Home / Artikel Kesehatan / Ketahui 14 Penyebab Nyeri Bahu Kiri Anda Serta Perawatan dan Penyembuhannya

Ketahui 14 Penyebab Nyeri Bahu Kiri Anda Serta Perawatan dan Penyembuhannya

Nyeri di bawah bahu kiri secara serius dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda dan kebahagiaan Anda secara keseluruhan. Semoga artikel ini akan memberikan Anda informasi tentang apa yang bisa menyebabkan nyeri bahu Anda dan bagaimana Anda dapat membebaskan diri dari rasa tidak nyaman dengan perawatan yang tepat.

Nyeri di bawah bahu kiri ini tidak boleh diabaikan. Beberapa datang akibat dari hal yang tidak perlu terlalu dikhawatirkan, namun pada beberapa orang bisa sangat parah dan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Berikut adalah beberapa penyebab paling umum dari sakit di bawah tulang belikat kiri Anda:

1. Cedera

Apakah Anda pernah berolahraga lebih keras akhir-akhir ini, atau mungkin Anda membantu tetangga Anda membawa beban yang berat. Apa pun alasannya, ciderai tulang belikat Anda mudah untuk terjadi, rasa linu yang ditimbulkan mudah untuk ditangani. Pastikan untuk tidak membuat bahu Anda bekerja secara berlebihan, tungu  sampai pulih atau Anda dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada jaringan bahu Anda itu.

2. Penuaan

Penuaan menyebabkan tulang Anda menjadi rapuh dan secara bertahap menjadi melemah. Ini adalah hal yang alamiah dan normal dan merupakan bagian dari penuaan, Anda harus berhati-hati. Bahkan cidera kecil yang Anda dapat 20 tahun sebelumnya, dapat menyebabkan kerusakan dan rasa sakit juga ketidaknyamanan di masa tua.

3. Posisi Tidur yang salah

Kedengarannya konyol, tetapi tidur dengan cara yang salah sebenarnya adalah salah satu alasan utama mengapa orang mengeluh dari sakit bahu. Pastikan Anda merasa nyaman di tempat tidur, terutama posisi leher Anda. Mandi air panas dapat membantu menyembuhkan sakit otot bahu Anda dalam situasi ini.

4. Pilek atau Flu

Salah satu indikator pertama Anda telah menderita pilek atau flu adalah sakit badan. Jika Anda mengidap pilek atau flu, adalah wajar bahwa Anda merasa seluruh tubuh seperti beratnya satu ton. Kompres panas pada bahu Anda dapat membantu mengurangi rasa sakit.

5. Dislokasi

Bahu Anda mengalami dislokasi ketika keluar dari persendian. Dislokasi bahu dapat sangat menyakitkan, tetapi prosedur sederhana oleh dokter Anda dapat menanganinya.

6. Bahu beku

Jika Anda tidak memiliki cukup cairan sinovial di sekitar sendi bahu Anda, Anda mungkin akan mulai mengalami rasa sakit. Setiap gerakan menyebabkan nyeri, sehingga penderita berusaha sekeras mungkin untuk tidak menggerakkan bahu mereka. Karena itulah gejal ini disebut “bahu beku”. Terapi panas, obat-obatan dan beberapa latihan sederhana dengan intensitas rendah dapat membantu meringankan sakit bahu Anda.

7. Patah

Fraktur atau patah bahu adalah salah satu jenis yang paling menyakitkan dari sakit bahu yang meliputi seluruh daerah bahu Anda. Orang yang menderita bahu retak/patah harus menjalani operasi, serta latihan pasca-operasi untuk menyembuhkannya.

8. Bursitis

Bursae adalah karung yang terletak di antara tulang dan otot yang berisi cairan, bertindak sebagai bantalan ketika otot Anda berkontraksi / mengendurkan otot Anda. Bursae dapat membengkak dan dapat menyebabkan rasa sakit yang signifikan.

9. Keseleo

Keseleo atau robeknya manset rotator pada bahu dapat menyebabkan rasa sakit pada tukang belikat Anda. Setiap gerakan yang Anda buat menggunakan manset rotator, jadi tidak ada cara melarikan diri dari rasa sakit ini.

10 Saraf terjepit

Atau dikenal sebagai saraf terjepit, gejala ini terjadi ketika nyeri meluas dari tulang belikat ke lengan Anda.

11. Titik Pemicu Sakit

Titik pemicu adalah daerah tertentu yang menyakitkan di bahu Anda yang terbentuk karena ketegangan otot yang berlebihan. Ketika disentuh, daerah-daerah tersebut dapat menyebabkan banyak rasa sakit.

12. Peradangan Subskapularis

Subskapularis adalah otot yang membantu Anda untuk memindahkan lengan berlawanan dengan arah jarum jam atau ke dalam. Peradangan ini  merupakan cedera yang umum dialami para atlet. Nyeri sering terkumpul  di wilayah bahu  dan kadang-kadang dapat memerlukan masa pengobatan yang lama untuk menyembuhkannya.

