Home / Artikel Kesehatan / 10 Buah-Buahan Yang Sayang Bila Dibuang Begitu Saja Kulit Atau Bijinya

10 Buah-Buahan Yang Sayang Bila Dibuang Begitu Saja Kulit Atau Bijinya

Kita akan mengupas satu persatu berbagai bahan / makanan yang sering terbuang namun sesungguhnya justru bagian yang dibuang itu dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Selanjutnya mari kita kupas satu persatu dimulai dari yang pertama

1. Kulit Manggis

Siapa yang tak tahu khasiat kulit manggis?

bahkan karena keajaibannya bagian dari kulit manggis ini sekarang menjadi andalan bagi perusahaan farmasi untuk memproduksi suplemen kesehatan yang berbahan dasar kulit manggis.

Namun tanpa disadari ketika makan manggis kita seringkali membuang bagian tersebut dan enggan mengolahnya menjadi ramuan obat.

Kulit mangggis mengandung xanthone, tanin, asam fenolat maupun antosianin yang mengandung antioksidan tinggi sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Cara mengolahnya pisahkan kulit manggis dengan buah dan bijinya. Gunakan sendok untuk mengeruk bagian kulit manggis, pisahkan dari kulit keras yang berada pada bagian luarnya. Simpan di lemari pendingin kulit manggis yang sudah dipisahkan. Ketika akan di juice campur air dengan perbandingan 1:2 lalu masukkan ke mesin blender untuk dihancurkan. Setelah diblender, endapkan campuran kulit manggis tersebut selama 24 jam. Kemudian saring untuk memisahkan ampas dengan ekstrak xanthone kulit manggis.

2. Biji Pepaya

Sudah banyak pasien yang disarankan untuk mengkonsumsi biji pepaya utamanya mereka yang mengalami kegemukan dan kadar kholesterol tinggi. Semoga dengan rutin minumnya banyak pasien terbantu dan dapat menurunkan kadar kolesterolnya bahkan tanpa obat, tubuh lebih sehat dan bugar.

Ekstrak biji pepaya ini memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponi anthraquinones, dan anthocyanosides. Dengan adanya kandungan ekstrak tersebut, biji buah pepaya ini mempunyai efek hipolipidemia dan anti oksidan  dalam darah. Efek hipolipidemia ini, sangat berguna bagi terapi alternatif hiperlipidemia yang disebabkan kolesterol dalam jumlah terlalu tinggi. Sementara secara khusus saponin yang ada dalam biji buah pepaya, bermanfaat untuk menurunkan aktifitas kolesterol serum seperti aksi resin, yaitu dengan mengurangi sirkulasi enterohepatik asam empedu.

Cara penyajiannya cukup mudah buatlah jus biji pepaya dengan mencampur biji dan daging buah dengan air kedalam blender.

Takaranya bisa 1 sendok biji pepaya, daging buah secukupnya dan 1 gelas air untuk sekali minum, bisa campur dengan madu sebagai pemanis. rutin minum saat perut kosong tiap pagi selama 14 hari utk hasil maksimal dan bisa diulang tiap 3 bulan sekali.

3. Kulit Pisang

Tidak banyak yang tahu bahwa kulit pisang mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan khususnya kulit kita. Kebanyakan orang ternyata hanya tahu manfaat dalamnya saja tapi kulit luarnya dibuang.

Kulit pisang sama seperti buah itu sendiri, mengandung magnesium, potasium, serat, dan protein serta vitamin B6 dan B12 dalam jumlah tinggi. Kulit pisang juga mengandung senyawa bioaktif seperti polifenol dan karotenoid.

Kulit pisang bagian dalam dapat membantu meredakan peradangan kulit akibat digigit serangga, jerawat, atau infeksi eksim.

Bagian dalam kulit pisang dpt melembabkan wajah Anda. Kulitnya membantu menjaga kulit Anda tetap terhidrasi.

Pisang mengencangkan kulit, membuatnya lebih lembut dan membantu dalam mengurangi kerutan kecil.

4. Biji Labu

Labu kuning tidak hanya bergizi bagian daging buahnya, namun juga bagian biji dari labu kuning juga bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung vitamin K dan A.

