Home / Artikel Kesehatan / Belajar Minum Madu Cara Nabi , Rahasia Madu Pengobatan Tertua Di Dunia

Belajar Minum Madu Cara Nabi , Rahasia Madu Pengobatan Tertua Di Dunia

Allah SWT dalam QS. An Nahl 69 berfirman :

kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (QS. An Nahl 69)

Ini membuktikan bahwa madu merupakan obat penyembuh bagi umat manusia di muka bumi ini yang di rekomendasikan langsung oleh Allah SWT melalui ayat diatas. Dengan kata lain madu merupakan resep paling ampuh dari resep-resep yang ada di bumi ini yang diajurkan oleh Yang Maha Menyembuhkan.

Pengobatan Madu adalah Pengobatan tertua di dunia
Nabi bersabda: Obatilah Penyakitmu dengan Al Qur’an & madu
Madu merupakan obat Jasmani dan Al Qur’an merupakan obat ruhani

Keistimewaan Madu

Madu Minuman yang dihidangkan saat Isra & Mi’raj
Madu adalah Nikmat yang akan diangkat pertama kali diangkat sebelum kiamat
Para Malaikat mendoakan bagi mereka yang ada madu dirumahnya.
Di Surga ada lautan madu
Madu minuman kesukaan Rasulullah
Madu menguatkan hafalan dan daya ingat
Abu Faras dalam kitabnya “Sejarah Bangsa-Bangsa” menyebutkan bangsa di Kurdistan ditakdirkan sehat & panjang usia dengan minum madu.

Pengobatan itu ada 3 macam : Minum Madu, berbekam,dan kaisy dan aku melarang umatku kaisy (HR.Bukhori)

Dr. WIG Sackett, seorang ahli bakteri dari akademi pertanian Colorado, AS menemukan bahwa madu dapat menghambat serta membunuh bakteri penyakit.

Namun ternyata, mengkonsumsi madu tidak boleh sembarangan, tidak boleh asal minum agar kita dapat merasakan manfaat yang luar biasa dari madu.
Waktu yang paling baik untuk meminum madu adalah pada saat pagi hari sebelum sarapan dan pada malam hari saat menjelang tidur. Meskipun selain 2 waktu tersebut, madu juga tetap baik untuk dikonsumsi kapan saja. Madu yang dikonsumsi pada pagi hari dapat mencegah seseorang dari penyakit maag, karena Madu dapat melapisi dinding lambung sehingga kita tidak terkena maag.
Kebiasaan Rasulullah saat minum madu adalah dengan langsung mengambil madu kemudian mengulumnya dengan mulut beliau hingga madu bercampur dan lumer dengan air liur beliau. Karena madu mengandung fruktosa yang lebih baik dicampur dengan air liur mudah larut dan dicerna oleh lambung.
Namun jika kita merasa eneg jika langsung dikulum, bisa juga mencampur dengan air hangat, tidak panas dan tidak dingin. Karena jika air terlalu panas atau dingin dapat merusak enzim-enzim dalam madu, dan kualitas madu akan rusak/hilang.
Tuangkan 2-3 sendok makan, tidak ada anjuran dalam hal ini, Anda bisa menambahkan lebih, atau kurang dari itu. Ini hanya secara umumnya. Karena ini juga menyangkut selera, terlalu banyak juga ada sebagian orang merasa eneg karena terlalu manis. Selengkapnya bisa dilihat pada kemasan masing-masing madu.
Aduk madu dengan menggunakan sendok plastik dan usahakan tidak menggunakan sendok berbahan logam, karena sendok dengan bahan logam dapat merusak unsur-unsur penting dalam madu. Sehingga dapat mengurangi kesempurnaan kualitas madu.
Aduklah madu berlawanan dengan arah jarum jam. Atau searah dengan orang thawaf ketika melaksanakan ibadah haji dan umroh. Karena arah ini Insya Allah lebih baik dan menghasilkan energi positif bagi madu, sehingga khasiat madu akan lebih terasa bagi tubuh kita.
Membaca do’a ketika akan minum madu tersebut, sehingga madu lebih berkah dan berkhasiat untuk tubuh Anda.
Minumlah dengan duduk, tenang, dan tidak terburu-buru.
Jadikan minum madu sebagai rutinitas harian untuk membantu tubuh kita melawan serangan-serangan penyakit yang akan membahayakan tubuh kita, dan meningkatkan daya tahan tubuh/imunitas kita.

