Home / Artikel Kesehatan / Mengatasi Epilepsi Dengan Herbal Alami

Mengatasi Epilepsi Dengan Herbal Alami

Penyakit epilepsi bisa dikendalikan dengan menggunakan obat-obatan, perubahan gaya hidup, maupun menggunakan bahan-bahan herbal. Nah, berikut adalah beberapa pilihan pengobatan alami epilepsi yang bisa anda siapkan di rumah. Meski demikian, obat-obatan herbal di bawah ini bukanlah pengganti obat yang diberikan oleh dokter:

Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa sangat efektif untuk mengatasi epilepsi. Asam lemak yang terkandung di dalamnya memiliki efek terapis yang bermanfaat untuk sel-sel otak. Pasalnya, minyak kelapa menjadi sumber energi bagi sel-sel otak, sehingga penyembuhan gejala epilepsi menjadi lebih mudah dan cepat. Cara menggunakannya adalah:

Berikan 1 sendok teh minyak kelapa murni sebanyak 3x sehari kepada penderita. Anda bisa menaikkan dosisnya secara perlahan, hingga beberapa sendok makan per hari.
Atau, gunakan minyak kelapa murni untuk memasak atau untuk salad.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan bahan yang sangat populer digunakan untuk berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Siapa sangka jika buah sitrus ini juga merupakan obat herbal epilepsi? Jeruk nipis membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak, sekaligus menormalisasi kalsium berlebih yang dapat mengganggu fungsi otak. Ada dua cara menggunakannya, yakni:

Campurkan dua sendok makan air jeruk nipis segar dengan ½ sendok teh baking soda di dalam segelas air. Minum setiap hari sebelum tidur
Anda juga bisa mengoleskan air jeruk nipis segar ke kepala dan pijat perlahan dan merata selama beberapa menit. Lakukan hal ini setiap hari sebelum mandi.

Bawang Putih

Bawang putih juga sangat bermanfaat untuk mengatasi epilepsi. Pasalnya, bawang putih kaya akan khasiat anti-oksidan, anti-kejang, dan anti-inflamasi yang membantu menghancurkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Bawang putih juga diketahui dapat meningkatkan fungsi sistem saraf, dan pada akhirnya mencegah serangan maupun gejala epilepsi. Cara menggunakannya adalah:

Campurkan ½ mangkok air dan susu. Panaskan hingga mendidih. Tambahkan 4-5 siung bawang putih yang sudah dihancurkan dan rebus hingga cairan tersebut tinggal separuhnya. Saring dan minum sekali sehari.
Atau, konsumsi suplemen bawang putih setiap hari. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui dosis yang sesuai untuk anda.

Itulah beberapa pilihan cara mengatasi epilepsi dengan bahan alami. Semoga bermanfaat!

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...