Home / Artikel Kesehatan / 10 Makanan Penyebab Perut Kembung Dan Solusinya

10 Makanan Penyebab Perut Kembung Dan Solusinya

Kita semua pasti pernah sakit kembung pada satu waktu atau yang lain. Hal ini disebabkan karena perut kita bengkak setelah makan atau minum sesuatu. Hal ini biasanya disebabkan karena gas atau beberapa jenis lain dari masalah pencernaan.
Perut kembung terjadi ketika terdapat gas yang berlebihan pada saluran pencernaan yaitu pada lambung dan usus. Timbulnya gas yang berlebihan itu memiliki banyak penyebab, mengetahui penyebabnya akan mempermudah bagi kita untuk mengatasi perut kembung yang sedang dialami. Gas (flatus) dihasilkan oleh lambung dan usus akibat proses pemecahan makanan menjadi energi. Secara normal semua orang akan membuang gas limbah tersebut melalui kentut, beberapa orang mungkin lebih sering kentut dari yang lain. By the way, sudah berapa kali Anda kentut hari ini?? Apakah jumlah kentut Anda itu normal?? –tidak perlu dijawab :D- Patokan normal buang gas (kentut) ini yaitu antara 6 sampai 20 kali per hari. Apabila terdapat kelebihan gas pada lambung atau usus bagian atas,

Kembung terjadi umumnya dan sekitar setiap 2-3 dari 10 orang mengalami hal itu sering. Tetapi pada saat yang sama, kembung juga bisa menjadi tanda bahwa Anda memiliki beberapa kondisi medis yang serius. Tapi sebagian besar waktu hanya disebabkan karena makanan yang Anda telah diambil.

Makanan yang paling sering menimbulkan gas (menyebabkan perut kembung) antara lain (jika dimakan berlebihan): Produk susu yang mengandung laktosa Makanan kemasan yang mengandung laktosa , seperti roti , sereal , dan salad dressing . Fruktosa dan sorbitol , yang ditemukan di beberapa buah-buahan dan juga digunakan sebagai pemanis Sayuran seperti asparagus, brokoli, toge, kol, kembang kol, mentimun, paprika hijau, bawang, kacang polong, lobak, dan kentang mentah . Buncis dan kacang-kacangan lainnya. Buah-buahan seperti pisang, melon, pir, dan apel mentah. Telur. Minuman berkarbonasi, minuman buah, bir, dan anggur merah. Gorengan dan makanan berlemak . Gula.

 

Jadi yang makanan ini yang bisa menyebabkan kembung? Panduan ini akan menunjukkan pada sahabat infoherbalis apa saja makanan yang patut diperhatikan.

 

Produk susu

produk susu yang dikemas dengan nilai gizi. Mereka sarat dengan kalsium dan protein. Anda dapat menyertakan susu, keju, yoghurt, mentega, atau krim keju dalam diet Anda. Meskipun meluasnya penggunaan produk susu, hampir tiga perempat dari orang tidak mampu mencerna laktosa (gula). Dan ini adalah apa yang kita sebut intoleransi laktosa.

Jika Anda termasuk kelompok ini, konsumsi produk susu dapat menyebabkan masalah pencernaan yang serius. Gejala-gejala dapat gas, diare, kram dan juga kembung.

Anda mungkin akan lebih mampu mengkonsumsi mentega dan krim. Kemudian ada produk susu yang bebas dari laktosa. Beberapa alternatif seperti kelapa, kedelai, susu beras dan almond.

Minuman berkarbonasi

Banyak orang menderita kembung ketika merekamengkonsumsi minuman berkarbonasi. Kita semua tahu bahwa minuman ini sarat dengan gas karbon dioksida. Ketika kita minum mereka, perut kami akan diisi dengan semua gas ini. Ini bisa terjebak dalam sistem pencernaan kita dan menyebabkan kegelisahan karena kembung dan juga bisa menyebabkan kram.

