Home / Artikel Kesehatan / Beberapa Jenis BUAH yang tidak Hanya Menyehatkan Tetapi juga BERBAHAYA

Beberapa Jenis BUAH yang tidak Hanya Menyehatkan Tetapi juga BERBAHAYA

Makan buah saat panas di siang hari memang sangat menyegarkan.Seperti yang kita ketahui pada umumnya bahwa mengkonsusi buah adalah sangat baik untuk kesehatan dan stamina tubuh.Akan tetapi, ada kalanya justru mengkonsumsi buah bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Anda penasaran buah apa saja yang dapat membahayakan tubuh kita ?

Berikut adalah beberapa jenis buah yang bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh, diantaranya sepert :

 

  1. Nanas

Buah yang cukup unik ini memang kaya akan vitamin dan mineral.Selain itu, buah nanas juga rendah lemak sehingga baik untuk menurunkan kolesterol. Namun, buah nanas yang masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan.Selain itu, nanas juga mengandung bromelain, yaitu sebuah enzim yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan.

 

  1. Mangga dan Pepaya

Buah ini tentu saja menjadi kebanyakan buah favorit bagi kita. Meskipun rasanya tidak semanis nanas, buah manga dan papaya akan aman jika dikonsumsi sesekali saja. Untuk menggantikan keduanya , kita bisa mencoba pisang. Walaupun pisang juga mempunyai kadar gula yang cukup tinggi ( mencapai 55 GI ), akan tetapi pisang merupakan sumber energy yang baik.

 

  1. Melon dan Semangka.

Kandungan buah ini memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga baik digunakan untuk mengatasi dehidrasi. Sayangnya kandungan gula kedua buah tersebut cukup tinggi ( 65 – 100 persen glikemik), sehingga sangat tidak disarankan bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga penderita diabetes.

 

  1. Cherry

Lubang cherry mengandung hydrogen sianida yang disebut juga asam prussic yang berbahaya.Bila terkunyah atau hancur secara tidak sengaja, cherry akan mengeluarkan senyawa yang mengakibatka pusing hingga kesulitan bernafas. Hindari konsumsi buah cherry ini secara berlebihan atau buang bangkai dan bijinya sebelu dimakan.

 

  1. Pala

Buah pala sebenarnya megandung halusinogen, mengonsumsinya secara berlebihan dapat mengakibatkan kejang dan masalah psikosis.

 

  1. Kentang

Kentang mengandung senyawa Glycoalkaloids. Biasanya racun ini terlihat saat kentang disimpan terlalu lama. Dia akan berubah menjadi kehijauan. Senyawa ini menyebabkan kram, diare, sakit kepala, kebingungan, atau bahkan koma hingga kematian.

 

  1. Madu

Madu yang dipasteurisas sering mengandung grayanotoxin yang dapat menyebabkan pusing, kelemahan, keringat berlebih, mual, dan muntah yang biasanya berlangsung selama 24 jam.Biasanya hanya satu sendok makan gayanotoxin terkonsentrasi dapat menyebabkan gejala tersebut.

 

  1. Tomat

Batang dan daun tomat mengandung racun alkali yang dapat menyebabkan agitasi pada perut. Tomat hijau mentah pun dikatakan memiliki efek yang sama.

 

9. Singkong

Berhati-hatilah ketika akan menonsumsi singkong. Daun dan akarnya ternyata kaya sianida yang dapat mengakibatkan pusing dan mual.

 

Jadi, ketahui kondisi tubuh anda sebelum mengonsumsi buah.Selain itu , konsumsilah buah-buahan sewajarnya saja jangan sampai berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan tidak akan bertahan dan memiliki hasil yang baik.

Salam sehat selalu

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...