainnya.

Menjaga nutrisi makanan untuk meningkatkan imun tubuh agar mampu melawan segala mikroorganisme yang dapat merusak kesehatan kulit kita.

Hindari makanan atau pantangan yang bisa membuat gatal-gatal pada selangkangan timbul.

Jangan menggunakan celana dalam ketat atau sempit, karena hanya akan membuat kulit lipatan paha anda panas dan mengeluarkan keringat

Gunakan Krim, Salep atau Bedak Anti Jamur
Oleskan salep atau krim yang mengandung 1% hidrokortison pada daerah selangkangan anda, setidaknya 2 kali sehari, idealnya adalah sehabis mandi. Krim anti jamur ini bisa dengan mudah anda dapatkan di apotik atau toko obat biasa tanpa resep dokter. Terapkan pola ini selama seminggu atau lebih, hingga rasa gatal hilang dari selangkangan.

Jangan Menggaruk Kulit yang Gatal
Tahan keinginan anda untuk menggaruk selangkangan yang gatal, menggaruk akan semakin mengiritasi kulit, bahkan bisa menyebabkan infeksi. Jika bisa, untuk meringankan rasa gatal anda bisa menyiram dengan air dingin. Selain itu, potong kuku jari tangan atau gunakan sarung tangan saat tidur, untuk mencegah anda menggaruk tanpa sadar ketika tidur.

Pastikan Daerah Selangkangan Selalu Bersih
Berikan perhatian khusus pada daerah selangkangan anda. Setelah mandi keringkan daerah selangkangan dengan cara menepuk-nepuknya dengan menggunakan handuk. Lakukan dengan cara lembut hingga selangkangan benar-benar kering.

Check Also

6 Cara Mencerahkan Kulit Gelap Di Bagian Pribadi Anda Secara Alami

Perawatan tubuh tidak hanya melibatkan bagian-bagian tubuh Anda yang terlihat tetapi juga bagian pribadi Anda. ...

...