Home / Artikel Kesehatan / Awas Sering kesemutan di Kaki adalah Gejala Restless legs syndrome (RLS)

Awas Sering kesemutan di Kaki adalah Gejala Restless legs syndrome (RLS)

Restless legs syndrome (RLS) adalah kondisi di mana kaki anda terasa sangat tidak nyaman ketika anda duduk atau berbaring. Perasaan tidak nyaman ini akan hilang untuk sementara jika anda berjalan. RLS dapat membuat sulit tidur di malam hari dan membuat sulit ketika harus melakukan perjalanan dengan kendaraan.

Gejala
Tanda dan gejala RLS adalah rasa tidak nyaman pada betis, paha, kaki atau tangan yang sering diekspresikan dengan :

• Merangkak
• Perasaan geli
• Kejang
• Merayap
• Menarik kaki saat berjalan
• Nyeri
• Perasaan seperti tersetrum
• Tidak nyaman
• Gatal
• Rasa seperti digrogoti
• Sakit
• Rasa seperti terbakar
• Kaku
• Sulit menggerakkan kaki

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab

Ilmuwan meyakini bahwa penyebab kondisi ini terjadi akibat ketidakseimbangan zat kimia pada otak (dopamine). Zat ini mengirimkan pesan untuk mengontrol gerakan otot.

Selain itu, faktor keturunan juga merupakan penyebab, khususnya jika kondisi ini terjadi ketika usia muda.
Kehamilan atau perubahan hormon dapat memperburuk tanda dan gejala untuk sementara waktu. Beberapa wanita mengalami RLS untuk pertama kali saat hamil, khususnya ketika tiga bulan terakhir.

Selain itu kondisi lain seperti peripheral neuropathy, gagal ginjal dan kurang zat besi (karena anemia maupun tidak) terkadang juga disertai RLS.
Menurut statistik, lebih dari 5 juta orang di Amerika Serikat menderita sedang sampai bentuk parah dari sindrom kaki gelisah (RLS).

1 dari 10 orang dewasa menderita dari kondisi ini dan lebih dari satu juta anak usia sekolah memiliki RLS.

Apa saja gejala fenomena ini?

– Keinginan untuk gemetar kaki

– Nyeri di kaki

– Gatal

Perasaan unconfortable di kaki

(Gejala yang lebih berpengalaman pada malam hari)

Ini bukan penyakit yang sangat serius ut dapat mengurangi kualitas hidup dan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Penyebab

Ada sindrom primer dan sekunder dari kaki gelisah.

Pada sindrom kaki gelisah primer, gangguan turun-temurun dan alasan terletak di bagian otak yang bertanggung jawab untuk monitoring. Bentuk sekunder penyakit ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti anemia, kehamilan, rusak saraf perifer, gangguan fungsi ginjal dan penyakit degeneratif tulang belakang.

Juga, gangguan ini kadang-kadang konsekuensi dari menggunakan obat-obatan tertentu seperti antidepresan, antipsikotik dan memakan banyak kopi, alkohol dan nikotin. Biasanya diagnosis dibuat sesuai dengan gambaran klinis. Dari temuan laboratorium darah lengkap, penentuan status dan ginjal hormonal sampel yang diperlukan. Tergantung dari diagnosis, mineral, vitamin, latihan-latihan tertentu, analgesik, penenang tablet yang diresepkan.

Pada cara Anda dapat meringankan gejala?
Para ahli bagaimanapun telah, merekomendasikan peregangan sebelum tidur, sehingga Anda perlu duduk di lantai dengan kaki terentang dan kemudian perlahan-lahan menekuk tubuh ke kaki untuk bisa sampai ke tangan dalam posisi ini selama beberapa menit. Juga, hangat mandi sebelum tidur adalah solusi yang sangat baik untuk menghilangkan gejala. Hindari minuman yang mengandung kafein seperti teh hitam dan kopi karena mereka melakukan pengaruh buruk pada sirkulasi darah dan kualitas tidur.

Dalam banyak kasus meskipun, orang yang menderita sindrom kaki gelisah sebenarnya menderita kekurangan zat besi dalam darah sehingga sangat baik untuk memulai mengkonsumsi bahan yang kaya akan zat besi. Daging merah, plum dan bit misalnya.

campuran teh

Bahan:

Rosehip adalah buah dari biji bunga mawar. Rosehip berbentuk sempurna ketika semua daun dan mahkota bunga telah gugur. Jika Anda membiarkannya, rosehip akan terus tumbuh dan berwarna merah.

Awas Sering kesemutan di Kaki adalah Gejala Restless legs syndrome (RLS)
Selama ini rosehip terkenal berkhasiat sebagai obat nyeri sendi. Rosehip seringkali digunakan sebagai obat alternatif di samping obat-obatan biasa. Ini karena rosehip menawarkan khasiat yang sama tanpa efek samping, seperti obat-obat yang ada di pasaran.
Penelitian menunjukkan bahwa rosehip bisa memberikan penyembuhan yang cepat dan mengurangi rasa nyeri. Ini telah dibuktikan melalui sebuah penelitian pada dua kelompok orang yang menderita nyeri sendi.
– 1 sendok makan hip buah yang sudah dihancurkan

– 1 sendok makan bunga chamomile

– Setengah liter air mendidih

– Jumlah sedikit jus lemon

– 1 sendok teh madu

Persiapan:

Menuangkan air yang sebelumnya direbus pada chamomile dan rosehip bunga, menutupinya dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian saring dan tambahkan jus lemon dan madu. teh sebaiknya dikonsumsi beberapa kali dalam sehari dan sebelum tidur.

aromaterapi:

Membuat campuran dari 5 tetes kemangi dan marjoram dan 3 tetes minyak almond. Pijat kaki Anda dengan campuran ini setiap malam.

sumber : Sumber: www.healthylifetricks.com

Check Also

Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Kurap atau disebut juga ringworm adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, ...

...