Home / Artikel Kesehatan / Tips Kesehatan / Hidup Sehat Tanpa Rokok

Hidup Sehat Tanpa Rokok

dapatkan-7-manfaat-super-sehat-ini-hanya-dengan-berhenti-merokok

Berhenti merokok itu memang susah – susah gampang, bagi yang baru kecanduan merokok, memang gampang untuk menghilangkan kebiasaan merokok. Tetapi, jika seseorang sudah menjadi perokok pasif dan sudah lama kecanduan rokok pasti sangat susah untuk menghilangkan kebiasaan merokok.  Saat ini rokok sudah menjadi konsumsi banyak masyarakat, baik dewasa maupun anak-anak. Dan para pakar kesehatan sepakat bahwa rokok sangat tidak baik untuk kesehatan kita karena rokok berperan sebagai factor resiko dari berbagai penyakit menakutkan seperti asma dan gangguan pernafasan, kanker lidah, kanker pari-paru, jantung,dan stroke.

Maka dari itu, dalam artikel ini akan dibagikan tips ampuh untuk dapat berhenti merokok, terutama bagi para perokok berat yang kesulitan untuk lepas dari rokok. Penasaran ? Mari kita membaca artikel ini agar tidak penasaran.

  • Berhenti mendadak

Terkesan mustahil memang bagi sebgaian besar orang untuk berhenti merokok secara mendadak. Namun hal tersebut dirasa ampuh untuk menghilangkan kecanduan anda terhadap rokok. Berhenti mendadak maksudnya, jika hari ini anda masih merokok. Esok sebaiknya langsung berhenti total. Bagi sebagian orang cara ini ampuh untuk benar-benar berhenti merokok.

  • Motivasi

Anda harus mempunyai motivasi yang kuat sehingga keinginan anda untuk berhenti merokok dapat meredup.

  • Makan Permen

Dengan memakan permen dapat mengurangi rasa ingin merokok anda. Anggap saja makan permen merupakan pengganti kegiaatan merokok anda. Setiap kali anda merasa ingin merokok cobalah untuk memakan permen sampai anda benar-benar berhenti merokok.

  • Berolahraga

Melakukan olahraga ringan secara rutin seperti melakukan jogging akan membantu proses berhenti merokok, olahraga akan meningkatkan mood dan kesadaran serta meningkatkan energy dan menghilangkan stress akibat kecanduan merokok.

  • Sibukkan diri

Cobalah untuk menunda rokok. Cara tersebut akan membuat anda, sedikit demi sedikit mengurangi kecanduan pada rokok hingga akhirnya berhenti. Jika keinginan untuk menghisap rokok datang, ada baiknya untuk mengalihkan keinginan anda tersebut, yaitu kembali bekerja atau makan saja. Dengan melakukan penundaan, lama kelamaan keinginan untuk berhenti merokok akan datang dengan sendirinya karena anda akan meras malass untuk menghisap rokok.

  • Kurangi rokok

Bila dalam sehari anda bisa menghabiskan sebungkus rokok untuk dihisap. Cara mengurangi  rokok ini yaitu mengarungi rokok sehari setiap minggunya. Hal ini akan membantu anda untuk lama kelamaan berhenti merokok sesuai dengan  tujuan awal. Proses yang dijalani memang cukup lama, namun tak ada salahnya untuk mencoba.

  • Dukungan Orang Terdekat

Keinginan untuk berhenti merokok tak hanya dari diri sendir saja. Anda juga butuh dukungan orang terdekat. Bila anda tak mendapat dukungan dari orang terdekat, keinginan berhenti merokok akan sia-sia.

 

Nah itu dia beberapa cara ampuh agar anda tidak merokok lagi. Mari stop rokok anda sekarang juga demi kesehatan kita bersama.

Check Also

Rajin Minum Madu Efektif Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah

Rajin Minum Madu Efektif Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah Gula putih dianggap sebagai sumber makanan ...

...