Home / Artikel Kesehatan / Daun Karet Kebo Atasi Bisul Dan Juga Tekanan Darah Tinggi

Daun Karet Kebo Atasi Bisul Dan Juga Tekanan Darah Tinggi

Karet Kebo Tanaman yang memiliki nama ilmiah Ficus elastica Roxb., atau ki karet (Sunda), Karet Kebo (Jawa) sedangkan nama asing rubber tree (Inggris) dan yin du xiang (Cina) ini berbentuk pohon besar, tingginya bisa mencapai 20-30 meter. Batang berkayu, silindris, warna cokelat tua, permukaan halus, percabangan menyebar tak beraturan hingga membentuk pohon yang rindang, keluar akar-akar menggantung dari batang atau cabang yang sudah besar.

Karet kebo dapat ditemukan tumbuh liar atau dipelihara sebagai tanaman hias, atau juga ditanam di pot. Ia dapat ditemukan sampai 500 m dpl. Diyakini, tanaman ini berasal dari India.

Efek farmakologis yang dimiliki karet kebo diantaranya melancarkan peredaran darah dan menghilangkan sakit (analgetik).

Karet kebo memiliki rasa pedas dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia terkandung dalam karet kebo diantaranya getah berupa senyawa karet (lateks). Akar dan kulit kayu mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol. Daun mengandung saponin, polifenol, dan tanin. Efek farmakologis yang dimilikinya antara lain melancarkan peredaran darah dan menghilangkan sakit atau analgentik.

Pemanfaatan tanaman sebagai obat herbal yakni dari akar dan batangnya. Akarnya dapat digunakan untuk mengobati bisul, maag, amenorrhoea sekunder, dan rematik sendi.

Untuk pengobatan bisul, cuci akar secukupnya sampai bersih, lalu giling halus. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga menjadi bubur, lalu bubuhkan di tempat yang sakit. Pengobatan amenorrhoea sekunder, cuci bersih 40 gram akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersusa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Untuk pengobatan maag, cuci bersih 35 gram akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas. Untuk pengobatan rematik sendi, cuci bersih 30-50 gram akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

Sedangkan untuk pemanfaatan batang, batang tanaman disadap hingga keluar getahnya, kemudian getahnya di oleskan pada bagian yang sakit, lalu dibalut kasa pada bagian yang luka.

Berikut Petikan sebuah testimony dari Sosial media
Minum rebusan daun karet kebo… 7 lembar + air 500cc direbus… sampai mendidih dibiarkan 10 menit…

Selama 3 hari dan sembuh dari stroke,,,, skr sudah bisa berlari.

Akhirnya saya memberikan cerita sekaligus memberikan daun tsb kepada langganan yg juga kena stroke buat minum 3 hari,,, dan skr sudah sembuh.

Setelah beberapa hari dia menelepon dan bertanya beli dimana daun tersebut,

Saya bilang petik aja dijalan, tanamannya bnyak dipinggir tol..ga usah beli.

karena setelah minum 3 hari dia sudah bisa berjalan dan badan terasa enteng

Padahal sebelumnya jalan aja nyeret.bgitu juga dgn teman adik yg diseberang rumahnya ternyata membaik dgn minum air rebusan tsb.

Mungkin dikarenakan bisa melancarkan peredaran darah, Saya sendiri juga sudah mencoba minum ternyta badan memang lebih segar dan rasa tidak pahit, enak diminum.

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...