Home / Resep Ramuan Herbal / Manfaat Kesehatan Tanaman Catnip

Manfaat Kesehatan Tanaman Catnip

Catnip tidak hanya berkhasiat buat kucing, melainkan juga memiliki manfaat bagi manusia. Daun serta bunga catnip bisa dikonsumsi dalam bentuk ekstrak herbal dan teh. Tanaman herbal ini mudah tumbuh dan dapat ditanam di dalam atau di luar ruangan. Catnip lazim ditanam menggunakan bijinya.

Nama ilmiah dari catnip adalah Nepeta cataria , dan merupakan anggota dari family mint . Tanaman ini termasuk dalam family Lamiaceae , jenis tanaman yang umumnya tumbuh di Eropa dan Asia . Untuk kucing , catnip digunakan untuk tujuan “rekreasi” (membuat kucing senang)

Manfaat Kesehatan Tanaman Catnip
Scientific classification
Kingdom: Plantae
(unranked): Angiosperms
(unranked): Eudicots
(unranked): Asterids
Order: Lamiales
Family: Lamiaceae
Genus: Nepeta
Species: N. cataria
Binomial name
Nepeta cataria
Lamiaceae
Herbal catnip menyediakan berbagai manfaat. Berikut adalah beberapa efek positif catnip, semoga bermanfaat.

1. Meredakan Serangan Kecemasan. Minum secangkir teh catnip menjadi salah satu cara terbaik mengendalikan kecemasan. Efek menenangkan pada pikiran dan tubuh yang dimiliki catnip amat bermanfaat untuk mengatasi kecemasan. Tanaman ini mengandung zat yang dikenal sebagai nepetalactone yang bertindak sebagai relaksan. Kapsul dan teh catnip juga efektif merawat pasien dengan gangguan kegelisahan, stres atau depresi.

2. Meredakan Insomnia. Efek catnip pada manusia tidak terbatas pada menyembuhkan gangguan mental tetapi juga gangguan tidur seperti insomnia. Secangkir teh catnip diyakini bisa membantu Anda mendapatkan tidur malam yang baik. Teh catnip memberikan efek relaksasi yang membantu menginduksi tidur. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan tidur berkualitas, minumlah teh catnip sebelum tidur.

3. Mengurangi Masalah Pernapasan. Orang yang menderita flu lazim mengalami kesulitan bernapas. Kondisi ini bisa diringankan menggunakan teh catnip. Herbal ini memiliki fungsi sebagai dekongestan alami dan mampu mengurangi sesak pada dada. Catnip juga bermanfaat mengurangi ketidaknyamanan yang berhubungan dengan gangguan pernapasan seperti bronkitis dan asma.

4. Obat Sakit Gigi. Anda dapat menggunakan daun catnip untuk mengurangi rasa sakit yang terkait dengan sakit gigi. Letakkan daun catnip tumbuk pada gusi untuk meredakan nyeri gigi. Mengunyah daun tanaman ini merupakan metode lain yang bisa dilakukan.

5. Meredakan Nyeri Perut. Ketidaknyamanan perut umum dirasakan pada orang yang menderita kembung dan diare. Untuk meringankan sakit perut yang berhubungan dengan gangguan pencernaan, penggunaan suplemen catnip jelas merupakan suatu pilihan baik. Catnip membantu melepaskan gas yang terperangkap dalam usus. Mengambil teh catnip setelah makan juga dapat membantu meningkatkan kinerja pencernaan.

6. Menyembuhkan Luka. Daun catnip yang diletakkkan diatas luka bisa membantu menghentikan pendarahan. Dengan kata lain, aplikasi topikal dari herbal catnip sangat membantu untuk menyembuhkan luka.

7. Meringankan Gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS). Mereka yang mengalami IBS bisa mengkonsumsi teh catnip untuk meredakan sakit perut dan susah buang air besar.

Perlu diperhatikan bahwa wanita hamil tidak boleh mengkonsumsi teh catnip dalam bentuk apapun karena berpotensi menginduksi kontraksi rahim yang memicu keguguran.

Check Also

Campuran Minyak Zaitun Dan Bawang Putih Atasi Varises

Apakah anda merasa terganggu dengan memiliki beberapa penampakan varises sekarang di kaki, tangan maupun bagian ...

...