Home / Uncategorized / Desa Tanpa ASAP ROKOK di INDONESIA

Desa Tanpa ASAP ROKOK di INDONESIA

Asap rokok memang sangat mengganggu orang lain didekatnya yang tidak merokok, kalau sesama perokok mungkin menjadi hal yang biasa, tapi bagaimana dengan yang tidak merokok ? Pasti sangat mengganggu, bahkan lebih bahaya perokok pasif daripada perokok aktif.

Ternayata di Indonesi, ada juga beberapa desa yang BEBAS dengan ASAP ROKOK. Mau tau , berikut ulasannya :

  1. Desa Sitiung, Sumatera Barat

Desa Sitiung merupakan desa pertama di Indonesia yang bebas asap rokok. Desa yang terletak di Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasyara, Sumatera Barat, ini melarang warganya untuk merokok di sembarang tempat diberikan sanksi tegas dari desa.

Tidak hanya melarang warganya untuk merokok, Pemerintah Desa Sitiung juga memberikan penghargaan kepada masyarakat yang semula merokok dan menyatakan tidak merokok lagi.

  1. Desa Bone-bone, Sulawesi Selatan

Tanda larangan merokok langsung terpampamng pada baliho besar tepat di gerbang masuk Desa Bone-bone, sekitar 300 kilometer sebelah utara kota Makassar. Sejumlah papan berisi larangan merokok dan himbauan untuk menjaga kesehatan juga menghiasi sudut-sudut desa seluas sekitar 800 hektar itu.

  1. Desa Ngunut, Yogyakarta

Ketika memasuki desa ini lebih baik jangan mencoba menyalakan rokok di tempat umum. Karena warga setempat akan menegur anda dengan keramahan yang mungkin bisa meneror inteltualitas anda.

  1. Desa Cikidang, Banyumas

Jika ternyata ada warga yang merokok di luar tempat itu, kami telah menyiapkan sanksi bagi mereka, yakni membayar denda berupa telur sebanyak rokok yang dikonsumsi, telur-telur itu selanjutnya diberikan kepada posyandu untuk dibagikan kepada anak balita di desa itu sebagai makanan tambahan.

  1. Dusun Karangmulyo, Jawa Timur

Hal ini berlaku sejak sebulan terakhir setelah pada 8 Desember 2010 lalu, puluhan warga setempat mendeklarasikan larangan meroko di dalam rumah. Deklarasi yang dilakukan di Masjid Baitussalam itu dihadiri sejumlah pejabat diantaranya Tutuk Fajriatul Musthofiah, istri wakil Bupati Lumajang As’at Malik, Kepala Dinas Kesehatan Buntaran Supriyanto, Camat Gucialit Bakri serta sejumlah pejabat lainnya.

  1. Dusun Muhajirun, Lampung

Ketahuan Merokok, pelajar langsung di gunduli, jika di  Jakarta dibutuhkan perda untuk melarang merokok ditempat umum, disebuah desa di kabupaten Lampung Selatan, Lampung, tidak seperti itu. Di sana larangan merokok diberlakukan secara “ adat”, tapi sudah berlangsung 33 tahun.

  1. Desa Sidoluhur, Yogyakarta

Pada desa ini program-program yang telah dilaksanakan antara lain : pendataan keluarga tidak merokok, pemasangan stiker keluarga tidak merokok dan merokok di luar rumah, penyuluhan kesehatan dan bahaya asap rokok, pembinaan remaja dan pendataan remaja tidak merokok, konsultasi berhenti merokok.

  1. Desa Singosaren, Yogyakarta

Gebrakan pada desa ini mengajak ke arah yang positif bagi para perokok untuk menjadi perokok yang toleran, antara lain :

  • Tidak merokok didalam rumah.
  • Tidak merokok dalam pertemuan warga
  • Tidak menyediakan asbak di dalam rumah ataupun dalam pertemuan warga.

Ketentuan ini tidak hanya berlaku untuk warga setempat tetapi  juga tamu yang berkunjung bersama.

Check Also

Jangan Heran Bila Tubuhmu Akan Bereaksi Seperti Ini Saat Tertawa Lepas

Jangan Heran Bila Tubuhmu Akan Bereaksi Seperti Ini Saat Tertawa Lepas!

Paling seru kalo ketemu para sahabat yang udah lamaa banget gak ketemu ya guys, bisa ...

...