Home / Artikel Kesehatan / Mandi Dan Minum Air Dingin Dalam Tinjauan Ruqyah Dan Ilmiah , Efektif Sembuhkan Sakit Medis Dan Non Medis

Mandi Dan Minum Air Dingin Dalam Tinjauan Ruqyah Dan Ilmiah , Efektif Sembuhkan Sakit Medis Dan Non Medis

MANDI DAN MINUM AIR DINGIN UNTUK KESEMBUHAN DARI PENYAKIT MEDIS DAN NON MEDIS
بسم ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺣﻤﺪﺍ ﻛﺜﻴﺮﺍ ﻃﻴﺒﺎ ﻣﺒﺎﺭﻛﺎ ﻓﻴﻪ ﻭﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺒﻌﻮﺙ ﺭﺣﻤﺔ ﻟﻠﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻭﺁﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﺳﻠﻢ.ﺃﻣﺎ ﺑﻌد:
Bagi orang yang mau menghayati setiap ayat Alquran,ia akan menemukan keajaiban-keajaiban yang akan membuat imannya semakin bertambah dan merasakan betapa Agungnya Allah SWT yang telah menurunkan Alquran ini.Didalamnya penuh dengan segala sesuatu yang kita butuhkan untuk kebaikan dunia dan akhirat.Sayang sekali sedikit dari kita yang mau menghayatinya!Untuk itu kali ini saya ingin mengajak pembaca untuk sama-sama kita hayati dan renungkan rahasia dari firman Allah سبحانه وتعالى berikut:

وَاذْكُرْ عَبْدَنَا أَيُّوبَ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الشَّيْطَانُ بِنُصْبٍ وَعَذَابٍ * ارْكُضْ بِرِجْلِكَ ۖ هَٰذَا مُغْتَسَلٌ بَارِدٌ وَشَرَابٌ.

“Dan ingatlah akan hamba Kami Ayyub ketika ia menyeru Tuhan-nya: “Sesungguhnya aku diganggu syaitan dengan kepayahan dan siksaan”.(Allah berfirman)Hantamkanlah kakimu; inilah air yang sejuk untuk mandi dan untuk minum”.( Sad:41-42).
Para pembaca yang dirahmati Allah!Sebelum kita berbicara mengenai faidah air dingin didalam ayat diatas yang bercerita tentang kesembuh dari penyakit non medis,alahkah baiknya kita ketahui beberapa faidah air dingin secara medis berikut ini:
1. Dapat Menutup Pori-Pori kulit agar kotoran tidak masuk.
2. Memelihara Minyak Alami pada Kulit.
3. Mencegah kerontokan rambut.
4. Membuat rambut Mudah diatur.

Sekarang marilah kita membicarakan faidah air dingin untuk kesembuhan dari penyakit non medis/gangguan setan.Sebagaimana kita ketahui setan itu diciptakan dari api.
وَخَلَقَ الْجَانَّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ

“Dan Dia menciptakan Jin dari nyala api (maarij)”.(Ar-
Rahman:15).

Jadi loginya untuk memadamkan api tentu kita harus menggunakan air.Ayat diatas memberikan kita informasi mengenai bagaimana kita mengatasi gangguan penyakit non medis dengan menggunakan air dingin yaitu dengan cara mandi dan minum.Adapun yang sudah di praktekkan adalah dengan cara sebagai berikut:

1. Sediakan air yang dingin(bisa dengan menaruh es batu) yang cukup untuk mandi lalu diruqyah.

2. Yakin dengan pertolongan Allah dengan sebab Alquran.

3. Niatkan dalam hati seperti ini:”Ya Allah Engkau telah menyembuhkan Nabi-Mu Ayyub dari gangguan setan dengan mandi dan minum air dingin,maka sembuhkan lah hamba-Mu yang lemah ini dengan air ini dari segala penyakit yang menimpa hamba.Aamiiiin”.(Redaksinya bisa anda buat sendiri).

4. Minum sedikit dari air tersebut dan berendam sambil membaca ayat kursi atau surah As-Shofaat:1-10.

Bila anda benar-benar ada gangguan sihir,dan gangguan setan,dengan izin Allah akan sembuh.Lakukan cara ini sampai anda sembuh.Demikian semoga bermamfaat.Aamiiiin
Mandi Dan Minum Air Dingin Dalam Tinjauan Ruqyah Dan Ilmiah , Efektif Sembuhkan Sakit Medis Dan Non Medis
MANFAAT MANDI AIR DINGIN BAGI KESEHATAN

Kebanyakan orang biasanya lebih memilih untuk mandi air hangat ketimbang air dingin. Mandi air panas atau air hangat rasanya memang enak dan nyaman. Bayangkan bila Anda pulang ke rumah setelah seharian beraktivitas, menumpang kendaraan umum berdesakan dengan orang lain, dengan mandi air panas rasanya akan membuat semua kotoran dan rasa lelah lenyap seketika.

