Home / Artikel Kesehatan / Dampak Ciuman Terhadap Buah Hati

Dampak Ciuman Terhadap Buah Hati

 

Ciuman sama seperti halnya pelukan. Perbuatan yang seperti ini akan sangat baik dan bisa memberikan nilai positif untuk anak. Sebaiknya, siapapun orang tua, melakukan ciuman dan pelukan untuk anak-anak.

Manfaat pelukan dan ciuman adalah bisa berdampak bagi kesehatan buah hati, yang antara lain adalah :
1. Bisa meningkatkan metabolisme.
2. Menurunkan tingkat stres.

Meskipun begitu,iuman juga bisa menularkan berbagai macam penyakit jika salah satunya sedang menderita penyakit tertentu yang dapat menular lewat ciuman.
Perlu diketahui bahwa virus, bakteri dan jamur bisa menular melalui air liur, darah dan kontak dengan kulit. Apalagi kalau tubuh kita sedang tidak fit saat itu.

Selain melalui mulut, penyakit bisa juga menular melalui bakteri yang ada di hidung.

Berikut beberapa penyakit yang dapat ditularkan lewat ciuman.

5 Penyakit yang Bisa Ditularkan Lewat Ciuman

  1. Pilek atau influenza.Anak-anak dann bayi sering sekali mengalami pilek dan hidung tersumbat. Terlebih lagi pada musim pancaroba seperti ini. Dan biasanya dibarengi dengan badan terasa demamam.

    Lemahnya daya tahan tubuh akan memicu perkembangan virus flu dalam tubuh.

    2. Infeksi gusi dan sariawan.

    Orang dengan sistem imun menurun dapat lebih mudah terinfeksi bakteri dan jamur. Air liur merupakan salah satu sistem pertahanan tubuh. Pada saat seseorang dehidrasi, bakteri dalam mulut dapat berkembang hingga 4x lipat dari normal sehingga berpotensi menularkan penyakit.

    Jadi, selalu jaga kebersihan mulut agar aman dari penyakit-penyakit tersebut.

    3. Penyakit meningokokus.

    Ini adalah kondisi yang berpotensi mengancam jiwa yang meliputi meningitis, radang selapu yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang dan septikimea.

    Bakteri ini dapat ditularkan dengan baik melalui kontak langsung atau tetesan air liur.

    4. Herpes.

    Herpes simplex virus termasuk keluarganya epstein barr dan cacar air. Sangatlah mudah menular terutama jika lesinya baru terbentuk atau sudah pecah dan mengeluarkan cairan.

    Herpes dapat menyebar melalui kontak langsung ketika berciuman, tetesan air liur dan melalui udara bahkan ketika herpes tersebut sudah sembuh sekalipun.

    5. Glandular fever.

    Atau disebut juga dengan mononucleosis, yakni merupakan bakteri atau virus yang dapat menular melalui cairan dalam mulut saat melakukan ciuman.

    Penyakit ini biasanya terjadi pada anak usia remaja yang memiliki sistem imun yang rendah. Gejalanya adalah ada rasa nyeri di daerah tenggorokan, sakit kepala, mudah lelah, amandel bengkak serta nafsu makan berkurang.

    Pada saat berciuman, hidung akan berdekatan satu sama lain sehingga partikel-partikel kuman dan bakteri yang berukuran sangat kecil dengan mudah berpindah atau terhirup oleh orang atau anak yang dicium.

    Untuk itu, jika ibu dan bapak sedang sakit, sebaiknya hindari terlebih dahulu menciumi anak-anak agar mereka tidak tertular penyakit, apalagi daya tahan tubuh sedang berkurang.

 

Ibu Mencium Anak

Check Also

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Ladies….pada saat kamu haid, pernah kah memperhatikan warna darah yang keluar? Awal haid biasanya akan ...

...