Home / Artikel Kesehatan / Manfaat Kesehatan Biji Selasih, Si Hitam yang Imut-Imut

Manfaat Kesehatan Biji Selasih, Si Hitam yang Imut-Imut

Di bulan Puasa biasanya biji hitam yang imut-imut ini banyak dicari dan digunakan sebagai bahan pelengkap minuman segar. Memang bentuk dan rasanya yang unik membuat selasih cocok untuk dihidangkan sebagai minuman dingin.

Tak disangka biji hitam yang imut-imut ini ternyata banyak memebrikan manfaat kesehatan bagi kita,Kandungan dalam biji selasih antara lain eugenol, tymol, serta metal eugenol. Zat ini lah yang memberikan dampai bagi bag kesehatan kita di antaranya:

1. Mengurangi dampak buruk Nikotin

Biji Selasih dapat berperan dalam meminimalkan efek negatif dari Nikotin, ini baik bagi mereka yang perokok.

2. Memperkuat imunitas/ kekebalan tubuh terhadap penyakit

Selasih sangat  efisien dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ini karena kandungan vitamin C serta anti-oksidan yang ada didalamnya cukup tinggi.

3. Bisa mengobati sembelit serta perut kembung

Biji selasih mempunyai khasiat karminatif yaitu mengeluarkan angin dari dalam tubuh. Efek ini dapat menolong menyembuhkan  banyak masalah pencernaan seperti perut kembung, kolik atau kram perut.Ia uga dapat melancarkan BAB karena kandungan seratnya yang tinggi dan mudah dicerna.

Selasih juga bisa digunakan untuk pengobatan radang lambung, 5 gr biji selasih direbus bersama 200cc air, tambahkan 1 sdm madu, lalu minum airnya di waktu masihlah hangat.Konsumsi ini di waktu pagi hari serta petang.

4. Biji selasih dapat mengatasi sakit batuk

Biji selasih mempunyai sifat anti spasmodik yang berguna dalam menolong penyembuhkan batuk rejan. Biji ini seringkali digunakan untuk ekspektoran ataupun obat batuk. Buatlah secangkir teh yang ditambah dengan biji selasih untuk mengatasi sakit batuk yang membandel.

5. Membantu meredakan masalah pernapasan

Minumlah jahe yang sudah diseduh dan tambahkan biji selasih dan madu, ini dapat dipakai untuk obat alami dalam menangani masalah saluran pernapasan seperti penyakit asma serta brnkhitis. Atau juga dapat dilakukan dengan merebus jahe dan selasih berbarengan dalam satu gelas air. Sesudah dingin, kita saring airnya. Lalu berikan madu seperlunya dan diminum.

6. Menurunkan kadar gula darah

Menurut sutter gould medical foundation, kemampuan biji selasih untuk menolong menormalkan kadar gula darah pada pasien diabetes type 2 sangat baik. Diluar itu, selasih juyga efisien dalam mengendalikan tingkat nafsu makan.

Itulah sebagian kecil dari dari manfaat besar biji selasih bagi kesehatan kita,Semoga bermanfaat!

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...