Home / Artikel Kesehatan / Gusi Anda Bengkak? Jangan Panik, Atasi Dengan Cara Alami Ini

Gusi Anda Bengkak? Jangan Panik, Atasi Dengan Cara Alami Ini

Kadang kala secara tiba-tiba kita merasakan aneh pada gusi kita. Keanehan itu berupa pembengkakan gusi. Ini sebenarnya umum terjadi. Pembengkakan gusi atau radang gusi dapat disebabkan banyak hal. Seperti faktor-faktor berikut ini.

1. Gingivitis

Gingivitis merupakan penyakit gusi yang disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk, yang memungkinkan plak menumpuk pada garis perbatasan gusi dan gigi.

2. Kehamilan

Perubahan hormon pada wanita sering dituding sebagai penyebab mereka mengalami gusi bengkak.Hormon tubuh selama kehamilan dapat meningkatkan aliran darah di gusi. Peningkatan aliran darah dapat menyebabkan gusi menjadi lebih mudah teriritasi, dan kemudian menyebabkan gusi bengkak

3. Kekurangan Gizi

Terutama kekurangan asupan vitamin B dan C. Kondisi ini akan mengakibatkan gusi menjadi bengkak.Karena kedua vitamin tersebut memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan gusi.

4. Infeksi Bakteri atau Jamur

Gunakanlah cara alami untuk mengatasi keluhan gusi bengkak Anda, misalnya dengan berkumur dengan air garam atau dengan air rebusan daun sirih. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin C dan B untuk mendukung kesembuhan gusi Anda. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan mulut terutama gigi dan gusi, dengan cara menyikat gigi setelah makan agar gusi bengkak Anda tidak lagi kambuh.

Check Also

4 Tips Mujarab Menggunakan Minyak Cengkeh Untuk Mengobati Asma, Bronkhitis dan Sinusitis

Dalam dunia pengobatan miinyak cengkeh dapat memiliki banyak manfaat kesehatan. Cengkeh adalah tanaman asli India ...

...