Home / Uncategorized / Begadang Jangan BEGADANG

Begadang Jangan BEGADANG

Begadang_jangan_Begadang_by_BountyList

Tidur amat penting untuk memperbaiki kerusakan dan kerapuhan tubuh serta pikiran setelah beraktivitas sepanjang hari. Saat melakukan aktivitas, tubuh mengalami berbagai kerusakan dan kelelahan. Jika tubuh dan pikiran tidak memulihkan diri sebagaimana mestinya, maka tubuh akan mengalami berbagai gangguan.

Berikut adalah proses tubuh yang terus memburuk ketika anda kurang tidur.

  • Menurunnya system kekebalan tubuh yang membuat seseorang rentan terserang penyakit
  • Menurunnya konsentrasi sehingga mempengaruhi efisiensi dan produktivitas kerja.
  • Seseorang menjadi mudah tersinggung, marah , dan tertekan akibat kurang tidur
  • Terpengaruhnya metabolism tubuh dan fungsi tubuh, sehingga menimbulkan kenaikan berat badan, jerawat, dan beberapa penyakit lain.

 

Seberapa Pentingnya Tidur Itu?

Tidak ada keraguan lagi, tidur merupakan hak dasar yang hrus diperoleh tubuh. Seseorang mungkin saja bisa tetap terjaga untuk semalam dan mampu beraktivitas keesokan harinya, tetapi biasanya semua aktivitas tersebut tidak akan bisa dijalankan secara optimal.

Setelah semalam begadang, akan semakin sulit bagi anda untuk tetap terjaga pada malam-malam berikutnya. Kondisi ini membuktikan bahwa tubuh memerlukan cukup tidur agar dapat berfungsi secara optimal.

Berapa Lama Daya Seseorang dapat Begadang Tanpa Tidur ?

Ada beberapa orang yang berusaha memecahkan rekor tanpa tidur. Sebagian dari mereka menggunakan stimulant dan bantuan pil medis lainnya, salah satunya adalah Randy Gardner, pada tahun 1963, menetapkan rekor dunia dengan sanggup tanpa tidur selama 11 hari berturut-turut. Dia tidak menggunakan stimulant dalam upaya memecahkan rekor ini.

Selama tidak tidur teramati bahwa dia mengalami perubahan suasana hati ekstrim, kurang konsentrasi, kehilangan memori dan halusinasi.

Seorang manusia tidak bisa juga terus terjaga. Pada akhirnya, seseorang akan kehilangan kesadaran dan meninggal karena tidak tidur dalam waktu tertentu.Terdapat laporan bahwa ada seseorang yang terjaga selama 18 hari berturut-turut, tapi pasti terjadi banyak hal buruk pada kesehatannya.

Meskipun tidak ada jawaban konkret berapa lama seseorang dapat bertahan tanpa tidur, terdapat bukti pasti bahwa kurang tidur akan memiliki efek samping yang serius pada kesehatan.Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan tidur malam yang cukup lebih mungkin menjadi sakit setelah terkena virus seperti flu. Namun pada orang yang mendapatkan cukup tidur, system kekebalan tubuh akan mampu lebih optimal menangkis setiap serangan virus atau bakteri.

Dari penjelasan ini jelas tergambar bahwa tubuh membutuhkan tidur yang cukup untuk melawam infeksi secara efektif.

Waktu optimal tidur orang dewasa berkisar antara 7 hingga 8 jam semalam. Anak usia sekolah dan remaja membutuhkan Sembilan jam atau lebih tidur malam. Tapi hati-hati, tidur lebih banyak tidak selalu berarti lebih baik. Pada orang dewasa, tidur lebih dari 9 sampai 10 jam semalam berpotensi memicu kenaikan berat badan, masalah jantung, stroke, gangguan tidur, depresi dan masalah kesehatan lainnya.

Berikan tubuh anda yang menjadi haknya dan tidur malamlah dengan nyenyak.

Check Also

Jangan Heran Bila Tubuhmu Akan Bereaksi Seperti Ini Saat Tertawa Lepas

Jangan Heran Bila Tubuhmu Akan Bereaksi Seperti Ini Saat Tertawa Lepas!

Paling seru kalo ketemu para sahabat yang udah lamaa banget gak ketemu ya guys, bisa ...

...