Home / Artikel Kesehatan / 5 Cara Jitu dan Alami Turunkan Kadar Trigliserida yang Tinggi

5 Cara Jitu dan Alami Turunkan Kadar Trigliserida yang Tinggi

Trigliserida merupakan sebuah bentuk lemak di dalam darah ,sebenarnya trigliserida sangat bermanfaat untuk tubuh namun jika kadar nya tidak melebihi batas ,Kelebihan akan kadar trigliserida dalam darah akan meningkatkan resiko terkena penyakit penyakit kardiovaskular seperti jantung ,aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah), dan stroke .

Kapankah trigliserida dikatakan tinggi? Anda dapat memeriksanya dengan melakukan tes darah di klinik. Berikut adalah grafik yang dapat menjadi acuan Anda untuk menentukan apakah kadar trigliserida Anda jatuh dalam kisaran yang sehat.

5 Cara Jitu  dan Alami Turunkan Kadar Trigliserida yang TinggiAda banyak alasan yang menyebabkan Anda memiliki kadar trigliserida yang tinggi. Mengetahui alasan tersebut akan membuat Anda belajar bagaimana cara untuk menurunkan trigliserida secara alami degnan cara mudah. Berikut adalah beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebab tingginya kadar trigliserida Anda.
# Kondisi medis tertentu: Diabetes yang tidak terkontrol, hipotiroidisme, penyakit ginjal, dll
# Masalah gaya hidup: Makan makanan tinggi kalori, merokok, mengonsumsi alkohol.
# Alasan lain: Kelebihan berat badan, obat-obatan tertentu (misalnya steroid & KB), dan faktor genetik lainnya.

1. Mengelola menurunkan berat badan Anda

Cara termudah untuk menurunkan trigliserida Anda adalah dengan mengendalikan berat badan Anda. Tidak hanya mengurangi kelebihan berat badan, tetapi juga dengan lemak yang terkumpul sebagian besar di sekitar perut Anda, karena ia dapat meningkatkan kadar triglicerida Anda tetapi juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyakit kesehatan serius lainnya.

2. Lakukan Olahraga rutin

Berolahraga secara teratur akan membantu Anda mengendalikan berat badan Anda. Plus, juga meningkatkan sirkulasi darah Anda, yang, pada gilirannya, menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit kesehatan lainnya. Hanya dengan berolahraga 2-3 kali seminggu akan sangat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan secara alami menurunkan kadar trigliserida Anda.

3. Perbaiki Diet Anda

Salah satu hal penting untuk mencoba menurunkan trigliserida secara alami adalah dengan melakukan beberapa penyesuaian diet Anda. Anda tidak hanya perlu menurunkan jumlah lemak tetapi juga mengurangi asupan karbohidrat dan gula. Menurunkan asupan gula Anda melalui makanan dan minuman dan makan lebih sedikit karbohidrat, lemak, dan kalori adalah kunci untuk menurunkan kadar trigliserida Anda.

Meningkatkan konsumsi lemak baik daripada lemak jahat. Lemak yang baik adalah mono dan polyunsaturated sementara lemak jahat jenuh dan trans-lemak. Misalnya, makan lebih banyak Omega-3 makanan seperti ikan lebih baik daripada makan yang potongan daging babi. Memasaklah dengan menggunakan produk susu yang rendah lemak dan menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega. Lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun melawan trigliserid .2 sendok makan Minyak zaitun setiap hari dapat meningkatkan kesehatan darah Anda.

4. Suplemen Omega-3

Anda perlu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengambil suplemen tertentu, kapsu lseperti omega-3. Terlalu banyak asupan suplemen dapat menyebabkan efek sebaliknya. Bagi mereka yang tidak memiliki waktu dan keinginan untuk mengubah diet, dengan menambahkan beberapa suplemen gizi untuk  rutinitas sehari-hari dapat membantu menurunkan kadar trigliserida. Asam lemak omega-3 (dalam bentuk apapun), tocotrienol, dan niacin adalah suplemen yang dapat Anda tambahkan.

5. Minyak Esensial dan Herbal

Setiap orang berbeda, Anda mungkin menemukan bahwa beberapa pilihan alami bekerja sementara yang lainnya tidak. Itulah mengapa penting untuk memiliki beberapa pilihan ketika Anda belajar bagaimana untuk menurunkan kadar trigliserida secara alami.

Minyak kayu manis dapat bekerja untuk menurunkan kadar glukosa serum kemudian lebih lanjut menurunkan kadar trigliserida. Dengan mengambil 1/2 sendok teh per hari, Anda dapat melihat penurunan sebesar 12-30% gula darah dan trigliserida dan kadar kolesterol. Selain itu, dengan sifat seperti antioksidan, antibakteri, anti-inflamasi, dll minyak basil dapat diterapkan untuk mengurangi kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik.

sumber: http://www.md-health.com/How-to-Lower-Triglycerides-Naturally.html

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...