Home / Artikel Kesehatan / Bunga Pepaya, Biar Pahit Namun Jitu Turunkan Kolesterol dan Sembuhkan Tukak Lambung

Bunga Pepaya, Biar Pahit Namun Jitu Turunkan Kolesterol dan Sembuhkan Tukak Lambung

Pepaya memiliki nama ilmiah Carica Papaya adalah tanaman serbaguna. Dari buah, bunga, daun dan bijinya dapat dikonsumsi entah sebagai obat maupun sebagai bahan makanan.

Pepaya sudah begitu merakyat di masyarakat kita. buahnya sangat mudah ditemui dijual di pasar-pasar tradisional maupun modern. Daunnya dimasak sebagai sayur pelengkap menu sehari-hari. yang menarik bunganya juga sama hebatnya dalam memberi manfaat kesehatan pada tubuh.

Berikut adalah manfaat kesehatan yang didapat dari konsumsi bunga pepaya.

1.Mencegah kanker

Beberapa riset menunjukkan makan bunga pepaya bisa turunkan tingkat peradangan tubuh. Peradangan ini seringkali jadi awal dari timbulnya sel tumor mengganas sebagai kanker.  Ini karena bunga pepaya mengandung antioksidan yang tinggi.

2.Menyembuhkan sakit maag

Masih karena kandungan anti-oksidannya yang tinggi yang bersifat antiinflamasi yaitu dapat  mengurangi peradangan pada lambung. Selain itu, lemak “jahat” pemicu kolesterol dapat dihindarkan.

3.Menyehatkan pencernaan

Kandungan enzim papain dalam bunga pepaya juga tinggi, enzim ini juga terdapat pada buahnya. Enzim itu membantu kerja pencernaan lebih baik serta menjauhkan sembelit.

4.Menambah nafsu makan

Meskipun rasanya yang pahit, bunga pepaya sangat efektif untuk meningkatkan nafsu makan. Masaklah bunga pepaya sebagai tumisan yang dapat disantap bersama nasi.

5. Kaya anti-oksidan

Berbagai zat  anti-oksidan dalam bunga pepaya bermanfaat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Yaitu dengan cara mencegah kerusakan oksidatif terhadap sel yang bila tidak dicegah dapat menimbulkan berbagai penyakit.

 

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...