Home / Apotik Hidup / Karuk, Meski Tanaman Liar Namun Ampuh Taklukkan Asma

Karuk, Meski Tanaman Liar Namun Ampuh Taklukkan Asma

Asma adalah penyakit yang mengganggu saluran pernapasan manusia serta paru-paru atau bisa disebut juga dengan sesak napas. Penyakit asma ini termasuk penyakit kronis, karena biasanya mucul secara terus-menerus dalam jangka waktu yang panjang. Akibatnya seseorang penderita asma  mengalami kesulitan untuk bernapas. Asma muncul akibat terjadinya penyempitan pada saluran pernapasan di paru-paru karena reaksi terhadap rangsangan tertentu. Biasanya ketika seseorang terserang penyakit asma akan muncul gejala-gejala lain yang mengiringi, seperti batuk, mengeluarkan bunyi khas penyakit asma yang mencuit-cuit (wheezing) serta yang pasti adalah penderita mengalami sesak napas.

Asma dapat diobati asal dilakukan terapi yang benar. Beberapa orang dengan asma merasakan perubahan positif setelah melakukan pengobatan secara tradisional. Salah satu obat tradisional yang ampuh hentikan asma adalah daun Karuk. Ya, tanaman yang biasa tumbuh liar ini ternyata memiliki khasiat luar biasa. Terutama pada pengobatan asma dan batuk. Anda heran? Oh jangan heran, karena memang tanaman ini tidak biasa digunakan di Indonesia, namun di beberapa negara lain, tanaman yang bernama latin Piper sarmentosum Roxb ini banyak dijadikan sebagai bahan sayuran. Thailand dan Filipina misalnya, kedua negara itu menjadikan karuk sebagai sayuran yang dinamakan ‘cha plu’, dan dijadikan makanan khas daerah itu. Bahkan juga ada resep spesial yang disebar luas dengan nama ‘miangkham’.

Anda bisa menggunakan tanaman ini sebagai obat herbal yaitu dengan mengolah daun dan akarnya. Buah dan daun karuk memiliki kandungan saponin, polifenol, serta flavanoid. Kandungan karuk yang lain yaitu kalsium, kalium, magnesium, karoten, niacin, vitamin B1, B2, dan C di kenal sebagai anti-oksidan alami.

Jika Anda merasa tersiksa dengan penyakit asma yang tak kunjung sembuh, coba saja pengobatan dengan tanaman Karuk atau juga banyak disebut di berbagai daerah sebagai cabean, kado-kado, dan sirih tanah. Caranya hanya dengan melumatkan 5 lembar daun karuk segar hingga halus seperti bubur, kemudian campur dengan setengah gelas air panas. Saring kemudian dinginkan. Minum satu hari dua kali. Anda bisa menambahkan madu jika suka.

Namun perlu Anda ketahui, walaupun belum ditemukan literatur yang menyebutkan adanya kontradiksi maupun efek samping dari penggunaan tanaman ini, Anda harus tetap hati-hati dan jangan berlebihan dalam pemakaiannya.

Semoga bermanfaat, salam sehat alami!

Check Also

Resep Jus Hijau Untuk Menghidrasi Otak Anda Dan Menghilangkan Migren

Jika Anda menderita sakit kepala migrain atau sakit kepala yang tak tertahankan rasa sakitnya itu. ...

...