Home / Artikel Kesehatan / Manfaat Keju untuk Kesehatan Sudah Ditemukan Sejak 8.000 Tahun yang Lalu, Ini Kata Ibnu al Qayyim

Manfaat Keju untuk Kesehatan Sudah Ditemukan Sejak 8.000 Tahun yang Lalu, Ini Kata Ibnu al Qayyim

Keju terbuat dari bahan baku susu, baik itu susu sapi, kambing atau kerbau. Keju berasal dari wilayah Timur Tengah, lebih tepatnya di wilayah sekitar perbatasan antara Irak, Syria dan Turki pada masa sekarang. Bukti tertulis tentang kapan persisnya keju mulai dibuat manusia sampai saat ini tidak ditemukan. Namun, sebagian sejarawan meyakini bahwa keju sudah dikonsumsi manusia sejak 8.000 tahun yang lalu.

Keju ditemukan secara tidak sengaja. Susu yang terlalu lama disimpan dalam kantong-kantong yang terbuat dari lambung domba atau hewan ternak lain yang dikeringkan dan terkena matahari langsung berubah menjadi air yang pucat dan gumpalan-gumpalan putih, serta mengubah susu tersebut menjadi keju yang dikenal saat ini.
Sarjana Ibn al-Qayyim dalam pengobatan Thibbun nabawinya  berkata tentang keju:

Keju yang basah dan tidak bergaram ,amatlah baik untuk lambung,mudah tersuplai keseluruh keseluruh organ tubuh, bisa menambah gemuk,meringankan perut secara stabil. Yang bergaram yang asin , lebih sedikit nilai gizinya daripada yang basah, kurang baik untuk lambung, berbahaya untuk usus, bahkan yang sudah lama disimpan membikin sakit perut. Sedangkan untuk keju bakar berguna untuk obati koreng dan mencegah mencretm baik untuk pencernaan

Keju dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis yang sangat luas: segar dan matang, tergantung pada bagaimana mereka dibuat. Segar (unripened) keju siap untuk dimakan setelah whey dikeringkan dari dadih. Mereka dapat ditekan atau dicetak menjadi berbagai bentuk, tetapi mereka hampir semua halus dalam rasa dan cukup lembut, susu atau olesan di tekstur. Yang paling populer keju segar Ricotta, Mascarpone, keju cottage, quark dan Cream cheese.

Dengan keju matang atau usia, dadih selanjutnya dikeringkan dengan berbagai metode termasuk memasak, perendaman atau bakteri inokulasi. Ini adalah beberapa kategori dari keju matang:

Keras: Dimasak, ditekan, dan biasanya berusia setidaknya selama dua tahun, keju ini tegas dan kering. varietas terkenal termasuk Parmesan dan Pecorino.

Semi-Firm: keju ini dimasak dan ditekan, tetapi tidak berusia selama keju keras. Mereka umumnya perusahaan, tetapi tidak rapuh. keju semi-perusahaan populer termasuk Cheddar, Swiss, dan Edam.

Semi-Soft: Lembut, namun sliceable, keju ini ditekan dan dapat dimasak atau mentah. keju semi lunak mencakup Feta dan Gouda.

Soft-matang: keju permukaan-matang ini tidak dimasak atau ditekan. Sebaliknya mereka mengalami berbagai proses bakteri untuk mematangkan mereka dari luar ke dalam. Varietas termasuk Brie dan Camembert.

Seperti kehidupan penyimpanan terkait dengan kadar air dari keju, lebih lembut keju, jumlah waktu yang lebih singkat akan tetap segar. Secara umum, perusahaan dan semi-perusahaan keju akan terus selama dua minggu sementara keju lembut atau parut akan terus selama sekitar satu minggu.

Keju yang diawetkan

keju olahan biasanya campuran keju segar dan berusia dikombinasikan dengan pewarna menambahkan, pengawet, dan emulsifier (untuk kelancaran dan kemudahan mencair). Hal ini juga dipasteurisasi untuk menghentikan proses pematangan, memberikan kehidupan rak lagi, tapi kurang bergizi dan tidak memiliki rasa dibandingkan dengan keju alami.

Manfaat kesehatan dari keju

Keju mengandung berbagai nutrisi penting; itu adalah sumber kalsium, untuk membangun tulang yang kuat; protein penting; vitamin D, untuk membantu menyerap kalsium; pilihan vitamin B untuk sistem saraf pusat; Vitamin A sebagai kanker tempur; dan bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Keju juga memasok seng dalam bentuk yang mudah diserap, penting untuk fungsi reproduksi pria. Serta tingkat tinggi kalsium, keju juga mengandung fosfor, yang menggabungkan dengan kalsium untuk memperkuat tulang, baik untuk pertumbuhan anak. Ini protein-konten membantu untuk membangun kekuatan otot

Simak manfaat keju bagi tubuh berikut:

1. Kesehatan mata

Keju mengandung banyak vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan mata anda. Selain itu, vitamin A yang terkandung dalam keju membantu menjaga kesehatan kulit dan perlindungan dari infeksi.

2. Membantu pertumbuhan gigi dan tulang

Kalsium adalah mineral yang amat penting bagi manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar syaraf, kerja jantung, dan pergerakan otot. Keju mengandung kalsium yang cukup tinggi, sehingga baik bila dikonsumsi anak-anak, misalnya untuk membantu pertumbuhan gigi dan tulang serta membekukan darah pada luka sehingga luka cepat kering.

3. Pembangun jaringan otot

Keju juga mengandung protein yang cukup tinggi. Selain itu keju juga mengandung asam amino yang lengkap, misalnya jenis BCAAs (isoleucine, leucine, dan valine) sehingga berperan dalam sintesis protein untuk pembangun jaringan otot, metabolisme sel-sel tubuh, dan tulang.

4. Membuat tidur lebih nyenyak

Mengonsumsi keju yang cukup akan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik, karena keju mengandung triptofan. Triptofan terbukti mampu mengurangi stres dan stabilisasi syaraf otak dan membantu berhenti mengkhawatirkan hal-hal aneh. Ini berarti bahwa jika mengonsumsi keju sebelum tidur maka akan membuat lebih mudah tertidur dan menghilangkan pikiran-pikiran aneh penyebab susah tidur.

5. Membantu sintesa DNA dan menjaga fungsi syaraf

Vitamin B2 yang terkandung dalam keju mempunyai peranan penting dalam metabolisme energi, dan diperlukan dalam metabolisme lemak, zat keton, karbohidrat dan protein. Jadi mengkonsumsi keju dapat membantu menjaga kesehatan dengan cara memperlancar proses metabolisme dalam tubuh. Keju juga mengandung vitamin B6 yang membantu metabolisme asam amino dan lemak, serta menjaga kesehatan kulit dan sistem syaraf. Sedangkan B12 (kobalamin) dalam keju adalah sebuah vitamin larut air yang berperan penting dalam berfungsi normalnya otak dan sistem syaraf, serta dalam pembentukan darah. Vitamin B12 mampu membantu pematangan sel-sel darah merah, membantu sintesa DNA dan menjaga fungsi syaraf.

 

sumber : metode Pengobatan nabi

Check Also

6 Cara Mencerahkan Kulit Gelap Di Bagian Pribadi Anda Secara Alami

Perawatan tubuh tidak hanya melibatkan bagian-bagian tubuh Anda yang terlihat tetapi juga bagian pribadi Anda. ...

...