Jadi, daripada mengambil minuman ini, sebaiknya hanya minum air biasa, teh, kopi dan air rasa buah adalah alternatif yang lebih sehat.

kacang polong

Kacang memiliki gula dikenal sebagai alpha-galactosides. Mereka jatuh ke dalam kategori karbohidrat yang dikenal sebagai FODMAPs.

Ini adalah karbohidrat rantai pendek yang melewatkan pencernaan tapi masukkan usus yang akan difermentasi oleh bakteri usus kita. Proses ini menghasilkan gas yang dipancarkan sebagai produk sampingan tersebut.

Jika Anda memiliki sistem pencernaan yang sehat, karbohidrat ini menghasilkan bahan bakar yang digunakan oleh bakteri pencernaan menguntungkan Anda dan tidak ada masalah. Tapi ada orang yang memiliki sindrom iritasi usus, dan dalam kasus mereka berbagai jenis gas yang dihasilkan karena fermentasi.

Ada beberapa kacang yang tidak menimbulkan begitu banyak masalah. Makan kacang hitam atau kacang pinto karena mereka lebih mudah dicerna, lebih setelah direndam.

Gandum

Ada beberapa kontroversi sekitar gandum, terutama selama beberapa tahun terakhir. Gluten adalah jantung dari kekhawatiran ini. Namun, belum ada penurunan berapa banyak apa yang dikonsumsi di seluruh dunia. Hal ini masih bahan utama dalam pizza, roti, tortilla, dan pasta. Kami tidak bisa memikirkan kue, pancake, wafel dan biskuit tanpa gandum.

Banyak orang menderita sensitivitas gluten dan atau penyakit celiac, dan gandum merupakan penyebab masalah pencernaan serius dalam orang-orang ini. Masalah-masalah dapat mencakup gas, kembung, sakit perut dan diare.

alternatif sehat termasuk quinoa, gandum murni, tepung almond, tepung kelapa, dan soba. Mereka semua bebas dari gluten.

kacang-kacangan

Sama seperti kacang-kacangan, lentil juga merupakan jenis kacang-kacangan. Mereka juga kaya karbohidrat yang baik, protein, dan serat. Selain itu, mereka juga kaya mineral seperti mangan, tembaga dan besi. Jika Anda sensitif, jumlah yang tinggi serat bisa menyebabkan kembung. Jika Anda tidak digunakan untuk mengambil banyak serat, Anda lebih mungkin untuk menderita kembung.

Lentil juga memiliki FODMAPs. Gula juga bisa meningkatkan produksi gas dan menyebabkan kembung.

Tapi ketika Anda merendam atau tumbuh mereka, mereka akan menjadi lebih mudah untuk pencernaan. Anda harus memilih kacang berwarna terang. Mereka mengandung jumlah rendah serat.

Brokoli (Juga Sayuran silangan lainnya)

Brokoli, kubis, kembang kol, dan kubis Brussel milik keluarga sayuran silangan. sayuran ini dikenal untuk kandungan gizi yang tinggi yang mencakup vitamin C dan K, mineral kalium dan zat besi, dan banyak serat juga.

Anda harus memasak sayuran ini untuk membuat mereka lebih mudah dicerna. Atau Anda bisa menggantinya dengan ubi jalar, bayam, zucchini, selada atau mentimun.

Bawang

Kita semua tahu bawang menjadi sayuran umbi yang tumbuh di bawah tanah dan memiliki rasa pedas yang kuat. Bawang merupakan bagian hampir tidak terpisahkan dari makanan dimasak. Mereka juga banyak digunakan dalam salad dan lauk.

Tetapi banyak orang juga memiliki sistem pencernaan toleran atau sensitif terhadap zat gizi dalam bawang. Jika itu adalah kasus dengan Anda, hindari bawang mentah.

Anda dapat meminimalkan masalah ini jika bawang dimasak. Anda bisa mengganti bawang di piring Anda / salad dengan rempah-rempah atau rempah segar.

Jelai

Barley adalah biji-bijian sereal yang banyak dikonsumsi. Hal ini sarat dengan nutrisi termasuk banyak mineral dan vitamin, dan serat. Mineral utama termasuk selenium, mangan dan molibdenum.