Padahal, dengan mandi air dingin lebih banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh ketimbang mandi air hangat. Mandi air panas juga ternyata membuat kulit kering dan mudah keriput. Sebab, air yang panas akan meluruhkan minyak alami yang terdapat pada kulit.

Anda harus tahu bahwa mandi dengan air dingin dapat membantu meningkatkan metabolisme, mencegah cedera otot pasca latihan dan mengatur kadar asam urat dalam tubuh Anda. Masih banyak lagi manfaat mandi air dingin yang bisa Anda peroleh seperti dikutip dari kompas.com berikut ini:

1. Kesuburan pria

Mungkin masih sangat sedikit orang yang tahu fakta ini, bahwa mandi air dingin dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Di sisi lain, mandi air panas tidak baik untuk testis Anda, karena dapat berpotensi menurunkan jumlah sperma. Jika Anda ingin berencana untuk memiliki seorang anak, saatnya untuk mandi di air dingin. Berpikirlah kembali jika Anda berencana untuk mengunjungi sauna atau mandi uap.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Ketika air dingin mengenai permukaan kulit, pembuluh darah di bawah permukaan kulit akan mengkerut. Hal ini akan mengurangi sirkulasi darah, tetapi pada saat yang sama mekanisme tekanan darah secara otomatis akan menghancurkan dan menargetkan jaringan. Hal ini menyebabkan darah bersikulasi dengan dorongan lebih besar, sehingga aliran darah menjadi lebih kuat dalam meningkatkan sirkulasi.

Air yang hangat akan mengalirkan darah ke kulit, sedangkan air dingin mengalirkan darah ke organ-organ tubuh. Perubahan antara panas dan dingin ini akan memicu sirkulasi yang lebih baik dalam darah, dengan memaksa darah untuk bergerak. Anda disarankan untuk mengubah air panas dan dingin beberapa kali, dan mengakhiri mandi dengan air dingin untuk membantu sirkulasi darah tersebut.

Kita perlu memastikan sirkulasi darah yang baik karena hal ini dapat mencegah berbagai kondisi, seperti hipertensi, pengerasan arteri, dan urat-urat kaki yang menonjol (varises). Sirkulasi darah yang baik akan memperbaiki sistem tubuh kita, sekaligus membuat penampilan kita lebih menarik.

3. Membangun kekebalan tubuh

Anda ingin meningkatkan sel darah putih? Mandilah air dingin, karena itu akan meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya meningkatkan panas tubuh dan menghidupkan kembali sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan sel darah putih.

4. Meningkatkan metabolisme

Ketika seseorang merasa kedinginan, biasanya mereka akan mengenakan baju hangat untuk menghangatkan tubuh. Begitu pula saat tubuh Anda disiram air dingin, secara otomatis tubuh akan menghasilkan panas, yang membuat metabolisme tubuh meningkat dengan cepat. Saat itulah karbohidrat dan lemak dibakar untuk membuat Anda merasa hangat.

5. Mencegah cedera

Setelah Anda melakukan aktivitas fisik, otot-otot akan meradang dan Anda butuh waktu untuk membuat otot-otot Anda menjadi rileks. Untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, serat pada otot Anda akan membesar dan mengerut. Oleh karena itu, untuk mencegah serat otot pecah karena aktivitas fisik yang berlebihan, mandilah dengan air dingin.

6. Air dingin dan irama tubuh

Air dingin dapat memperdalam pernapasan Anda dan membantu melawan kelelahan. Bahkan jika Anda mengalami masalah tidur, mandi air dingin dipercaya bisa memembuat tidur menjadi lebih nyenyak.

7. Wajah lebih berkilau

Uap air panas cenderung akan membuka pori-pori. Dengan pori-pori wajah yang terbuka, kotoran akan lebih mudah dibersihkan. Namun, setelah selesai membasuh wajah, sebaiknya Anda menutup kembali pori-pori yang terbuka dengan mengguyurkan air dingin ke wajah. Membasuh wajah yang sudah bersih dengan air dingin juga akan mencegah pori-pori tersumbat kotoran dan minyak, yang menyebabkan masalah pada kulit seperti jerawat. Selain itu, air dingin juga membuat pembuluh darah menyempit sehingga mengurangi pembengkakan dan munculnya lingkar hitam di bawah mata. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih berkilau.

