Home / Resep Ramuan Herbal / Manfaat Terapi Minyak Zaitun Dan Bay Leaf atau Daun Salam

Manfaat Terapi Minyak Zaitun Dan Bay Leaf atau Daun Salam

Literatur luar memang sering menyebut daun salam sebagai Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel. Namun yang dimaksud Indonesian bay leaf adalah daun salam dengan nama ilmiah Syzygium polyanthum, bukan bay leaf dengan nama latin Laurus nobilis.

Bay leaf adalah bumbu masakan Eropa dan sebagian negara Timur Tengah. Daun bay sering digunakan dalam keadaan kering maupun segar. Di Eropa, daun dari tanaman berkayu keluarga Lauraceae ini sangat populer sebagai bumbu masak. Seperti di Prancis, daun bay biasanya dibuat bouquet garni, yaitu aneka bumbu dasar kaldu yang diikat menjadi satu dan digunakan sebagai bumbu membuat kaldu.

Daun salam yang biasa kita gunakan untuk memasak dikenal dengan nama Indonesian Bay Leaf atau dengan nama latin Syzygium polyanthum. (Lihat foto Bay Leaf kering dibawah ini)
Aroma Terapi Minyak Zaitun Dan Bay Leaf atau Daun Salam , Bagus Manfaatnya

Berbeda jenis dengan bay leaf yang biasa digunakan dalam masakan barat yang hanya dapat memberikan efek aroma kuat setelah daun dikeringkan, daun salam Indonesia ini dapat digunakan dalam keadaan segar. Bay leaf kering biasanya tidak mudah robek dan berwarna coklat muda dan cerah. Sementara daun salam kering lebih mudah koyak jika dikeringkan dan akan berwarna gelap kehitaman.
Aroma bay leaf tidak setajam aroma yang dapat ditimbulkan oleh daun salam saat dimasak. Walaupun tidak masalah juga bay leaf digunakan sebagai pengganti daun salam jika daun salam Indonesia sukar didapat.
Aroma Terapi Minyak Zaitun Dan Bay Leaf atau Daun Salam , Bagus Manfaatnya

Artikel ini akan  menunjukkan cara untuk membuat minyak penyembuhan ini, tentang manfaat penyembuhan Bay leaf dan bagaimana menggunakannya.

Manfaat kesehatan dari Bay leaf:

  • mengurangi rasa sakit
  • menenangkan sistem saraf
  • Meningkatkan dan merangsang keringat
  • memperkuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Meningkatkan aktivitas mental Anda secara keseluruhan

Anda juga bisa menggunakan metoda  penyembuhan menggunakan minyak ini untuk mengobati varises dan nyeri sendi. Berikut resepnya.

Bahan:

30 gram daun bay/ Bay leaf
250 ml minyak zaitun

caranya:

Pertama, Anda perlu menghancurkan daun tersebut hingga kecil-kecil dan tuangkan sedikit minyak zaitun di atasnya. Kemudian, tempatkan campuran ke dalam botol kaca, tutup rapat dan biarkan di tempat yang gelap dan dingin selama 14 hari. Pastikan Anda mengocok botol beberapa kali selama disimpan.  Setelah 2 minggu, saring cairan minyak  menggunakan sepotong kain kasa ke dalam wadah lain. Pastikan Anda menyimpan minyak ini di ruangan dingin dan gelap.

Bagaimana cara menggunakannya:

Jika perlu, Anda dapat memanaskan minyak ini. Kemudian, gosokkan minyak ini secara menyeluruh pada sendi yang sakit. Selain untuk mengobati nyeri sendi, Anda juga bisa menggunakan minyak penyembuhan ini untuk mengobati bisul yang meradang, migrain dan infeksi telinga. Jika Anda memiliki sakit kepala yang parah, maka Anda perlu menerapkan minyak penyembuhan di kulit kepala. Ini akan membuat rasa sakit hilang seketika.

Manfaat kesehatan dari minyak ini adalah:

Kombinasi minyak zaitun dan bay leaf   ini juga dapat menggantikan efek aspirin, karena itu dapat mengurangi suhu tubuh yang meningkat karena demam. Ini juga sangat efisien dalam mengurangi dan mengobati sakit perut, masalah usus, menormalkan fungsi hati dan ginjal dan meningkatkan nafsu makan juga.

Minyak ini juga sangat efektif dan berguna untuk mencegah banyak masalah kesehatan yang berbeda. Ia memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk semua jenis infeksi dan juga besar manfaatnya untuk memperkuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda juga bisa menggunakan minyak ini untuk membuat lotion alami buatan sendiri jika Anda memiliki masalah pada kulit wajah, minyak ini sangat efektif dan berguna terhadap jerawat dan komedo.
sumber : http://www.myfitmagazine.**m/do-you-know-what-will-happen-if-you-pour-olive-oil-over-bay-leaves-and-heat-it-on-fire-you-will-be-amazed/

 

Check Also

Madu Dan Zaitun Untuk Detoksifikasi Dan Atasi Segala Keluhan Lambung Anda

Mengapa menggunakan Madu? Tak diragukan lagi, Madu memang sangat baik bagi kesehatan dan bermanfaat untuk ...

...