Home / Artikel Kesehatan / Jangan Dibilang Cengeng! Menangis Ternyata Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Jangan Dibilang Cengeng! Menangis Ternyata Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Air mata selalu dikaitkan dengan sifat cengeng. Dan sifat cengeng kerap diidentikkan dengan kelemahan. Padahal menangis merupakan salah satu cara melampiaskan emosi yang sangat wajar dan punya manfaat tersendiri. Bukankah semenjak manusia dilahirkan komunikasi yang pertama ia lakukan dengan sekitarnya dengan cara menangis? Jadi menangis sangat alamiah dan bahkan menangis bisa menjadi suatu karunia dari Tuhan karena tangisan dapat keluar dari hati yang lembut. Ternyata tangisan memiliki banyak manfaat bagi kita, coba cek informasi berikut.

Menangis dapat membersihkan mata

Saat kita menangis junlah air mata akan meningkat drastis, dan air mata dapat membanjiri rongga mata sehingga ini dapat membilas kotoran dan debu yang menempel di sekitar mata. Dengan menangis mata menjadi lembab dan sehat.

Menangis dapat membunuh kuman di mata

Air mata ternyata memiliki kandungan lysozyme, yaitu senyawa yang dapat membunuh hingga 90 persen bakteri yang bercokol di mata. Jadi sepertinya tanpa obat tetes mata kita bisa membersihkan mata kita hanya dengan menangis.

Menangis dapat menghilangkan stress

Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...