Home / Artikel Kesehatan / 5 Warna Kuku Yang Mengungkap Kondisi Kesehatan Anda

5 Warna Kuku Yang Mengungkap Kondisi Kesehatan Anda

Tubuh kita miliki “bahasa” sendiri, dan setiap kali ada sesuatu yang salah, ia memastikan untuk mengirimkan berbagai sinyal. Kuku dapat mengungkapkan beberapa penyakit yang paling ditakuti, beberapa yang bisa berakibat fatal jika tidak didiagnosis pada tahap awal.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memperhatikan kuku Anda sekalipun itu perubahan kecl.

1. Ujung kuku berwarna gelap

Ini mungkin hanya menjadi tanda penuaan. Menurut Mayo Clinic, itu juga dapat menunjukkan gejala diabetes, penyakit hati atau bahkan gagal jantung .

2. Kuku putih

Jika kuku Anda berwarna putih, mungkin menunjukkan masalah hati atau hepatitis.

3. Kuku kuning

Salah satu penyebab paling umum dari kuku kuning adalah infeksi jamur. Sebagai akibat  infeksi yang memburuk, kuku menjadi mundur dan  kuku bisa menebal juga rapuh. Dalam kasus yang jarang terjadi, kuku kuning dapat mengindikasikan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid parah, penyakit paru-paru, diabetes atau psoriasis

4. Kuku hijau

Jika kuku Anda telah perlahan-lahan mulai berubah menjadi hijau, ini mungkin menunjukkan psoriasis kuku atau infeksi kuku parah jamur, meskipun juga dapat menunjukkan penyakit kuning, TBC, sinusitis atau lyphoedema.

5. Kuku Coklat

Kuku coklat mungkin menunjukkan kekurangan gizi atau bahkan penyakit tiroid (hipotiroidisme dan hipertiroidisme).

Jika Anda melihat bahwa kuku Anda memiliki dua warna yang berbeda (misalnya, mereka mungkin setengah coklat dan setengah putih), ini mungkin menunjukkan gagal hati.

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...