Home / Artikel Kesehatan / Mawar Mengobati Penyakit Infeksi dan Menyuburkan Rambut

Mawar Mengobati Penyakit Infeksi dan Menyuburkan Rambut

Mawar adalah ratunya bunga, keindahannya begitu tersohor sehingga banyak diburu oleh pecinta tanaman hias. Warna-warni bunganya memang beragam, dengan harum yang semerbak. Bunga mawar telah lama digunakan sebagai bagian dari pengobatan berbasis herbal. Bunga bergenus Rosa ini memiliki kandungan zat berkhasiat yang ampuh digunakan untuk menyembuhka berbagai penyakit.

Kelopak mawar digunakan dalam pembuatan minyak mawar dengan cara penyulingan. Hasil sampingan dari penyulingan adalah air mawar, yang merupakan agen relaksasi yang sangat baik, menenangkan saraf dan menambah rasa untuk berbagai hidangan di seluruh dunia. Essens Mawar kaya akan kandungan flavonoid, tanin, antioksidan, dan vitamin A, B3, C, D dan E, sehingga bermanfaat dalam perawatan kulit. Berikut adalah beberapa penggunaan minyak mawar, air mawar, dan essens mawar.

1. Air Mawar efektif yang mengurangi pembengkakan pembuluh kapiler di bawah kulit.

2.Teh dari kelopak mawar efisien dalam membersihkan kandung empedu dan hati, dan membantu meningkatkan sekresi empedu.

3. Teh mawar juga membantu dalam mengurangi sakit tenggorokan ringan dan infeksi bronkial. Teh mendinginkan tubuh dan mengurangi ruam demam terkait.

4.  Kelopak mawar merupakan unsur penting dalam mencuci mata juga, karena bersifat antiseptik alami.

5. Manfaat air mawar lainnya adalah memberikan gizi pada kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini juga digunakan sebagai produk antibakteri, antiseptik, dan anti-inflamasi. Juga digunakan untuk mengobati kulit kering bersisik, dermatitis, dan eksim.

6. Minyak esensial mawar digunakan bersama dengan minyak pembawa seperti almond atau buah anggur untuk mengobati berbagai penyakit seperti perdarahan, masalah hati, mual, kelelahan, borok, asma, dehidrasi, dan infeksi bakteri pada perut, usus, dan saluran kemih.

7. Daun Mawar digunakan dalam pembuatan air mawar oleh bangsa Persia. Air mawar yang dibuat dari daun mawar memberikan bantuan pada sembelit, membersihkan darah, dan menenangkan pikiran. Selain itu, digunakan pada pengobatan campak dan cacar air.

Tidak ada efek samping yang diketahui terkait dengan penggunaan air mawar atau minyak mawar. Namun demikian, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan ahlinya ketika menggunakan produk apapun sebagai sarana pengobatan.

 

sumber: http://www.diethealthclub.com/health-food/rose-health-benefits.html

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...