13. Impingement Sindrom

Kondisi ini merupakan hasil dari ketegangan yang berlebihan di bahu Anda, di mana bursa dan tendon meradang. Hal ini juga dapat menyebabkan cedera di rotator cuff Anda.

14. Penyebab lainnya:

#  Kandung empedu: Pasien yang menderita sakit kandung empedu biasanya akan merasa sakit yang memancar dari bawah tulang belikat kanan atau kiri.
# Peradangan: Peradangan pankreas, pleura atau perikardium juga dapat dirasakan dari bawah kanan atau tulang belikat kiri.
# Sakit bahu umum terjadi sebagai akibat dari tukak lambung atau usus.
# Sebagai hasil dari serangan jantung.
# Pneumonia, emboli paru atau berbagai kondisi kesehatan lainnya juga dapat menyebabkan nyeri di bawah tulang belikat kiri Anda.

Pengobatan untuk Nyeri di Bahu Kiri Bawah

Pengobatan di rumah

Istirahat yang cukup. Ini adalah hal yang pasti harus Anda lakukan. Cobalah untuk menghindari kegiatan yang menempatkan tekanan pada bahu Anda.

Kompres Dingin dan Hangat

Terapkan kompres dingin di bahu Anda, ini dapat membantu meringankan rasa sakit, terutama jika itu disebabkan oleh peradangan sebagai akibat dari kerja otot yang berlebihan. Terapkan kompres dingin 3 kali sehari pada daerah yang sakit, selama sekitar 15. Hal ini tidak hanya membantu mengurangi rasa sakit, tetapi juga membantu menghilangkan peradangan.

Hindari Stress

Studi menunjukkan bahwa orang yang sedang stres akan merasa sakit tubuh yang lebih daripada mereka yang rileks. Beristirahat secara fisik sama pentingnya dengan mengistirahatkan diri Anda secara mental dan membiarkan diri Anda mendapatkan waktu untuk menyembuhkan. Jika tempat kerja Anda adalah tempat dengan tingkat stres yang cukup tinggi, ambillah cuti kerja untuk sementara.

Suplemen

Suplemen gizi  dapat mempercepat proses pemulihan dan membantu Anda mendapatkan kembali kekuatan Anda. Pastikan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengambil suplemen apapun,  sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda mengambil hal-hal yang tepat untuk kondisi Anda.

Yoga dan Latihan

Latihan intensitas rendah juga dapat membantu meringankan rasa sakit, terutama latihan peregangan dan yoga, yang merupakan cara yang bagus untuk mengendurkan otot bahu dan membersihkan pikiran Anda juga.

Pengendalian berat badan

Orang yang kelebihan berat memiliki risiko lebih tinggi menderita sakit bahu, karena berat badan ekstra meregangkan otot-otot mereka. Kehilangan berat badan dapat membuat semua perbedaan, dan juga membantu Anda menghindari serangkaian komplikasi kesehatan lainnya yang datang dengan obesitas.

Pijat

Terapi pijat adalah metode lain yang tidak berisiko untuk pasien yang menderita sakit bahu sebagai akibat dari posisi tidur yang keliru, postur tubuh yang buruk atau peregangan berlebihan pada otot. Beberapa jenis pijat yang paling umum dari pijat meliputi: akupesur, pijat Swedia dan pijat shiatsu.

Akupunktur

Metode pengobatan tradisional Cina ini merupakan penyembuhan yang membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan, serta meningkatkan aliran energi. Dianggap sebagai salah satu tradisi Cina kuno paling populer, akupunktur banyak digunakan saat ini. Tidak hanya menghilangkan rasa sakit, tetapi juga untuk mengurangi stres dan membantu seseorang untuk rileks.

Herbal

Obat herbal adalah cara alami untuk mengurangi peradangan dan membantu penyembuhan lebih cepat, karena antioksidan yang terkandung di dalamnya. Pomegrante, buah dan acai semua mengandung jumlah tinggi antioksidan, sementara chamomile dan valerian membantu mengendurkan otot-otot Anda.

Perawatan medis
Ketika pengobatan di rumah tidak bekerja, mungkin sudah saatnya untuk mengunjungi dokter dan mendapatkan resep. Beberapa dokter menyarankan memakai sling selama periode pemulihan, karena membatasi gerakan-gerakan yang dapat menunda penyembuhan penuh dan menawarkan stabilitas ditambahkan ke daerah bahu Anda.

Jika pengoabtan di rumah  tidak bekerja, temui dokter Anda karena mungkin ada penyebab lain dari nyeri bahu Anda, termasuk jantung atau penyakit hati dan kanker. Jangan khawatir, menemui dokter Anda untuk mendapatkan semua tes dan scan yang tepat lebih baik untuk mendapatkan kepastian mengenai sakit bahu yang Anda derita, daripada menyesal dikemudian hari.

sumber: http://www.md-health.com/Pain-Under-Left-Shoulder-Blade.html

Check Also

Bahkan Dokter Terkejut, Minyak Kelapa Mampu Membunuh Kanker Hingga 93%

Statistik terbaru menunjukkan bahwa kanker usus besar adalah kanker yang paling umum diderita di dunia ...

...