Kombinasi Air dan Madu

Air dan madu yang baik jika digabungkan tentu hasilnya akan baik pula. Berikut adalah yang akan terjadi jika kita rutin minum air madu setiap hari seperti yang dikutip dari Lifehack.

1. Mengurangi gas dalam tubuh

Seringkali kita merasa perut kita penuh dengan gas yang membuat tidak nyaman kadang membuat kita jadi uring-uringan. Jika merasa perut kembung, segelas air hangat dicampur madu akan menetralisir gas di dalam sistem tubuh kita. Dan kita akan merasa lebih ringan daripada sebelumnya.

2. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Madu memiliki manfaat meningkatkan sistem imunitas tubuh kita yang impresif. Madu organik dipercaya memiliki kemampuan yang jauh lebih maksimal daripada madu biasa untuk membunuh bakteri jahat. Segelas air madu organik penuh dengan enzim, vitamin, dan mineral yang akan melindungi kita dari bakteri yang menjijikan.

3. Mengeluarkan toksin atau racun dari dalam tubuh

Madu dan air hangat merupakan salah satu kombinasi terbaik untuk mengeluarkan sampah dari tubuh kita. Katakan, “selamat tinggal racun, selamat datang detoks.” Jangan lupa tambahkan lemon ke dalam campuran madu dan air hangat tersebut untuk mendapatkan manfaat meningkatkan pengeluaran urin.

4. Membersihkan kulit

Kulit merupakan cerminan dari sehat atau tidaknya sistem tubuh kita. Seiring dengan keluarnya sampah dari tubuh kita, madu juga merupakan anti-oksidan alami dan anti bakteri yang membantu merawat kulit kita menjadi lebih cerah dan bersih. Kita akan mendapatkan kulit yang lebih baik dan sehat jika rutin meminum air madu.

5. Mengurangi berat badan

Rasa madu memang manis, tapi manis yang didapat bukan dari gula putih biasa melainkan gula alami. Rasa manis dari gula alami ini akan membantu memuaskan hasrat kita untuk makan yang manis-manis seperti kue, permen, cokelat, dan minuman bersoda. Dengan menyingkirkan makanan-makanan yang manis seperti tadi dapat menghemat kalori sebanyak 64%.

6. Menyembuhkan sakit tenggorokan

Salah satu minuman musim dingin yang paling disukai adalah air madu hangat. Salah satu alasannya karena air madu hangat dapat membantu mengurangi dan menyembuhkan sakit tenggorokan. Selain itu air madu hangat dapat membuat tubuh menjadi hangat kala menghadapi musim dingin. Madu merupakan obat alami bagi infeksi pernafasan dan batuk biasa.

7. Mengatur kadar gula darah

Kombinasi fruktosa dan glukosa dalam madu ternyata mampu membantu tubuh untuk mengatur kadar gula darah dan juga membuat kadar kolesterol yang lebih rendah.

8. Mencegah sakit jantung

Kandungan flavonoid dan anti-oksidan dalam madu dapat membantu dan mencegah resiko sakit jantung. Hasil penelitian menyatakan bahwa madu menurunkan tingkat proses oksidasi kolesterol jahat dalam darah manusia. Proses oksidasi kolesterol jahat dalam tubuh mempunyai efek buruk yaitu serangan jantung dan stroke.

sumber :
http://www.republika.co.id
http://4muda.com
dan tambahan dari Admin dari berbagai sumber internet

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...