Home / Apotik Hidup / Manfaat Buah Berambut.

Manfaat Buah Berambut.

Manfaat Buah Rambutan

Buah rambutan merupakan buah jenis musiman yang hanya dipanen saat bulan tertentu. Buah yang memiliki nama latin Nephelium Lappaceum L ini mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Beragam manfaat buah rambutan dapat ditemukan bukan pada buahnya saja namun juga kayu, biji, dan juga kulit buahnya, sehingga semua morfologi tanaman rambutan ini berperan bagi kesehatan tubuh Anda.

Ada beberapa manfaat dari buah rambutan yang dapat berfungsi untuk mengobati penyakit dalam tubuh Anda, diantaranya sebagai berikut:

  • Mengobati sariawan. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi mampu mengobati sariawan yang bertengger di ringga mulut Anda. cara mengobatinya sangat mudah, caranya ambil beberapa kayu rambutan lalu cuci hingga bersih lalu rebus dan tambahkan dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja. Lalu kumurkan ramuan tersebut sebelum tidur.
  • Mengobati kencing manis. Anda tidak perlu bingung bagaimana cara mengobati penyakit kencing manis, cukup dengan menyediakan lima biji rambutan lalu goring tanpa minyak , setelah itu haluskan hingga menjadi serbuk. kemudian sduh pada secangkir air panas aduk hingga rata, lalu minum.
  • Mengobati disentri. Jika Anda tengah mengalami penyakit disentri, penyembuhan alternatif yang dapat Anda gunakan adalah menyiapkan 10 kulit rambutan, lalu cuci bersih dan potong-potong rebus dengan tiga gelas air hingga airnya tersisa separuhnya. Saring dan minum sehari dua kali.
  • Menurunkan demam. Jika Anak Anda tengah sakit panas, obat alternatif yang dapat Anda gunakan adalah kulit rambutan yang kering. Caranya adalah cuci kulit rambutan (15 gram) lalku rebus dengan diberi tambahan 3 gelas air, lalu minum sehari tiga kali.

 

Selain digunakan sebagai pengobatan penyakit, buah rambutan juga dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan kulit. Adapun manfaat buah rambutan bagi kecantikan kulit Anda sebagai berikut:

  • Mencegah kulit kusam. Cara menjaga kulit agar tidak terlihat kusam dan kasar adalah dengan menghaluskan biji rambutan,lalu dapat dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam makanan yang telah disajikan atau bisa saja Anda memasukkannya. Bukan hanya berfungsi sebagai mempercantik kulit, melainkan juga berfungsi sebagai nutrisi rambut.
  • Menghitamkan rambut yang tengah beruban. Ketika rambut Anda tengah beruban dan Anda tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Cukup dengan daun rambutan Anda telah menemukan solusinya. Caranya ambil beberapa helai daun rambutan lalu tumbuk sampai halus. Beri tambahan air secukupnya, lalu haluskan setelah itu peras dan saring dengan menggunakan kain kecil. Lakukan perawatan ini setiap hari maka rambut Anda akan terlihat cantik mempesona tanpa uban di kepala.

Sebenarnya banyak sekali manfaat buah rambutan jika diteliti lebih dalam kandungan isinya, seperti manfaat buah pepaya, buah rambutan mempunyai banyak sekali nutrisi yang penting bagi tubuh. Misalnya buah rambutan mempunyai kadar nutisi penting seperti karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium, dan vitamin C, sedangkan kulit buahnya mengandung tannin, saponin, bijinya juga mengandung nutrisi yang berbeda seperti lemak dan polifenol.

Bukan itu saja, dibalik banyaknya manfaat dari buah rambutan ini ternyata banyak menyimpan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain buah, kulit, dan biji, kandungan nutrisinya juga terdapat pada kulit batangnya yang banyak mengandung tanin, saponin, flavonoida, pectic substance, serta zat besi. Itulah tadi manfaat buah rambutan yang segala morfologi tanamannya sangat berguna bagi kesehatan dan kecantikan Anda.

Check Also

Buah Sirsak, Asam Namun 6 Manfaat Kesehatan Beserta Resepnya Ini Manis Bagi Tubuh Anda

Umumnya, buah sirsak digunakan sebagai jus atau sirup. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, ...

...