Home / Artikel Kesehatan / Alasan Mengapa Harus Rutin Makan Buah Pepaya

Alasan Mengapa Harus Rutin Makan Buah Pepaya

Kebanyakan orang berpikir buah pepaya hanyalah buah yang lezat dan manis untuk disantap.Tapi tahukah anda jika seluruh bagian pepaya, termasuk biji, kulit buah, kulit kayu dan akar juga menawarkan sifat gizi dan obat yang telah digunakan di sepanjang sejarah.

Pepaya adalah buah tropis, dikenal sebagai carica papaya dan juga disebut pepaya, paw paw (Australia), mamao (Brazil) dan pohon melon. Hal ini berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Tengah, tetapi sekarang tumbuh di hampir setiap negara beriklim tropis. Hari ini, di Amerika Serikat, sebagian besar supermarket mendapat suplai pepaya dari Hawaii, yang berukuran kecil, kulit berwarna kuning- oranye dengan daging buah berwarna merah muda.

Tinggi Dalam Antioksidan

Buah pepaya merupakan sumber terkonsentrasi antioksidan kuat dan vitamin C dan A. Antioksidan membantu mencegah tubuh dari oksidasi sel, yang menciptakan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas berkontribusi memicu banyak penyakit kronis dan berperan dalam kesehatan kulit dan penuaan.

vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang penting bagi banyak fungsi tubuh, meningkatkan imunitas dan melawan penyakit. Hal ini diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan semua jaringan. Tubuh Anda tidak membuat vitamin C atau menyimpannya, sehingga makanan yang kaya vitamin C diperlukan untuk menjaga ketersediaannya. seporsi yaitu sekitar  1 cangkir pepaya memberikan lebih dari 230% dari RDA (75-90 mg).

vitamin A

Beta-karoten adalah jenis vitamin A kita semua paling akrab dengan. Hal ini ditemukan dalam makanan nabati seperti sayuran dan buah-buahan dan antioksidan. Vitamin A membantu mendukung kesehatan kulit, visi, jaringan lunak, membran mukosa, gigi dan tulang. Hal ini juga percaya bahwa beta-karoten dapat membantu mengurangi risiko kanker. Pepaya adalah salah satu buah dengan tingkat tertinggi vitamin A dan akan memberikan 44% dari RDA (700-900 mcg atau 2.300-3.000 IU) dalam 1 cangkir.

Manfaat Gizi lainnya

Pepaya juga mengandung tingkat tinggi nutrisi bermanfaat lainnya, termasuk folat (vitamin B9), kalium, magnesium, serat dan untuk tingkat yang lebih rendah, sejumlah vitamin dan enzim lainnya.

Folat, juga dikenal sebagai vitamin B9, membantu untuk mendukung fungsi adrenal, menjaga sistem saraf yang sehat dan membantu fungsi metabolisme. Ini adalah elemen penting dalam pertumbuhan dan perkembangan manusia, sehingga sangat penting bagi wanita hamil. Pepaya mengandung 21% dari RDA (400-600 mcg) dalam 1 cangkir melayani.

Kedua kalium dan magnesium adalah elektrolit penting yang membantu untuk mengatur aliran cairan dan nutrisi dalam tubuh serta menjadi dasar untuk fungsi saraf dan otot. Pepaya memberikan 12% dari RDA untuk kedua magnesium dan kalium.

Di luar vitamin dan mineral, pepaya mengandung enzim papain, yang merupakan bantuan pencernaan yang kuat dan juga digunakan dalam pengobatan arthritis. Papain berasal dari buah, kulit kayu dan daun pepaya.

7 Manfaat Atas Kesehatan Makan Pepaya

Dengan konsentrasi tinggi nutrisi penting, pepaya memberikan daftar mengesankan akan manfaat kesehatan.

1. Pepaya merupakan anti-inflamasi dan membantu melindungi tubuh terhadap rheumatoid arthritis dan kondisi autoimun lainnya.
2. Meningkatkan kesehatan pencernaan.
3. Meningkatkan kekebalan tubuh.
4. Melindungi diri terhadap penyakit jantung.
5. Perlindungan terhadap degenerasi makula.
6. Mengurangi risiko prostat dan usus besar.
7. Mendukung kulit yang sehat.

Ini semua adalah alasan besar untuk  membeli beberapa buah pepaya hari ini. Pastikan untuk mencari varietas organik atau non-transgenik untuk memaksimalkan kebaikan buah ini untuk Anda. Mulailah dengan semangkuk potongan buah pepaya. Kemudian Anda bisa mencoba membuat smoothie pepaya dengan menambahkan potongan  mangga atau nanas.

 

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...