Tingginya jumlah serat dalam barley dapat menyebabkan kembung jika Anda tidak digunakan untuk mengambil banyak serat. Selain itu juga memiliki gluten, dan Anda tidak harus makan jika Anda tidak toleran untuk itu.

Anda bisa mengambil barley halus seperti scotch barley atau mutiara sebagai alternatif. Atau Anda bisa drop barley sama sekali dan makan biji-bijian lainnya / serealia semu seperti beras merah, gandum, soba dan quinoa.

Gandum hitam

Rye gandum sereal lain yang terkait erat dengan gandum.

kaya nutrisi dan mengandung kelompok vitamin B, tembaga, fosfor, mangan, dan serat juga. Ini juga memiliki gluten yang Anda sensitif terhadap.

Kombinasi gluten dan serat membuat perhatian besar dari kembung bagi orang-orang yang sensitif. Jadi jika Anda ingin menghindari kembung, ganti gandum dengan gandum, quinoa, gandum atau beras merah.

Bawang putih

Kita semua tahu bawang putih untuk manfaat kesehatan dan bumbu nya. Tetapi mereka juga sarat dengan fruktans (FODMAPs) seperti dalam kasus bawang, dan konsumsi dapat mengakibatkan kembung.

Sebuah solusi yang baik untuk masalah ini adalah untuk memasak bawang putih. Hal ini dapat membantu meminimalkan efek. Alternatif termasuk rempah-rempah dan herbal seperti daun bawang, kemangi, peterseli dan thyme.

apel

Apel adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Hal ini penuh dengan vitamin C, antioksidan, dan serat. Ada banyak manfaat kesehatan dari buah.

Meskipun semua manfaat ini, banyak orang menderita kembung dan masalah lain dari sistem pencernaan setelah mengkonsumsi buah ini. Penyebab yang mendasari untuk masalah ini adalah serat dan fruktosa, bentuk lain dari FODMAP. Kedua bahan ini dapat mengalami fermentasi di usus besar dan menghasilkan kembung.

Anda dapat mengambil apel dimasak yang lebih mudah dicerna. Namun Anda mungkin makan buah-buahan lainnya seperti jeruk, pisang, stroberi, jeruk, mandarin atau blueberry.

Bir

Kita semua telah mendengar dari ‘perut bir’. Hal ini sering digunakan untuk merujuk pada lemak perut yang sering terlihat pada orang yang peminum bir avid. Tetapi juga digunakan untuk kembung disebabkan setelah minum bir.

Bir adalah minuman berkarbonasi lain yang berisi sumber karbohidrat difermentasi seperti jagung, barley, beras dan bir gandum lebih buruk dari minuman bersoda biasa bagi orang-orang dengan sistem pencernaan sensitif. Ini tidak hanya mengandung karbon dioksida, memiliki bahan lain – karbohidrat difermentasi dan keduanya mampu menyebabkan kembung. Bahkan, biji-bijian yang digunakan untuk pembuatan bir bir juga mungkin memiliki gluten.

Hindari bir dan minum lebih banyak air.

gula Alkohol

Permen karet dan makanan bebas gula mengandung gula alkohol. jenis yang paling umum digunakan adalah manitol, sorbitol dan xylitol.

Kekhawatiran lain adalah bahwa alkohol ini juga FODMAPs dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Mereka memasuki usus besar seperti itu dan dia bakteri usus dapat menghasilkan gas keluar dari mereka.

Jika Anda mengambil terlalu banyak alkohol ini, Anda bisa menderita diare, gas dan kembung. Anda harus agak mengambil eritritol, bentuk lain dari gula alkohol yang mudah dicerna. Anda juga dapat mengambil stevia.

sumber : http://naturalmedicinehouse.**m/?p=2319

Check Also

Dokter Mesir Temukan Obat Pulihkan Penglihatan Dengan Metode Keringat Dalam Al Quran Surah Yusuf

Salah satu perusahaan farmasi Swiss mulai memproduksi obat baru yang disebut “Obat Al-Quran” yang memperbaiki ...

...