Sama halnya dengan daging buahnya biji labu juga memiliki kandungan vitamin dan magnesium yang cukup tinggi. Untuk mengonsumsi biji labu kuning biasanya dengan cara dibuat menjadi kwaci.

Salah satu manfaat terbaik dari biji labu kuning adalah bisa membantu meringankan rasa sakit kepala yang mungkin sedang anda derita saat ini.

Ini karena biji labu kuning memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan dan nyeri tanpa efek samping.

Mengonsumsi biji labu juga baik untuk kesehatan karena biji labu membantu untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan koroner.

5. Bagian tengah Nanas

Kebanyakan orang ketika makan nanas pasti bagian tengahnya dibuang bukan?

Nah setelah baca tulisan saya ini, besok lagi jangan buang bagian tengah nanas ya. Karena di bagian tersebut ada kandungan senyawa yang luar biasa bagi kesehatan manusia terutama dapat berfungsi sebagai anti cancer.

Dalam bagian tengah nanas terdapat kandungan bromelain yang memiliki banyak kebaikan bagi kesehatan.

Sebab dalam bromelain, terdapat dua molekul penting yaitu CCS dan CCZ yang dapat menahan protein ras (protein di dalam sel kanker), yang terdapat pada 30 persen sel kanker.

Sedangkan CCZ berfungsi meningkatkan sistem imun tubuh untuk mengenali dan menghancurkan sel kanker.

6. Kulit semangka

Kulit semangka sudah pasti akan dibuang karena rasanya tidaklah seenak daging buahnya.

Namun siapa sangka dalam kulit buah ini terdapat kandungan citrulline yang sangat ampuh untuk mengusir radikal bebas.

Zat citrulline selanjutnya akan dijadikan asam amino yang pada akhirnya dimanfaatkan oleh hati dan perlindungan sistem kekebalan tubuh dan menjaga tubuh dari racun berbahaya yang berada di dalam tubuh.

Selain itu peneliti mencatat bahwa citrulline membantu pembuluh darah rileks dan bahkan dapat membantu penyembuhan disfungsi ereksi. Bahkan, kemampuannya untuk meningkatkan aliran darah menyebabkan citrulline semangka untuk disebut sebagai obat alami yang dapat meningkatkan libido.

Cara mengolahnya pun cukup sederhana keringkan kulit semangka kemudian tumbuk sampai halus dan buatlah minuman dari kulit semangka bubuk tadi atau ambil 20 gram kulit semangka kering untuk dimasak dengan air secukupnya Minum secara teratur air rebusan tersebut selama sebulan

7.Kulit Apel

Apakah kamu biasa makan apel dan suka mengelupasnya terlebih dahulu ? Jika iya, mulai sekarang kamu bisa mulai mengubahnya dengan mengkomsumsi bersamaan dengan kulitnya. Kenapa ? Karena dalam kulit apel mengandung vitamin A, kalsium, fitokimia untuk melawan kanker serta kandungan antioksidan. Di samping itu, kulit buah apel adalah sumber serat makanan yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

8.Kulit lemon
bisa membantu menjaga kesehatan tubuh meskipun rasanya agak pahit. Beberapa manfaat dari kulit lemon ini antara lain untuk mengurangi kram, melancarkan sirkulasi darah, dan menjaga kesehatan pencernaan.
Kulit jeruk

9.Kulit jeruk
banyak memiliki kandungan flavonoid dan fitonutrien. Kulit jeruk dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat, membantu dan menjaga proses system pencernaan dan bisa meningkatkan nafsu makan. Kamu juga dapat menambahkan kulit jeruk kedalam minuman smoothie jika ingin mendapatkan rasa yang cukup unik.

10.Kulit kiwi

Kulit buah lainnya yang memiliki manfaat bagi kesehatan yaitu kulit kiwi. Kulit kiwi memiliki banyak kandungan antioksidan, mineral dan vitamin. Hal itu bisa meningkatkan kesehatan jantung kamu serta untuk pengencer darah alami. Dan kamu juga bisa mencampur kulit kiwi dengan minuman smoothie ataupun salad jika ingin mendapatkan rasa yang unik.

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...