Home / Artikel Kesehatan / Obat Sakit Perut Alami Untuk Anak-Anak

Obat Sakit Perut Alami Untuk Anak-Anak

Kasihan sekali jika melihat anak-anak merasakan sakit perut. Sungguh iba melihat mereka memegangi perutnya dan meringis kesakitan karenanya. Sakit perut pada anak memiliki berbagai sebab, diantaranya yang paling sering adalah karena makanan yang ia konsumsi, otot perut yang kram atau teregang bahkan stress psikologis. yang mengejutkan ternyata Alasan otot kram atau teregang serta stress psikologis lah yang menduduki peringkat pertama penyebab sakit perut pada anak. Jadi saat anak Anda mengeluh sakit perut, lebih baik Anda coba dulu obat sakit perut anak alami yang minim efek samping daripada mengambil obat-obatan yang ada di warung atau toko obat.

1. Berikan seecangkir Teh hangat

Buatkan secangkir teh hangat untuk anak Anda. Secangkir Teh hangat dapat menjadi obat sakit perut anak karena memiliki berbagai macam manfaat seperti efek anti radang, menenangkan dan melegakan ketegangan otot. Jadi hanya dengan secangkirkan teh hangat Anda dapat memberikan bantuan menghilangkan rasa tidak nyaman pada perut, melemaskan otot di sekitar perut yang tegang serta mengurangi kram pada dinding saluran pencernaan. Teh dengan sesendok madu akan memberikan manfaat lebih karena madu juga memiliki banyak efek yang baik bagi kesehatan anak Anda.

2. Wedang Jahe

Seduhan jahe merupakan pilihan yang baik sebagai obat sakit perut anak. Jahe mengandung gingerol yang merupakan senyawa antioksidan yang mampu mengurangi sensasi mual dan rasa tidak nyaman pada perut. Jahe juga memiliki efek anti radang serta dapat menetralkan pH di lambung. Berikan seduhan jahe dengan kadar ringan. Namun jangan paksa anak Anda bila ia tidak suka, karena stress psikologis dapat menambah perasaan nyeri pada perutnya.

3. Berikan Kompres hangat

Anda dapat melakukan seperti yang nenek-nenek kita lakukan dulu. Letakkan botol atau botol karet berisi air panas yang dibalut dengan handuk tebal lalu letakkan di perut anak Anda selagi ia duduk atau berbaring. Kompres hangat dapat meredakan nyeri pada perut. Menghangatkan perut dapat menjadi obat sakit perut anak secara alami. Suhu yang hangat dapat meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit perut sehingga dapat menetralkan rasa sakit perut yang datang dari perut bagian dalam. selain meletakkan benda yang hangat, mengoleskan minyak yang menimbulkan rasa hangat juga dapat membantu menghilangkan sakit perut.

4. Hidangkan Makanan yang Agak Tawar

Hindarkan memberikan anak Anda makanan yang terlalu berempah atau terlalu kuat bumbunya. Coba berikan makanan tawar dan lembut seperti nasi, bubur, pasta, yogurt dan roti agar lebih mudah dicerna oleh saluran pencernaan dan dapat mengembalikan fungsi pencernaan menjadi lebih optimal.

Segera bawa Anak Anda ke Dokter jika mengalami sakit perut dengan hal-hal berikut ini!

Anak tidak dapat duduk atau berdiri karena sakit perutnya
Dia tidak membiarkan Anda menyentuh perutnya
Sakit perut disertai demam yang tinggi
Ada lendir atau darah pada feses atau kotorannya
Muntah yang berwarna kekuningan atau hitam atau mengandung darah
Nyeri saat berkemih
BAB lebih dari 4x sehari
Frekuensi dan jumlah air kencing yang menurun
Anak menangis tanpa air mata

Check Also

Dokter Mesir Temukan Obat Pulihkan Penglihatan Dengan Metode Keringat Dalam Al Quran Surah Yusuf

Salah satu perusahaan farmasi Swiss mulai memproduksi obat baru yang disebut “Obat Al-Quran” yang memperbaiki ...

...