Home / Artikel Kesehatan / Hal yang Harus Dilakukan Bila Sariawan Mendera Si Buah Hati

Hal yang Harus Dilakukan Bila Sariawan Mendera Si Buah Hati

Sariawan merupakan gejala sebuah penyakit yang tidak hanya dialami orang dewasa saja, faktanya anak-anak dan bayi juga bisa menderita sakit sariawan ini.  Bagi orangtua akan terasa menyedihkan melihat anak buah cintabya mengalami sadkit sariawan sehingga ia jadi sulit makan dan minum. Sariawan pada bayi atau anak dapat terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah asupan makanan sang bayi sehingga muncul berbagai bakteri pemicu sariawan.

Sariawan dapat dicegah dengan langkah mudah. Di antaranya adalah dengan menjaga kebersihan mulut (misalnya rajin sikat gigi dan berkumur), menjaga kebersihan gigi palsu yang digunakan, serta berhenti merokok. Selain itu, merawat dan memeriksakan kondisi mulut serta gigi secara teratur ke dokter gigi juga dapat membantu menurunkan risiko munculnya sariawan.

Kali ini Infoherbalis.com akan membagi beberapa tips untuk penanganan sariawan pada bayi dan anak anda. Bukankah lebih baik mengetahui sejak dini sehingga ketika anak terkena sariawan Anda tak panik lagi. Jadi sudah seharusnya kita mengetahui cara mengatasi sariawan pada bayi daripada menyaksikan buah hati anda mengalaminya sendiri.

1. Asupan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi

Saat buah hati kesayangan bunda sedang menderita sariawan, pastikan bahwa si Kecil mendapatkan asupan cairan yang cukup karena biasanya anak anda akan mengalami penurunan nafsu makan ketika sariawan dideritanya. Bila kebutuhan cairan buah hati Anda terpenuhi, ini dapat menghindarkan anak dari risiko dehidrasi.

Bunda juga bisa memberikan anak minuman dan makanan dengan kandungan vitamin B, C, dan zat besi yang tinggi untuk membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan pada anak anda. Misalnya seperti, apel, jeruk, tomat, dan sayuran yang dapat dibuat jus, sehingga mudah untuk dikonsumsi dan tidak akan menyebabkan rasa sakit. Selain itu, vitamin B, C, dan zat besi pun bisa diperoleh dari susu.

2. Suapi si Kecil perlahan-lahan

Ketika Anak Anda menderita sariawan, sebaiknya Ibu tetap menyuapinya tapi dengan perlahan-lahan agar anak tidak kekurangan nutrisi sekaligus menjaga agar sariawannya tidak tersentuh oleh sendok yang digunakan untuk makan. Ajarkan pada anak Anda untuk makan perlahan-lahan agar makanan yang di kunyah tidak mengenai mulutnya karena sariawan.

3. Gunakan gelas untuk minum si Kecil

Ketika anak menderita sakit sariawan, sebaiknya hindari penggunaan botol saat bunda memberikan minuman untuknya. Maksudnya agar menghindari adanya kontak langsung dengan sariawan, karena hal ini bisa membuat sariawan di mulutnya terasa nyeri atau sakit. Kalau gejala sariawan tidak kunjung sembuh dalam beberapa hari atau bahkan minggu, maka sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter.

Check Also

6 Makanan Alami Untuk Mengatasi Pendarahan Berlebih Saat Menstruasi Pada Wanita

Siklus menstruasi seorang wanita kadang jadi sangat menyakitkan akibat gangguan tertentu pada organ reproduksinya. Tak ...

...