Home / Artikel Kesehatan / Psoriasis Penyakit Autoimun Kulit Lawan dengan Herbal Alami

Psoriasis Penyakit Autoimun Kulit Lawan dengan Herbal Alami

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang mengenai kulit, ditandai dengan sisik yang berlapis berwarna keperakan, disertai dengan penebalan warna kemerahan dan rasa gatal atau perih. Bila sisik ini dilepaskan maka akan timbul bintik perdarahan di kulit dibawahnya

Gejala psoriasis yang utama adalah ruam memerah, kulit terkelupas, menebal, dan terasa kering serta bersisik. Gejala ini terkadang terasa gatal atau perih dan dapat muncul di semua bagian tubuh, tapi umumnya di lutut, punggung bagian bawah, siku atau kulit kepala.
Pengaruh Sistem Kekebalan Tubuh

Penyebab psoriasis secara pasti belum diketahui. Tetapi penyakit ini diduga terkait dengan gangguan autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang secara keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat.

Psoriasis muncul ketika produksi sel-sel kulit tubuh terjadi secara berlebihan. Pada kondisi normal, tubuh akan memproduksi dan mengganti sel-sel kulit yang mati dalam beberapa minggu sekali. Tetapi pengidap psoriasis akan mengalaminya dalam hitungan hari sehingga terjadi penumpukan sel-sel kulit yang akhirnya membentuk penebalan kulit.

Faktor keturunan juga dianggap dapat berperan dalam munculnya psoriasis. Selain itu, ada beberapa faktor risiko yang diduga dapat memicu penyakit ini. Di antaranya, infeksi tenggorokan, cedera pada kulit, serta akibat penggunaan obat-obatan tertentu.

penderita Psiorasis juga harus menerapkan diet khusus. Seperti menghindari daging merah, gorengan, makanan yang diawetkan, durian, ayam broiler. Dari pengalamannya makanan tersebut jika dikonsumsi akan menjadi pemicu munculnya gejala psoriasis. Dan jauhi pemicu lainnya seperti stres, alkohol, infeksi, serta cedera kulit.
Apabila ada di antara anda ataupun orang-orang yang ada di sekitar anda mengalami penyakit psoriasis yang mana penderitanya akan mengalami pergantian kulit yang terlalu cepat maka segeralah tangani secepatnya dengan cara yang alami yang relatif bebas dari berbagai efek samping yang membahayakan tubuh kita. Pakai saja daun kubis untuk menyembuhkan penyakit kulit psoriasis.
Cukup fungsikan daun kubis yang ada di bagian luar yang berwarna hijau dan tebal daunnya untuk kompres kulit-kulit penderita penyakit psoriasis. Daun kubis yang luar tebal warna hijau merupakan daun yang paling efektif terbaik untuk mengatasi / mengobati penyakit psoriasis. Selamat mencoba semoga lekas sembuh dengan kompres daun kubis.

Cuka sari buah apel

Cuka sari buah apel bisa melembutkan dan mengurangi peradangan pada kulit. Cuka sari apel mengandung antiseptik di dalamnya yang bisa mempercepat penyembuhan dan mencegah gatal. Campurkan satu sendok teh cuka itu dengan secangkir air hangat. Oleskan cairan tersebut pada kulit dan pijat lembut selama satu hingga dua menit. Anda juga bisa menuangkan setengah cangkir cuka apel dalam air untuk berendam.

Cabai rawit

Cabai rawit mengandung agen anti peradangan yang kuat dan bisa menjaga kulit dari infeksi. Cabai juga bisa mempercepat penyembuhan dan mengurangi ruam pada kulit. Gunakan krim cabai yang bisa ditemukan di apotek-apotek.

Minyak jarak

Minyak jarak dapat menghidrasi kulit yang sangat kering. Minyak itu bisa memperbaiki tekstur kulit dan mencegah infeksi. Gunakan beberapa tetes minyak di bagian kulit yang mengalami masalah.
Baking soda

Baking soda bisa menghilangkan gatal, meredam radang, dan mengurangi sisik kulit. Campurkan satu sendok teh baking soda dengan empat sendok teh air dalam mangkuk. Buatlah pasta yang lembek lalu oleskan ke area kulit bermasalah dengan kain steril.

Dadih

Minuman fermentasi susu ini bisa menjadi obat yang baik untuk psoriasis. Minum dua gelas dadih setiap hari untuk mengurangi peradangan pada kulit.

Check Also

Bahkan Dokter Terkejut, Minyak Kelapa Mampu Membunuh Kanker Hingga 93%

Statistik terbaru menunjukkan bahwa kanker usus besar adalah kanker yang paling umum diderita di dunia ...

...