Home / Artikel Kesehatan / Gigi Anda Terasa Nyeri, Lebih Panjang dan Besar dari Sebelumnya? Itu Gejala Gusi Surut, Ini Pengobatan Alaminya

Gigi Anda Terasa Nyeri, Lebih Panjang dan Besar dari Sebelumnya? Itu Gejala Gusi Surut, Ini Pengobatan Alaminya

Situasi gusi surut terjadi ketika jaringan gusi di sekitar gigi menyusut dan mengakibatkan gusi Anda tampak surut ke belakang. Kemudian permukaan gigi pada gusi yang bermasalah tadi akan tampak lebih terlihat atau lebih panjang. Ini bisa disebabkan oleh genetika, tetapi mungkin juga disebabkan oleh kerasnya kita menyikat gigi, serta “periodontal” ataupun kelainan gusi. Kondisi gusi yang seperti ini adalah tempat sempurna untuk pertumbuhan bakteri. Masalah lain yang mungkin terjadi adalah over exposure dari akar gigi yang dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat dan sensitivitas gigi. Hal ini juga akan memiliki pengaruh negatif atas struktur dan tulang gigi yang dapat menyebabkan kehilangan gigi.

Gejala yang dapat dicermati.

Ini adalah masalah yang sangat umum dan sebagian besar orang yang menderita dari itu tidak memperhatikan masalah. Alasannya adalah karena prosesnya lambat dan terjadi secara bertahap. Ingatlah untuk memeriksa gusi Anda jika Anda gigi telah menjadi sangat sensitif. Itu adalah salah satu tanda-tanda pertama. Indikator lain adalah ukuran gigi Anda: jika lebih besar dari sebelumnya maka Anda perlu untuk mengobati masalah karena merupakan tanda gusi surut. Gejala lain mungkin:

– Gigi nyeri / sakit
– Gigi yang lebih besar dari sebelumnya
– Sensitivitas gigi

Apa yang menyebabkan gusi surut ?

Mungkin penyakit gusi, tetapi dapat disebabkan oleh alasan lain seperti:

1. Penyakit periodontal

Itu berarti infeksi bakteri di gusi. Mereka menyebabkan kerusakan pada tulang pendukung gigi dan gusi, diikuti oleh masalah lain.

2. Kurangnya kebersihan mulut

Jika Anda melewatkan menyikat gigi dan flossing Anda mungkin menumpuk kuman pada gigi yang dapat menyebabkan tumpukkan zat keras/ kalkulus yang dapat menyebabkan resesi gusi.

3. Menyikat terlalu keras

Ini adalah kebalikan dari menyikat gigi secara teratur. Jika Anda menyikat gigi terlalu kuat maka enamel pada gigi Anda akan hancur dan ini akan menyebabkan gusi surut.

4. Genetika

Dalam hal ini Anda tidak dapat mengubah banyak hal tentang masalah gusi Anda.

5. Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan gusi surut

Ini bisa menjadi masalah besar terutama di kalangan wanita. Perubahan tersebut menyebabkan gusi lebih rentan dan sensitif.

6. Merokok juga merupakan alasan dari gusi surut

Merokok juga menyebabkan banyak penyakit lainnya seperti penyakit paru-paru dan kanker, tetapi juga dapat menyebabkan gusi surut. Orang, yang mengkonsumsi tembakau dalam bentuk apapun, bisa mendapatkan zat lengket di gigi ini menyebabkan gusi surut.

7. Tekanan pada gigi dan gusi akibat penggunaan tusuk gigi, tindik oral dll.

Anda akan menekan gigi dan gusi dan dapat menyebabkan gusi surut.

8. Ini adalah alasan aneh, tapi menekan gigi dan gusi dngan lidah atau bibir juga dapat menyebabkan masalah yang sama.

Berikut adalah cara tradisional untuk mengatasi Gigi surut ini.

Teh hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan. Ia penuh dengan antioksidan yang melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit periodontal yang dapat menyebabkan gusi surut. Salah satu antioksidan dalam teh hijau adalah katekin dan membantu dalam menghancurkan penyakit periodontal. antioksidan ini dapat memperkuat hubungan antara gusi dan gigi. Sifat antiinflamasi-nya akan menurunkan pembengkakan gusi yang menyebabkan penyakit mulut.

