Home / Artikel Kesehatan / Waspada Jika Tidur Dengan Hewan Kesayangan Anda, Kesehatan Anda Dan Anak Dalam Bahaya!

Waspada Jika Tidur Dengan Hewan Kesayangan Anda, Kesehatan Anda Dan Anak Dalam Bahaya!

Jika Anda adalah pemilik hewan peliharaan, maka ada kemungkinan besar bahwa Anda membiarkan hewan peliharaan Anda di ruang tamu, dapur dan bahkan kamar tidur Anda. Jelas, hewan peliharaan bisa sangatlah menyenangkan dan menghibur, tapi setiap pemilik hewan peliharaan harus menyadari masalah yang mungkin terjadi. Bahwa kebiasaan membawa hewan peliaharaan Anda ke tempat tidur bisa berbahaya. Pemilik hewan peliharaan harus tahu bahwa membiarkan anjing,  kucing atau hewan peliharaan lainnya di kamar tidur Anda dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang serius. Hal ini terutama berlaku ketika pada individu dengan kekebalan yang lemah dan anak-anak kecil karena mereka tidak dapat melawan mikroorganisme yang ditemukan pada hewan peliharaan.

Ini adalah fakta yang mana telah diketahui bersamal bahwa anjing dan kucing membawa parasit dan ini adalah alasan mengapa pemilik hewan peliharaan harus waspada dan dapat melihat penyakit dalam tahap awal dan mendapatkan perawatan yang memadai dan menggunakan teknik yang tepat untuk menyembuhkan jika terjadi sakit.

Dalam periode belakangan ini ada beberapa survei dan laporan yang telah menyoroti fakta bahwa sekitar 60% dari pemilik kucing dan 55% dari pemilik anjing di Amerika Serikat tidur dengan hewan peliharaan mereka setiap hari. Tentu saja, tren ini tidak terkait hanya dengan Amerika. Hal yang sama terjadi di Jepang, Inggris, Australia, Belanda, Perancis dan Jerman.

Dengan kata lain, praktek ini diikuti seluruh dunia. Jelas, itu bukan kesalahan hewan peliharaan ‘bahwa begitu banyak orang menyukai mereka . Itulah mengapa Anda harus mengambil semua risiko yang mungkin menjadi pertimbangan sebelum Anda membiarkan hewan peliharaan Anda ada di tempat tidur.

Ada banyak konsekuensi negatif yang datang sebagai akibat dari praktek ini bagi Anda dan seluruh anggota keluarga.
^ Penyakit yang bisa ditularkan dari hewan peliharaan kita

# Cacing pita atau cacing tambang :

Cacing tambang terutama ditularkan dari kotoran hewan, atau tanah yang terkotori. Manusia bisa tertular melalui telur atau larva melalui kulit dari tanah yang terkotori, yaitu ketika berjalan tanpa alas kaki di taman atau kebun yang sering disinggahi hewan.

# Cacing gelang :

Cacing gelang pada penampakannya sekilas mirip dengan spaghetti. Hewan yang terinfeksi oleh cacing ini jarang menunjukkan gejala yang Anda kenali. Mungkin suatu saat Anda akan melihat tanda-tanda cacing gelang didalam kotoran dan muntahan anjing atau kucing.

# Toksoplasmosis :

Toksoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan oleh zoonosis vertebrata berdarah panas, yaitu yang paling umum terjadi pada kucing dan manusia. Yang paling beresiko terhadap toksoplasma adalah wanita hamil dan orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah. Sebagai contoh, orang dengan AIDS berisiko lebih besar tertular infeksi toksoplasmosis, daripada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Anak-anak juga berisiko lebih tinggi tertular toksoplasma.

# Penyakit Lyme :

Lyme adalah penyakityang ditularkan oleh kutu jenis kutu Ixodes, yang juga dikenal dengan deer tick atau kutu berkaki hitam. Kutu menularkan organisme Lyme kepada anjing atau manusia, dan keduanya bisa mengalami infeksi.

Penyakit Lyme akut menyebabkan demam dan kelesuan.

# Kudis :

Kudis ini disebabkan oleh tungau kecil, dan ditularkan melalui peralatan perawatan dan kandang hewan piaraan yang terkontaminasi. Kudis akan menyebabkan hewan peliharaan Anda menggaruk bahkan menggigit kulitnya. Rasa gatal parah yang disebabkan oleh tungau betina yang bertelur pada beberapa milimeter di bawah permukaan kulit. Telur tungau ini akan menetas dalam 3 sampai 10 hari . Tungau yang belum dewasa kemudian berkembang menjadi dewasa dan akan bertelur.

Jika Anda adalah pemilik hewan peliharaan atau Anda tahu seseorang yang memiliki hewan peliharaan, berbagi artikel ini dan membantu orang lain menjadi sadar akan bahaya ini.

sumber: Via Healthy Life Center

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...