Home / Artikel Kesehatan / Cara Mudah Hapus Zat Pestisida Pada Buah Dan Sayuran Anda

Cara Mudah Hapus Zat Pestisida Pada Buah Dan Sayuran Anda

Dengan harga pangan semakin lama semakin selangit dan tidak ada Kontrol pasti dan hukuman dari pemakaian yang berakibat residu pestisida dalam buah-buahan dan sayuran, buah-buahan segar dan sayuran akan segera menjadi barang mewah bagi mereka yang mampu membeli produk organik kimia.

Sumber untuk residu pestisida dalam makanan kita bisa melalui penerapan pemakaian pestisida pada tanaman, dengan residu yang tersisa dalam buah-buahan dan sayuran  dapat menjadi penyebab beberapa penyakit akut dan kronis. Jadi yang utama adalah menghapus kandungan pestisida, sebanyak yang kita bisa, adalah langkah pertama ke depan.

Sebagai konsumen kita tidak memiliki kontrol pada penggunaan pestisida yang disemprotkan pada buah-buahan dan sayuran di peternakan dan pertanian tetapi ada beberapa cepat teknik “lakukan sendiri” yang dapat membantu kita menyingkirkan runtuk sebagian besar residu .

Institut Nasional Gizi (NIN), rilis Dietary Guidelines for India baru-baru ini. Dalam Panduan Pedomannya Badan itu  telah memperkenalkan beberapa langkah sederhana yang harus dipakai oleh setiap rumah tangga untuk menghilangkan pestisida kontaminasi residu. Langkah-langkah mudah yang harus dilakukan ialah

Pencucian

Langkah pertama dalam penghapusan residu pestisida dari produk makanan adalah dengan  mencucinya. Mencuci dengan air garam 2% ini akan menghapus sebagian besar residu kontak pestisida yang biasanya muncul di permukaan sayuran dan buah-buahan.

Sekitar 75-80% dari pestisida terkurangi dan dikeluarkan oleh air dingin. Residu pestisida yang ada di permukaan buah-buahan seperti anggur, apel, jambu, plum, mangga, peach dan pir dan sayuran buah seperti tomat, terung dan okra memerlukan 2-3 kali pencucian.

Sayuran berdaun hijau harus dicuci secara menyeluruh. Residu pestisida dari sayuran berdaun hijau dikeluarkan memuaskan oleh proses normal seperti mencuci blanching dan memasak.

Cara Mencuci dirumah sayur dan buah

Isi sebaskom besar (atau wastafel didapur Anda yang sebelumnya telah dibersihkan, tentunya!) dengan 1 bagian cuka dan 4 bagian air. Biarkan buah-buahan / sayuran terendam dalam campuran ini selama satu jam (apel non-organik bisa rendam selama 30 menit sampai satu jam). Bilas lagi dengan air, dan  siap untuk dimakan!

sumber: http://www.myhealthyadvices.**m/easy-way-remove-pesticides-fruits-vegetables/

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...