Home / Artikel Kesehatan / Seduhan Bunga Cengkeh Ampuh Obati Campak

Seduhan Bunga Cengkeh Ampuh Obati Campak

Campak biasanya menyerang anak-anak karena daya tahan tubuh mereka yang relatif lemah, namun tak menutup kemungkinan bahwa campak dapat menyerang orang dewasa. Orang yang pernah terkena campak biasanya akan kebal terhadap penyakit ini. Penyakit yang disebabkan virus ini sangat mudah menular, karena virus ini berdiam di saluran pernapasan maka biasanya ditukarkan melalui batuk, bersin maupun sentuhan.

Gejala campak yang paling mudah diamati adalah berupa ruam merah yang muncul antara 2-4 hari setelah timbulnya gejala lain. Sebelum ruam merah ini muncul, orang yang terinfeksi campak telah merasakan gejala mirip influenza seperti sakit tenggorokan, batuk, dan bersin. Ketik virus menyerang, virus juga dapat mempengaruhi kelenjar getah bening yang membuat kelenjar membengkak. Demam tinggi, diare, dan sakit mata juga merupakan gejala umum.

Mengobati campak bisa menggunakan cara tradisional. Dulu, ketika ilmu kedokteran barat belum dikenal, orang-orang mengobati sakit campak dengan bahan-bahan alami. Dan ternyata di belakang hari peneliti telah membuktikan bahwa bahan-bahan alami tersebut memang memiliki khasiat obat dan manfaat bagi kesehatan manusia.

Cengkeh atau dengan nama ilmiah Syzygium aromaticum mengandung Minyak esensial yang mempunyai fungsi anestetik dan antimikrobial. Minyak cengkih sering digunakan untuk menghilangkan bau napas dan untuk menghilangkan sakit gigi. Zat yang terkandung dalam cengkih yang bernama eugenol, digunakan dokter gigi untuk menenangkan saraf gigi. Minyak cengkih juga digunakan dalam campuran tradisional chōjiyu (1% minyak cengkih dalam minyak mineral; “chōji” berarti cengkih; “yu” berarti minyak) dan digunakan oleh orang Jepang untuk merawat permukaan pedang mereka.

Berdasarkan penelitian diketahui bahwa minyak cengkeh dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami, memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan metabolisme serta membantu mengatasi stres dan depresi. (Saeed S, Tariq P. Invitro antibacterial activity of clove against gram negative bacteria. Pak. J. Bot 2008;40(5): 2157-60

Berikut adalah cara menggunakan Cengkeh untuk mengobati sakit campak.

10 butir cengkeh direndam dengan air matang selama semalaman tambahkan gula batu aduk rata, saring airnya dan minum sedikit demi sedikit setiap hari hingga campak sembuh.

Diolah dari berbagai sumber.

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...