Home / Artikel Kesehatan / 16 Makanan Ringan Untuk Atasi Kelelahan Adrenal (adrenal fatigue)

16 Makanan Ringan Untuk Atasi Kelelahan Adrenal (adrenal fatigue)

Kelenjar adrenal merupakan kelenjar endokrin berbentuk segitiga yang terletak di atas ginjal.

Kelenjar ini mengatur respon stres tubuh melalui sintesis katekolamin dan kortikosteroid, termasuk adrenalin dan kortisol.

Kelenjar adrenal yang tidak bekerja secara efisien dapat memicu kondisi kesehatan yang dikenal sebagai kelelahan adrenal (adrenal fatigue).

Karena disfungsi kelenjar adrenal, tingkat kortisol dalam tubuh akan menurun.

Kortisol diperlukan untuk mengatasi stres dan memerangi infeksi.

Kelelahan adrenal memiliki beberapa nama lain seperti non-Addison hypoadrenia, hypoadrenalism, sub-klinis hypoadrenia, dan neurasthenia.

Kelenjar adrenal yang tidak berfungsi secara semestinya dapat mengganggu metabolisme gula darah sehingga mengakibatkan kelelahan dan kelemahan.

Penyebab

Stres adalah penyebab paling umum dari kelelahan adrenal.

Stres berlebihan antara lain disebabkan oleh tekanan kerja, aktivitas fisik, perubahan pekerjaan, kematian orang yang dicintai, masalah perkawinan, dan penyakit fisik.

Beberapa faktor lain yang berkontribusi terhadap stres adrenalin adalah takut, marah, rasa bersalah, depresi, kecemasan, olahraga yang berlebihan, tekanan fisik atau mental, kurang tidur, trauma/cedera, operasi, paparan racun, sakit kronis, infeksi kronis, pencernaan yang buruk, malabsorpsi, penyakit kronis, gula darah rendah, dan kekurangan gizi.

Lebih dari 80% dari kita akan mengalami  kelelahan adrenal beberapa kali selama hidup kita. Gejalanya bisa berupa kelemahan, kekurangan energi, kesulitan berkonsentrasi, menjadi mudah bingung, lupa, kesulitan menyelesaikan tugas-tugas dasar Anda bisa sekali menangani dengan mudah, suara serak, pencernaan yang buruk, sembelit, depresi, insomnia, tidak merasa beristirahat setelah bangun dari tidur.

Cara terbaik untuk mendukung sehatnya adrenal dan membantu memulihkan kesehatan Anda adalah untuk diet  makan ringan, seimbang makan setiap 90 menit sampai dua jam. Teknik diet ini bekerja karena sering makan menjaga gula darah Anda tetap stabil sepanjang hari; dan Memberikan kelenjar adrenal Anda banyak istirahat memungkinkan mereka untuk mencurahkan energi untuk penyembuhan dan memulihkan diri.

Setiap makanan Anda idealnya harus mengandung keseimbangan kalium, natrium, dan gula alami (dari buah). Video ini menunjukkan beberapa makanan ringan yang sempurna untuk membantu memulihkan kesehatan adrenal Anda,antara lain :

* Apel, seledri, dan kurma

* Jeruk Orange, alpukat, dan bayam

* Ubi jalar, kale, dan jus lemon

* Ketimun, alpukat, dan jeruk nipis

* Pisang, tanggal, dan selada romaine

* Air kelapa, aprikot kering dan seledri

* Air kelapa, pisang, dan bayam

* Pir, buah, dan mache

* Mangga, buah ara, dan seledri

* Jeruk, ketumbar, dan selada mentega

* Raspberry, jeruk, dan daun selada hijau

* Buah Berri, madu mentah, dan mentimun

* Apel, tanggal, dan collard hijau

* Pisang, anggur, dan daun selada merah

* Apel, kembang kol, dan mentimun

* Semangka dengan air jeruk nipis, dan seledri jus

===========

 

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...