Home / Apotik Hidup / Tuntaskan Masalah Bau Mulut, Perut Kembung, dan Sakit Tenggorokan Dengan Kapulaga

Tuntaskan Masalah Bau Mulut, Perut Kembung, dan Sakit Tenggorokan Dengan Kapulaga

Rempah yang satu ini sangat mudah dikenali karena memiliki bentuk dan aroma yang sangat khas dan kuat. Biasanya Kapulaga kerap kali digunakan sebagai bumbu masak pada masakan timur tengah, seperti gulai, krengsengan, nasi kebuli, dan lain sebagainya. Orang arab juga suka mencampur Kapulaga dalam minuman hangat seperti teh atau kopi. Kapulaga (Amomum compactum) selain sangat bermanfaat dalam menambah cita rasa masakan juga sangat berkhasiat untuk pengobatan.

Berikut beberapa khasiat dan manfaat Kapulaga untuk kesehatan:

1. Rempah-rempah nan eksotis ini mengandung banyak senyawa kimia alami yang diketahui memiliki sifat anti-oksidan, mencegah penyakit dan meningkatakan kesehatani.

2. Biji Kapulaga yang pedas ini mengandung banyak minyak atsiri termasuk pinene, sabinene, myrcene, phellandrene, limonene, 1, 8-cineole, terpinene, p-cymene, terpinolene, linalool, linalyl asetat, minyak terpinen-4, a-terpineol, a asetat -terpineol, sitronelol, nerol, geraniol, metil eugenol, dan trans-nerolidol.

3. Sifat terapeutik kapulaga telah digunakan di banyak obat-obatan tradisional sebagai antiseptik, antispasmodik, karminatif, pencernaan, diuretik, ekspektoran, stimulan, obat perut dan tonik.

4. Kapulaga merupakan sumber yang baik dari mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium. Dalam 100 g kapulaga mengandung 1119 mg elektrolit ini. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.

5. Selain itu, Kapulaga juga merupakan sumber yang sangat baik dari besi dan mangan. 100 g bijian  ini mengandung 13,97 mg atau 175% dari tingkat harian-yang kebutuhan tubuh akan zat besi. Zat Besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan metabolisme sel. Mangan adalah co-faktor untuk enzim, superoksida dismutase, dan merupakan antiradikal bebas yang sangat kuat.

6. Selanjutnya, Kapulaga kaya vitamin penting, termasuk riboflavin, niasin, vitamin-C yang penting untuk kesehatan yang optimal.

Berikut cara penggunaan Kapulaga sebagai obat:

1. Menghilangkan bau mulut

8 buah kapulaga, 1 cangkir daun pegagan dicuci lalu diseduh dengan 1/2  gelas air. Tutupi. Setelah dingin, disaring dan diminum pagi-pagi pada saat perut masih kosong.

2. Perut Kembung dan Mulas

7 butir Buah Kapulaga  sangrai dan ditumbuk kasar, 10 butir biji jati belanda sangrai dan ditumbuk kasa, dalam cangkir tambahkan air mendidih 100 ml, seduhlah. Lalu minum seperti minum teh hangat.

3. Mengobati batuk

Biji kapulaga dicuci, dikunyah-kunyak. Cairannya ditelan.

4. Radang Tenggorokan

Seduh dalam 100 ml air panas 10 butir kapulaga yang sudah ditumbuk kasar dan rimpang kunyit yang ditumbuk kasar. Saring dan diminum 2 kali sehari pagi dan sore hari.

sumber: http://www.nutrition-and-you.com/cardamom.html

Buku “Sehat Alami dengan Herbal/ 250 Tanaman Berkhasiat Obat” (Oleh: Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB & Gagas Ulung)

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...