Bagaimana cara menggunakannya:

Setiap pagi minum 1 cangkir teh hijau.

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat kesehatan dan kebanyakan terhubung dengan masalah kulit. Alasannya adalah karena lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan kemampuan memperbaiki. Dalam kasus gusi surut, lidah buaya akan melawan peradangan dan akan mengaktifkan sel-sel yang sangat penting untuk memperbaiki jaringan. Ini akan mencegah infeksi lain, karena sifat antibakteri.

Bagaimana cara menggunakannya:

Gunakan gel dari lidah buaya untuk masalah gusi Anda. Ada 2 cara. Yang pertama adalah dengan menggunakan gel lidah buaya seperti obat kumur dan untuk menyikat gigi.

Setelah Anda membersihkan gigi dengan benang dan disikat, taruh beberapa gel lidah buaya dan sekali lagi sikat gusi dan gigi. Ini harus berlangsung sekitar 3 sampai 5 menit. Lalu bilas mulut Anda secara menyeluruh.

Cara lain adalah dengan menggunakannya sebagai obat kumur. Sekali lagi setelah Anda menyikat gigi Anda ambil sedikit gel lidah buaya dan larutkan dalam air. Konsistensi harus cukup baik untuk Anda sehingga Anda dapat berkumur dengan itu di mulut Anda. Lakukan ini setiap hari setelah menggosok gigi.

Eucalyptus/ Minyak Kayu Putih

Eucalyptus mengandung minyak atsiri yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Ini adalah fakta yang diketahui bahwa minyak esensial dari herbal lebih kuat dari ramuan itu sendiri. Itu sangat jelas karena kita selalu menggunakan hanya beberapa tetes minyak esensial dalam banyak resep. Minyak esensial dari kayu putih yang dapat menghancurkan kuman dan bakteri yang hidup di mulut Anda. Mereka akan melindungi Anda dari penyakit mulut apapun. Ini memiliki banyak sifat anti-inflamasi dan mereka membantu dalam mengurangi pembengkakan di gusi. Ingatlah untuk mencairkan minyak esensial sebelum Anda meletakkannya di gusi Anda. Ini benar-benar kuat.

Bagaimana cara menggunakannya:

Ambil 1 atau 2 tetes minyak esensial kayu putih dan 1 atau 2 sendok makan air. Mencairkan minyak esensial di dalam air dan mencelupkan sikat gigi Anda atau jari Anda dalam minyak. Oleskan pada gusi Anda dan pijat dengan lembut. Cuci mulut Anda dengan air. Ini akan merangsang pertumbuhan gusi yang baru dan itu akan mencegah gusi surut.

lemon

Lemon dikenal karena sifat antiseptik dan antibakteri mereka. lemon dapat merangsang pertumbuhan gusi surut. Hal ini juga akan menghancurkan bau mulut. Lemon bersifat asam dan ingat bahwa terlalu banyak dari mereka dapat menghancurkan enamel pada gigi Anda. Jangan gunakan minyak lemon setiap hari. Ini harus digunakan hanya satu kali dalam seminggu. Jika Anda ingin Anda dapat membuat minyak lemon buatan sendiri dan Anda tidak perlu khawatir tentang itu.

Homemade lemon oil:

Anda akan perlu:

– ¼ hingga ½ cangkir minyak zaitun
– ½ untuk 1 jus lemon segar

Cara: menempatkan minyak zaitun dalam botol dan tambahkan jus lemon. Tutup dan kocok dengan baik. Biarkan campuran selama beberapa minggu. Ingatlah untuk mengocok botol ini setiap hari. Setelah tiga sampai empat minggu, Anda dapat memulai dan menggunakan minyak tersebut.

Bagaimana cara menggunakannya:

Terapkan sedikit minyak lemon pada jari-jari Anda dan pijat gusi Anda selama beberapa menit. Apakah metode ini tidak lebih dari 2 kali dalam seminggu.

 

sumber: http://complete-health-and-happiness.com/receding-gums/?t=hhl

 

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...