Home / Artikel Kesehatan / Jamur, Si Parasit Berkhasiat Obat

Jamur, Si Parasit Berkhasiat Obat

Ada sekitar 140 000 spesies jamur yang tercatat bahkan lebih banyak lagi. Hanya 10% dari spesies jamur yang sering dikenal, Penggunaan Jamur sebagai obat juga sangatlah besar padahal banyak jenis jamur yang belum dikenal dan dimanfaatkan, sementara itu zat kandungan dalam jamur sangat berpotensi dan berguna bagi kesehatan manusia.

Penggunaan jamur dalam diet manusia dan obat-obatan kembali beberapa abad. Keuntungannya bagi kesehatan manusia sudah diakui oleh kedokteran Cina, yang disebut ” Obat Kehidupan Abadi”. Di sisi lain, jamur dapat sangat beracun hingga dapat membunuh seorang kaisar. Jamur dapat bersifat halusinogen.

Ganoderma lucidum, juga disebut Reishi adalah jamur obat terkenal dan salah satu sumber senyawa obat yang paling efektif yang berasal dari alam.

Jamur , Sumber Pengobatan Baru Sebagai Anti Bakteri

Jamur memiliki  beragam cara hidup. Mereka hidup sebagai parasit, saprotrophs atau bentuk mikoriza. Selain itu, mereka harus bersaing untuk sumber daya dan membela diri terhadap organisme patogen dan predator di lingkungan mereka. Ini semua hasil dalam produksi berbagai zat bioaktif.

Apa yang  benar-benar Jamur tawarkan bagi kesehatan manusia?

Salah satu Jamur andalan yang terkenal sebagai imunomodulator atau peningkat system kekebalan tubuh adalah Jamur Shiitake ( Lentinus edodes ), jamur ini mengandung bahan kimia yang berkhasiat untuk medis.

Jamur jenis schyzopylan dan lentinan yang memiliki sifat imunomodulator bias tumbuh dengan baik di iklim tropis seperti Cina dan Jepang.

Jamur lingzhi (Ganoderma sp) merupakan salah satu jenis jamur yang dikenal masyarakat sebagai jamur obat. Bahkan saat ini jamur yang memiliki bentuk seperti kipas ini disebut sebagai raja obat dari jamur, karena khasiatnya dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Manfaat : Jamur lingzhi merupakan bahan obat yang sering digunakan sebagai campuran minuman atau dibuat dalam bentuk kapsul. Kandungan senyawa yang terdapat dalam jamur lingzhi berkhasiat meningkatkan kesehatan dan kebugaran konsumennya, serta bisa juga sebagai pencegah kanker dan mencuci bahan-bahan beracun yang ada di dalam tubuh.

Masih banyak jenis Jamur yang diyakini memiliki khasiat obat bahkan telah ada penelitiannya.

diolah dari berbagai sumber

 

Check Also

Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Kurap atau disebut juga ringworm adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, ...

...