Home / Artikel Kesehatan / Fakta Unik Kentang Bagi Kesehatan Kita

Fakta Unik Kentang Bagi Kesehatan Kita

Kentang merupakan makanan bergizi, sehat yang kaya akan vitamin A, C, & B-kompleks dan mineral seperti mangan, besi, magnesium, tembaga, dan kalium. Kentang mengandung antioksidan yang disebut quercetin yang memiliki anti-kanker dan sifat melindungi jantung serta protein penyimpanan yang disebut Patatin yang telah ditunjukkan untuk menunjukkan aktivitas terhadap penyakit yang menyebabkan radikal bebas.

Kentang merupakan sumber yang sangat baik dari B6, vitamin yang penting untuk pembentukan hampir setiap sel baru dalam tubuh. Vitamin B6 juga merupakan komponen penting untuk sistem saraf dan untuk pembuatan amina yang neurotransmitter yang mengirimkan pesan dari satu syaraf ke yang berikutnya.

Hal ini membuat kentang merupakan makanan penting bagi mereka yang pemikir berat dan mereka pulih dari kerusakan stres dan kelelahan adrenal. Mereka juga sangat bermanfaat untuk depresi, insomnia, gangguan tidur, otak kabut, dan penyakit terkait stres. Kentang juga dikenal baik untuk mempromosikan kesehatan jantung dan sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko serangan jantung, stroke, aterosklerosis, dan COPD.

Kentang sendiri hampir bebas lemak dan dikemas dengan serat makanan yang membantu mencegah sembelit dan melindungi usus besar dari polip dan kanker. Kandungan serat yang tinggi juga membantu menurunkan LDL kolesterol darah dan menjaga kadar gula darah stabil dan dalam batas normal. kentang mentah segar merupakan sumber yang kaya vitamin C, enzim, mineral, dan sifat antibiotik dan dapat dijus dengan tomat segar, lemon, atau sayuran lainnya untuk manfaat kesehatan tambahan.

kentang yang dikukus adalah bentuk yang paling sehat daripada kentang yang dimasak karena terjaganya kandungan zat dan vitamin didalamnya.

Manfaat kentang diantaranya dapat disimpulkan ialah

Mencegah penyakit
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kentang dapat menurunkan resiko seseorang terhadap kanker dan baik untuk organ jantung. Selain itu, kandungan B6 yang tinggi dalam kentang berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sistem saraf.
Baik untuk pasien diabetes
Meskipun banyak yang menduga bahwa kentang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah seseorang, namun faktanya adalah belum ada penelitian pada manusia tentang pengaruh index glisemik pada diabetes.

Untuk perawatan kulit
Karena kentang mengandung vitamin C seperti tomat, maka kita bisa menggunakannya untuk perawatan kulit. Cukup oleskan secara merata ke kulit dan diamkan selama beberapa menit lalu bilas. Kentang juga sering dijadikan bahan dasar pembuatan masker.

Mengurangi peradangan
Peradangan bisa terjadi pada seseorang baik pada organ dalam maupun pada organ luar. Untuk mengatasi peradangan yang terjadi di bagian dalam tubuh atau pencernaan dan usus, kita bisa mengkonsumsi kentang untuk meredakannya. Jika peradangan tersebut terjadi di bagian luar tubuh maka kita bisa menggosokkannya ke bagian yang bermasalah tersebut.

Baik untuk otak
Mengandung zat besi dan tembaga tentu saja bisa dimanfaatkan untuk perbaikan sel saraf dan menjaga kesehatan otak seseorang.

Meredakan batu ginjal
Salah satu penyebab batu ginjal adalah naiknya kadar asam urat dalam darah. Untuk meringankan penyakit ini dokter pada umumnya menganjurkan pasiennya agar mengkonsumsi lebih banyak kentang.

Mengurangi stress
Vitamin B6 yang ada dalam kentang terbukti ampuh dalam memberikan efek rileks pada seseorang dan efektif dalam meredakan stress yang sedang melanda.
ternyata dapat kita manfaatkan sebagi obat bisul yang manjur. Manfaat kentang memang serba guna.

Bisul adalah peradangan yang terjadi pada daerah folikel rambut kulit yang ditandai dengan berkumpulnya cairan nanah yang terakumulasi hingga membentuk benjolan yang semakin membesar dengan puncak berwarna putih ( mata bisul ), yang pada akhirnya akan memecah.

Jika anda mengalami penyakit bisul tidak perlu takut, karena ini bukan penyakit mematikan, disamping itu seperti yang sudah saya katakan di atas, obat bisul dapat anda temukan di rumah anda sendiri.
CARA MENGOBATI PENYAKIT BISUL
Berikut ini adalah langkah – langkah bagaimana cara membuat obat bisul dengan ramuan kentang :

Kompres sebentar bisul dengan air hangat untuk melancarkan peredaran darah sekitar bisul.
Siapkan kentang ukuran sedang, dicuci lalu diparut – jangan dikupas biarkan kulitnya ikut terparut.
Parutan kentang ditaburkan mengelilingi bisul tapi “mata” bisulnya jangan tertutup parutan kentang.
Biarkan sampai mengering seperti kita sedang menggunakan bedak masker.
Bisul akan pecah sendiri.
Jika sudah pecah, maka dengan bantuan jari untuk menekan bisul hingga darah dan nanahnya keluar berikut mata bisulnya.
Biarkan, bekas bisul akan kering dengan sendirinya.

Check Also

Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Kurap atau disebut juga ringworm adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, ...

...