Home / Artikel Kesehatan / Suka Makan Ikan Laut? Ini Dia Manfaat Kesehatannya

Suka Makan Ikan Laut? Ini Dia Manfaat Kesehatannya

Mengonsumsi ikan laut bagi kebanyakan orang Indonesia tidaklah aneh, apalagi bagi mereka yang tinggal di sekitar wilayah Indonesia Timur. Ikan laut begitu digemari karena memiliki rasa khas yang sangat lezat. Tak hanya rasanya yang sedap, banyak hasil dari penelitian yang mendukung konsumsi ikan laut karena kandungan gizinya yang memiliki manfaat besar untuk kesehatan.

Ikan termasuk bahan makanan berkalori rendah namu dengan kandungan protein tinggi. Ikan juga kaya kandungan asam lemak omega 3 yang dibutuhkan tubuh. Walaupun suplemen asam lemak omega 3 banyak ditemukan di pasaran, ahli menyarankan untuk memperolehnya langsung dari makanan, termasuk dari ikan laut.

Jika Anda jarang makan ikan laut, sebaiknya mulai sekarang Anda perlu mempertimbangkan untuk menambahkan ikan laut dalam daftar menu makan Anda sehari-hari. Mau tahu kenapa, berikut alasannya.

1. Mencegah penyakit jantung

Penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 40 ribu wanita menunjukkan, golongan yang lebih sedikit mengonsumsi ikan berisiko lebih tinggi mengalami gangguan jantung, jika dibandingkan yang mengonsumsi ikan minimal satu kali per minggu. Demikian juga dengan mengonsumsi ikan yang kaya lemak omega 3 dapat menekan tingkat lemak dalam darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung, menurut penelitian lainnya.

2. Merangsang Otak

Dalam protein ikan, terdapat kandungan zat yang mampu merangsang pertumbuhan otak, terutama untuk balita. Zat tersebut lebih dikenal taurine, yang bekerja dengan baik untuk merangsang sel otak yang masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan.

Zat lain yang mampu merangsang perkembangan otak adalah asam lemak Omega 3 (EPA dan DHA). Karena sebagian besar otak manusia mengandung zat omega 3, sehingga dipercaya untuk membantu perkembangan sel otak. Menurut penelitian terakhir, anak yang diberi manfaat minyak ikan akan memiliki daya ingat lebih kuat.

3.  Baik bagi mereka yang memiliki Penyakit Kardiovaskular

Mengonsumsi ikan setidaknya setiap minggu sekali dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke dengan mengurangi pembekuan darah dan peradangan, meningkatkan elastisitas pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar lemak darah, dan meningkatkatan kadar kolesterol ‘baik’

4. Melawan Serangan Kanker

Kandungan asam omega-3 yang terdapat pada daging ikan mampu mengurangi resiko terjangkit berbagai macam penyakit kanker sebesar 30 – 50% terutama pada jenis kanker rongga mulut, kerongkongan, usu besar, payudara dan prostat.

5. Baik bagi Penglihatan Bayi

Bayi yang disusui ibu yang makan ikan laut memiliki penglihatan yang lebih baik, ini mungkin karena asam lemak omega 3 ditransmisikan dalam ASI.

6. Baik bagi penderita Diabetes

Ikan juga baik bagi para penderita diabetes, ikan dapat membantu penderita diabetes mengelola kadar gula darah mereka. Ini karena ikan laut termasuk bahan makanan rendah kalori. Asalkan diolah dengan tepat manfaat makan ikan laut akan dapat maksimal.

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...