Home / Apotik Hidup / MAHKOTA DEWA MANFAATNYA BENAR-BENAR SEPERTI DEWA

MAHKOTA DEWA MANFAATNYA BENAR-BENAR SEPERTI DEWA

Sesuai dengan namanya, tumbuhan Mahkota Dewa banyak sekali manfaatnya. Walaupun demikian tidak banyak orang yang menanamnya di halaman rumah mereka, karena kebanyakan orang hanya sering mendengar namun tidak pernah melihat bentuk dari tumbuhan Mahkota Dewa ini. Oleh sebab itu, masih banyak yang meragukan khasiat dari mahkota dewa ini, karena tidak memiliki pengetahuan tentang hal tersebut.

Dengan memiliki pengetahuan yang cukup akan membuat orang-orang memiliki kesadaran untuk menanam tumbuhan yang sangat banyak fungsinya seperti mahkota dewa ini.

Melalui artikel ini saya berharap dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasan masyarakat mengenai tumbuhan mahkota dewa ini, melihat di lingkungan masyarakat banyak sekali jenis tanaman yang tumbuh.

Berikut ini ciri-ciri tanaman mahkota dewa antara lain :

  1. Akar tanaman mahkota dewa adalah tunjang.images (1)
  2. Batang dari tanaman mahkota dewa memiliki permukaan kasar dan bentuknya bulat.
  3. Kulit batangnya berwarna cokelat kehijauan, sedangkan batang kayunya berwarna putih.
  4. Daun tanaman mahkota dewa adalah tunggal, memiliki tangkai yang pendek, bentuk daunnya lonjong dan ujungnya runcing, permukaan daun licin dan tidak berbulu, daunnya berwarna hijau tua dengan panjang mencapai 10 cm dan lebar mencapai 5 cm.
  5. Bunga mahkota dewa berbentuk tabung, berwarna putih. Jika diperhatikan mirip dengan bunga cengkeh, ukurannya kecil dan harum dan akan tumbuh sepanjang tahun.
  6. Buah mahkota dewa terbagi menjadi bagian kulit, cangkang, daging dan juga biji.Warnanya saat muda adalah hijau, dan saat masak berwarna merah.
  7. Biji buah mahkota dewa adalah bagian paling beracun dari tumbuhan mahkota dewa ini.

Selain mengetahui ciri-ciri dari tumbuhan Mahkota Dewa ini, kita juga perlu mengetahui berbagai macam kandungan yang ada didalamnya. Berikut berbagai macam kandungan yang terdapat di dalam tumbuhan mahkota dewa ini :

  • Zat Alkaloid ialah zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.
  • Antioksidan, kuli buah mahkota dewa kaya akan antioksidan.
  • Flavanoid.
  • Polifenol ialah zat yang fungsinya sama dengan zat alkaloid.

Meskipun telah mengetahui manfaat zat yang terkandung pada mahkota dewa, masih banyak masyarakat yang tidak mau menggunakan mahkota dewa sebagai tanaman obat karena kadar racunnya yang tinggi. Asalkan masyarakat tahu , agar tidak teracuni jangan melibatkan bagian biji mahkota dewa.

Berikut ini beberapa macam manfaat dari tumbuhan mahkota dewa :

  1. Bermanfaat Untuk Detoksifikasi.

Detok adalah proses pengeluaran racun yang mengendap dalam tubuh, saat ini detok bisa dilakukan menggunakan tanaman mahkota dewa ini.Caranya adalah merebus buah mahkota dewa tanpa biji kemudian meminum air rebusannya seminggu sekali.

 

  1. Menjaga dan Meningkatkan Vitalitas

Kandungan saponin di dalam mahkota dewa sangat bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas pria.Caranya adalah dengan merebus buah mahkota dewa kering dan diminum 1 jam sebelum berhubunga intim dengan istri.

  1. Menurunkan Gula Darah
  2. Meningkatkan Sistem Metabolisme.
  3. Menurunkan Kolesterol
  4. Mengobati Jantung Koroner
  5. Mencegah Tumbuhnya sel Kaner dan Tumor

Itulah beberapa manfaat mahkota dewa yang dapat kita gunakan sehari-hari. Akan tetapi satu hal yang harus kita ketahui, sebaiknya kita selalu konsultasikan terlebih dahulu penyakit kita ke dokter, sebelum memutuskan untuk menggunakan mahkota dewa tersebut sebagai obat herbal.

Check Also

SI HITAM SAHABAT PEROKOK

SI HITAM SAHABAT PEROKOK

Cokelat ,siapa saja pasti suka coklat yaaa, mulai anak kecil sampai orang dewasa. Cokelat mempunyai beberapa ...

...