Home / Apotik Hidup / Pecut Kuda, Obati Hepatitis A, Rematik, Hingga Penyakit Kewanitaan

Pecut Kuda, Obati Hepatitis A, Rematik, Hingga Penyakit Kewanitaan

Jika Anda menemukan tanaman ini tumbuh liar di pekarangan rumah atau di pinggir jalan, janganlah buru-buru membasminya. Namun, bersyukurlah karena Anda sedang menemukan salah satu tanaman obat berkhasiat yang dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit serius. Tanaman Pecut Kuda memang memiliki khasiat luar biasa untuk pengobatan penyakit, seperti Rematik, Hepatitis A, Keputihan, Radang Tenggorokan dan Batuk.

Bahkan di masyarakat tanaman Pecut Kuda dikenal bisa digunakan sebagai pembersih darah, anti radang dan diuretik. Juga bisa digunakan mengatasi penyakit wanita seperti haid tidak teratur dan keputihan. Selain itu tanaman Pecut Kuda juga dimanfaatkan untuk mengobati hepatitis, antidiabetes, pengobatan masalah kulit, mengatasi ketegangan dan juga masalah tidur atau insomnia. Pecut Kuda ternyata juga bisa digunakan membersihkan luka. Penelitian juga menemukan dan menunjukkan tanaman ini bersifat toksik terhadap nyamuk aedes aegyptii dan berpotensi dimanfaatkan sebagai larvasida atau adultisida untuk mencegah penyakit demam berdarah. Pecut Kuda juga berkhasiat antioksidan.

Berikut adalah cara penggunaan tanaman Pecut Kuda untuk pengobatan :

Pecut Kuda untuk Obat Hepatitis A

5 hingga 10 tangkai bunga Pecut Kuda dicuci bersih dan dirajang kasar, lalu rebus dengan 3 gelas air yang sudah ditambahkan gula batu secukupnya. Biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas, lalu saring dan dinginkan. Minum setiap hari hingga sembuh.

Pecut Kuda untuk Obat Radang Tenggorokkan dan Batuk

Sebanyak kurang lebih 50 gram tanaman Pecut Kuda, 2 potong kencur, 2 siung bawang putih dicuci bersih dengan air mengalir. Tumbuk atau blender kesemua bahan hingga halus, lalu tambahkan setengah gelas air gula, lalu aduk rata. Peras dan saring airnya, untuk kemudian diminum. Lakukan 2-3 kali sehari selama 3-5 hari.

Pecut Kuda untuk Obat Keputihan

50 gram akar pecut Kuda dicuci bersih dan dirajang kasar. Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan dan saring. Jadikan 2 bagian untuk diminum pagi dan sore hari.

Pecut Kuda untuk Obat Rematik

Sekitar 10-60 gram seluruh bagian Tanaman Pecut Kuda dicuci bersih dan dirajang kasar. Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan dan saring. Jadikan 2 bagian untuk diminum pagi dan sore hari.

 

Sumber: Sehat Alami dengan Herbal-250 Tanaman Berkhasiat Obat (Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB & Gagas Ulung-Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama)

Check Also

Tidak Cocok Dengan Pasta Gigi Biasa? Buat Sendiri Pasta Gigi Anda Di Rumah! Gigi Lebih Putih Dan Bersih!!

Tahukah Anda, bahwa selama perjalanan hidup kita, orang dewasa dapat mengkonsumsi hingga 75 liter pasta ...

...