Home / Artikel Kesehatan / 7 Tanda Awal Anda Terkena Kanker Paru-Paru

7 Tanda Awal Anda Terkena Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru tidak memiliki beberapa gejala tertentu atau tanda-tanda pada awalnya. Sebenarnya,  40 persen dari kasus kanker paru-paru, penyakit ini didiagnosis dalam tahap lanjutan yaitu tahap ketiga.

Penyakit ini tidak dapat dilihat bahkan dengan rontgen dada dalam tahap awal. Namun, ada CT scan  jauh lebih efektif untuk mendiagnosis kanker tersebut. Orang-orang sebaiknya melakukan tes ini agar dapat mengetahui lebih dini bila mereka didiagnosis kanker paru-paru. Ini terutama mengacu pada orang berusia antara 55 th hingga 80 th, serta mereka yang perokok aktif selama lebih dari 15 tahun.

7 Tanda Awal Kanker Paru Anda yang Perlu Perhatikan

# Mengi

Jika Anda dapat mendengar suara mengi, suara saat Anda bernapas normal, Anda harus temui dokter Anda segera. Banyak kondisi medis yang bisa menyebabkan ini, mulai dari penyakit ringan yang dapat disembuhkan,  saluran pernapasan terhambat atau radang, bahkan kanker paru-paru.

# Sesak napas

Kejadian ini mungkin merupakan gejala kanker paru-paru yang mungkin disebabkan oleh penyempitan saluran udara pernapasan, atau akibat akumulasi cairan di dada karena adanya tumor paru-paru. Napas yang berat ketika Anda  menyelesaikan tugas-tugas yang mudah padahal Anda tidak punya masalah menyelesaikan tugas tersebut sebelumnya. Sebaiknya Anda segera untuk mengunjungi dokter sesegera mungkin, tanpa penundaan.

# Nyeri di Dada, punggung atau bahu

Nyeri di dada tidak boleh diabaikan, karena bisa menjadi hasil dari metastasis atau peradangan pada  kelenjar getah bening atau tulang rusuk. Tanda ini seharusnya cukup untuk membuat Anda pergi ke dokter, tidak peduli seberapa sehatnya Anda.

# Batuk terus menerus

Jika batuk Anda menjadi kronis, Anda harus waspada karena akan gejala ini bisa merupakan gejala kanker paru-paru. Jika batuk berlangsung selama dua atau tiga minggu dam gejala terus membaik, maka itu bukanlah masalah yang serius dan itu mungkin hanya batuk biasa yang disebabkan oleh infeksi pernapasan, flu atau mungkin juga alergi. Tapi, jika Anda batuk dengan keluar lendir, Anda harus pergi dan menemui dokter Anda segera dan mengambil tes yang diperlukan pada paru-paru dan dada, termasuk sinar-x. Perubahan batuk dapat mencakup: batuk darah atau lendir tambahan, sering batuk dengan suara kasar dan lebih dalam. Jika seseorang yang Anda kenal memiliki gejala-gejala tersebut, Anda harus menasihati dia untuk mengunjungi dokter sesegera mungkin.

# Sakit kepala terus menerus

Dalam beberapa kasus, kanker paru-paru mengembang ke otak dan pasien mengalami sakit kepala konstan. Namun, tidak setiap sakit kepala terkait dengan metastasis otak. Dalam beberapa kasus, tumor paru-paru menempatkan tekanan pada vena utama yang mengangkut  darah bagian atas jantung.

# Nyeri Tulang

Jika Anda mulai mengalami nyeri pada tulang atau bagian tubuh lain, dapat menjadi tanda bahwa Anda terpengaruh oleh beberapa penyakit dan Anda perlu untuk pergi dan menemui dokter Anda.

# Berat Badan

Sel-sel kanker menggunakan energi yang tubuh yang dihasilkan oleh makanan yang dikonsumsi penderita. pemborosan energi ini dapat berkontribusi pada turunnya berat badan yang terlihat dan cepat.

http://www.non-stophealthy.**m/7-early-signs-of-lung-cancer-you-need-to-pay-attention/

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...