Home / Artikel Kesehatan / Jangan Sepelekan! Berikut Tanda-Tanda Penyakit Kanker Payudara yang Wajib Anda Ketahui

Jangan Sepelekan! Berikut Tanda-Tanda Penyakit Kanker Payudara yang Wajib Anda Ketahui

Kanker payudara merupakan penyakit pembunuh kedua bagi wanita setelah kanker serviks. Juga penyakit pembunuh kedua setelah kanker paru-paru. Tak hanya menyerang kaum wanita namun penyakti ini juga menyasar pada pria!

Di Indonesia kanker payudara, merupakan penyakit kanker dengan kasus terbanyak kedua setelah kanker serviks. Penderita kanker payudara di Indonesia pada tahun 2013 (Profil Kesehatan Indonesia tahun 2008) sebanyak 5.207 kasus.

Setahun kemudian pada 2005, jumlah penderita kanker payudara meningkat menjadi 7.850 kasus. Tahun 2006, penderita kanker payudara meningkat menjadi 8.328 kasus dan pada tahun 2007 jumlah tersebut tidak jauh berbeda meski sedikit mengalami penurunan yakni 8.277 kasus.

Harus disadari bahwa, jika kanker payudara terdeteksi pada stadium dini, kemungkinan untuk sembuh dan pulih kembali sangat tinggi, sehingga, orang yang didiagnosa kanker payudara stadium dini, sesudah menjalani terapi yang diperlukan, kemungkinan untuk hidup sehat tanpa kanker sangat tinggi.

Bagaimana mengetahui secara dini gejala Kanker Payudara? Perhatikan tanda-tanda seperti berikut ini.

# Ukuran dada

Bila salah satu ukuran payudaramu membesar dalam jangka waktu yang relatif cepat, tak diragukan lagi ini merupakan pertanda kanker payudara. Maka sebaiknya waspasdai jika Anda merasa adanya perubahan ukuran payudara secara drastis.

# Bengkak

Terdapat Pembengkakan di payudara, sekecil apa pun peradangan atau pembengkakan itu Anda tetap harus mewaspadainya. Bengkak terkadang diiringi dengan gejala seperti demam. Juga biasanya payudara akan terasa lebih hangat dan berubah warna menjadi kemerahan atau ungu.

# Bentuk Puting tidak normal

Jika Anda sedang tidak menyusui tapi terjadi perubahan pada bentuk puting seperti tertarik ke luar atau ke dalam, atau terjadi perubahan warna juga Puting payudara terlihat menyusut atau keluar cairan, maka Anda patut curiga adanya gejala kanker payudara pada diri Anda.

# Merah disertai rasa gatal

Munculnya tekstur yang agak menonjol atau benjolan di bagian payudara, ini sudah menjadi gejala umum dari kanker payudara. Apalagi apabila dibarengi dengan kemerahan yang disertai gatal. Segera periksakan sekarang juga apabila mendapat tanda-tanda itu!

# Payudara sakit

Sebenarnya payudara yang sakit bisa disebabkan banyak hal. Seperti hormon, pengobatan kesuburan, hingga masalah bra yang terlalu kencang. Tapi kalau sakit yang Anda alami tidak ada hubungannya dengan semua hal yang sudah disebutkan, periksalah segera ke dokter.

# Perubahan Tekstur

Beberapa bagian permukaan payudara tampak lesung ke dalam dan juga Tekstur kulit payudara berubah menjadi seperti “kulit jeruk”

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...