Home / Artikel Kesehatan / Dokter Gigi Berkata, Jangan Buang Gigi Susu, Ini Dapat Menyelamatkan Nyawa Anak Anda!

Dokter Gigi Berkata, Jangan Buang Gigi Susu, Ini Dapat Menyelamatkan Nyawa Anak Anda!

Kehilangan gigi susu bagi seorang anak mungkin adalah hal biasa dan lumrah. Kebanyakan orang tua akan membuang begitu saja gigi susu anak yang tanggal.Namun tahukah anda bahwa gigi susu pada kondisi kesehatan tertentu dapat memberikan bantuan bahkan dapat menyelamatkan jiwa buah hati Anda yang terancam.

Studi yang dilakukan oleh ahli terkenal dan Dr. Songtao Shi, di National Institute of Dental and Craniofacial Research, telah menemukan bahwa gigi bayi sebenarnya mengandung satu sampai dua lusin sel induk yang berharga, yang dapat digunakan di kemudian hari untuk mengobati berbagai a penyakit. Dan, untuk waktu yang lama, banyak ahli telah mempelajari bagaimana sel-sel induk dapat digunakan dalam otak, pankreas, jantung dan organ lain untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan berbagai penyakit. Shi dan rekan-rekan peneliti mengungkap bahwa satu jenis sel induk hidup di dalam gigi dewasa. Setelah mempelajari gigi susu dari anak-anak usia tujuh dan delapan tahun, mereka menyadap sel induk yang sama sekali berbeda dari apa yang mereka temukan di gigi dewasa.

Pertanyaannya, Bagaimana hal ini dapat menolong? Sel induk yang ditemukan dalam pulpa gigi dalam gigi yang beregenerasi menjadi neuron, tulang dan tulang rawan-bahkan sel jantung. Bahkan, konsep ini telah dinobatkan sebagai cara pengobatan yang efektif untuk mengatasi diabetes tipe 1, karena sel-sel induk pulpa gigi dapat dibedakan menjadi tipe sel-sel pankreas untuk menghasilkan insulin.

Yang harus Anda ketahui adalah, bahwa mengawetkan sel induk adalah proses yang rumit.  Pulpa gigi harus memiliki pasokan darah yang memadai dalam setidaknya 48 jam sebelum dibekukan. Dr. Peter Murray, direktur Dental Regenerative Laboratorium, berpikir bahwa kedua gigi dan jaringan mulut dapat dihasilkan dari sel induk yang terkandung dalam tunas gigi, gigi bayi, gigi geraham ketiga, jaringan periodontal dan sel pluripotent.

Sepertinya ide mengawetkan gigi memang merepotkan, namun jika sepadan dengan pertolongan yang di dapat mengapa tidak. Semoga bermanfaat!

Artikel selengkapnya di : http://naturalhealingmagazine.net/dentists-warn-dont-dispose-baby-tooth-can-save-childs-life/

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...