8. Rambut lebih sehat

Seperti yang telah dikatakan tadi, air panas akan membuka pori-pori. Bayangkan bila pori-pori pada kulit kepala Anda terbuka, tentu rambut jadi mudah rontok. Sebaliknya, air dingin akan menutup kutikula yang menyebabkan rambut menjadi lebih kuat dan mencegah kotoran terkumpul di kulit kepala. Rambut yang lebih kuat juga tak akan mudah tercabut ketika Anda menyisirnya, dan dengan sendirinya memperlambat kerontokan rambut. Tak hanya itu, air dingin juga membuat rambut Anda lebih berkilau. Sebab, air dingin tidak melenyapkan minyak alami yang terdapat pada kulit kepala dan rambut.

9. Tubuh lebih bugar

Ingin bisa mengawali hari dengan tubuh yang segar dan bugar? Mandilah dengan air dingin, karena air dingin akan membantu “membangunkan” saraf-saraf dalam tubuh Anda. Selepas mandi air dingin, Anda juga lebih dapat mengatasi udara dingin di luar rumah. Hal ini berbeda dengan mandi air panas, yang akan membuat tubuh menjadi lemas. Itu sebabnya, mandi malam dengan air panas membuat Anda siap tidur nyenyak.

10. Manfaat lainnya

Mandi air dingin dapat mengurangi nyeri kronis, mengurangi nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, fungsi ginjal, mengurangi pembengkakan dan mengatur sistem saraf otonomik.

Mandi air dingin akan membuat Anda berenergi dan menguatkan seluruh esensi kehidupan Anda. Anda jadi lebih waspada dan bersemangat.
Perbedaan Mandi Air Hangat dan Mandi Air Dingin
Baik mandi menggunakan air hangat atau air dingin memiliki khasiat tersendiri. Berikut beberapa khasiat dari keduanya.

Mandi menggunakan air hangat

Meningkatkan oksitosin yang berperan membuat rasa cemas yang dialami seseorang jadi berkurang. Dengan rasa cemas yang kurang, orang tersebut akan terhindar dari depresi dan stress.
Otot kaku yang kita rasakan akibat aktivitas berat, dapat diusir pakai air hangat. Kita akan merasa ada yang memijat tubuh saat berendam dan membuat otot normal dan fit lagi.
Yang terakhir, bukan mandi pakai air hangat melainkan minum air hangat yang bermanfaat mengatasi masalah tenggorokan, melegakan batuk pilek, dan batuk berdahak, karena minum air hangat dapat untuk antibiotik alami.

Mandi menggunakan air dingin

Mandi air dingin sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit. Membuat rambut berkilau dan kulit tak kusam.
Redakan pegal di badan pun dapat dilakukan dengan mandi air dingin.
Kesejukan air dingin pegunungan yang suhunya kurang lebih dua puluh derajat membuat kita rileks.
Mandi di air dingin membuat badan segar dan dapat bernapas dengan lebih baik akibat paru-paru yang terbuka.

Keduanya, mandi air hangat atau dingin memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Walaupun ada beberapa efek yang sama seperti meredakan otot kaku dan meredakan pegal, membuat rileks agar terhidar dari stress dan depresi. Intinya, kenali kondisi tubuh kita, sehingga kita dapat mengambil tindakan yang tepat bagi tubuh.

Bila Anda belum terbiasa mandi air dingin, cobalah cara ini secara bertahap. Misalnya, dengan mulai mengurangi kadar hangat yang Anda gunakan saat mandi. Pelan-pelan, buatlah menjadi lebih kurang hangatnya, mulai dingin, dan akhirnya dingin sama sekali. Mulailah dengan mengguyur kaki lebih dulu, baru perlahan mengguyur tubuh bagian atas. Bila sudah terbiasa, Anda akan menaklukkan rasa “takut” pada air dingin. Kelak, Anda bahkan tak akan sempat memikirkan apakah air tersebut dingin atau tidak.

Sumber : Ustad Salahudin Al Sasaki
Kompas .com

Check Also

Daun Inggu Ternyata Bisa Untuk Penyakit Gangguan JIN

MANFAAT DAUN INGGU UNTUK PENYAKIT GANGGUAN JIN. بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين ...

...