Home / Artikel Kesehatan / Waspada! Bunga-Bunga Cantik Yang Berbahaya Ada di Sekitar Kita

Waspada! Bunga-Bunga Cantik Yang Berbahaya Ada di Sekitar Kita

Perhatikan dengan seksama gambar dari tanaman ini dan jika anda pergi kehutan dan melihat tanaman ini sebaiknya segera menghindar.Waspada Bunga Bunga Cantik Yang Berbahaya Ada di Sekitar kita

Walaupun kurang populer disebut sebagai tanaman hias, namun tanaman ini seringkali juga tumbuh liar hutan bahkan di pekarangan bersama bunga lain. Bahayanya, ia memiliki racun yang sangat mematikan. Ciri ciri tanaman ini adalah memiliki daun seperti bentuk hati dan biasanya tumbuh di hutan hujan di Timur Laut Australia dan Maluku Indonesia. Bahkan, racun tanaman ini mampu membunuh anjing, kuda, apalagi manusia. Hanya orang yang beruntunglah bisa bertahan hidup dari racun tanaman ini, karena saking kuatnya jenis racun yang terkaandung. Jika anda sedang pergi kehutan sebaiknya berhati-hati jika melihat tanaman jenis ini karena sakit yang ditimbulkan bisa berbulan bulan hingga bertahun tahun.

Bahkan, meskipun tanaman ini sudah mengering selama beratus-ratus tahun, namun racunnya terkandung masih tetap ada dan sama ampuh dan menyakitkan dengan ketika masih segar. Gympie Gympie memiliki daun berbentuk hati dengan buah berwarna ungu, daun batang dan buah tanaman ini biasanya ditumbuhi bulu halus. bulu halus inilah yang mampu menembus kulit korbannya dan melepaskan jenis racun moroidin.
Terkadang hanya berdiri di dekat tanaman ini anda bisa merasakan gatal, bahkan hingga bisa mimisan jika menghirup rontokan bulu dari tanaman ini.

Kecubung atau bunga terWaspada Bunga Bunga Cantik Yang Berbahaya Ada di Sekitar kitaompet mengandung racun halusinogen

Tanaman hias yang satu ini juga indah dan merupakan tanaman yang mengandung racun. Perlu anda ketahui bahwa tanaman ini mengandung zat yang disebut hallucinogen, yaitu yang yang dapat membuat seseorang mengalami halusinasi. Kandungan yang terdapat didalam bunga terompet atau bunga kecubung ini adalah atropine, hyoscyamine dan scopolamine yang diklasifikasikan sebagai zat penghilang kesadaran atau anticholinergics. Efek lebih lanjut dapat merusak syaraf otak, yang akibatnya bisa membuat orang seperti linglung bahkan kematian.

 

Waspada Bunga Bunga Cantik Yang Berbahaya Ada di Sekitar kita
Waspada Bunga Bunga Cantik Yang Berbahaya Ada di Sekitar kita

Meskipun tidak seganas racun tanaman Gympie Gympie, namun tanaman Bunga Nerium Oleander juga harus anda waspadai. Ini adalah Tanaman hias yang dikenal sangat cantik dan rajin berbunga – bahkan tanaman ini seringkali dijadikan sebagai hiasan. Tanaman hias ini mengandung racun tanaman seperti Oleandrin dan Neriine yang dapat menyebabkan gangguan sistem saraf, ganggaun pencernaan, hingga menganggu kerja sistem peredaran darah.

Pada kondisi yang parah, gejala yang ditimbulkan dapat terjadi secara bersamaan. Jika terkena racun dari tanaman ini manusia dapat mengalami gejala seperti mual, muntah, tubuh bergetar, denyut jantung tidak teratur, rasa sakit yang amat sangat pada kepala, koma, bahkan hingga berujung kematian. Getah dari tanaman ini juga dapat menyebabkan iritasi kulit dan kebutaan pada mata jika terpapar. Oleh karena itu jika anda memiliki tanaman hias jenis ini sebaiknya harus berhati hati terutama dengan getahnya.

oleanderOleander adalah tanaman paling mematikan di dunia. Hal ini juga sangat populer sebagai semak hias. Hanya satu daun dapat membunuh orang dewasa, dan keracunan yang fatal dapat dihasilkan dari paparan minimal pada ranting, bunga dan buah. Tanaman ini mengandung banyak racun, termasuk nerioside, oleandroside, saponin, dan glikosida jantung. Meskipun asli bagian dari tanaman Mediterania dan Asia, sekarang banyak dibudidayakan di seluruh dunia. Kematian di antara kuda dan ternak umum terjadi. Setelah dicerna, oleander bekerja secara bersamaan pada sistem saraf, sistem kardiovaskuler, dan saluran pencernaan.

tanaman juga memiliki kandungan beracun alkanoid aconite yang mampu membuat seseorang menderita sesak pada dada.Bunga cantik berwarna ungu ni adalah Monkshood. Tanaman ini tampak seperti bunga biasa,  sampai Anda belajar bahwa julukan untuk monkshood sebenarnya “wolfsbane”. Itu karena tanaman ini oleh petani digunakan sebagai alat  pemusnah serigala yang sangat efektif.  Monkshood memiliki bukti dapat sangat berbahaya bagi makhluk hidup. Tanaman ini memiliki kandungan beracun alkanoid aconite yang mampu membuat seseorang menderita sesak pada dada.

Check Also

Bahkan Dokter Terkejut, Minyak Kelapa Mampu Membunuh Kanker Hingga 93%

Statistik terbaru menunjukkan bahwa kanker usus besar adalah kanker yang paling umum diderita di dunia ...

...